5 THINGS TO DO IN SOLO, INDONESIA!

October 8, 2018 #CIAAJAKJALANJALANDONG
Aku selalu semangat banget banget kalo jalan jalan ke daerah Jawa, makanannya selalu enak dan selalu banyak yg bisa didatengin, setuju ga? walaupun ga serame Jogja, tp Solo juga super manarik loh buat didatengin, dan yg paling penting ga semacet di Jogja, hihi.
Menurut aku kalo kamu pengen "weekend gateaway" Solo adalah salah satu tempat yg cocok banget, bahkan cm nginep semalem aja udah bs liat macem macem. Tips dr aku, berangkat pake pesawat yg paling pagi, terus titip barang aja dulu di hotel, terus keliling keliling sampe capeeee. udah deh besoknya bisa bangun siang!
Nah aku sekarang mau cerita nih, apa aja sih yg aku suka selama di Solo dan wajib kamu datengin.
1. KULINER!
karna aku udah cerita soal kuliner di Solo di blog sebelum ini, jd baca langsung aja ya, Judulnya : kuliner kesukaan Pak Jokowi, beneran enak atau engga?
Kalo bisa semua harus kamu cobain, mulai dari Srabi, sampe timlo semua harus dicoba. dijamin ga nyesel!
2. KERATON SURAKARTA HADININGRAT
mungkin kamu berfikir, aduh males banget ke museum keraton ada apaan? Yaampun jangan sampe deh ga kesini, minimal sekali harus dateng dong. Buat yg doyan foto, banyak spot foto juga kok. Kalo pengen ngerti saran aku kamu pake guide aja, ga seberapa kok bayarnya, yg penting ilmunya.
Atau mungkin kamu mau pake cara aku, jd kamu tunggu sampe ada grup yg masuk dan sewa guide, nah ngikut aja di rombongan itu! kan jadi dapet informasi. Apalagi kalo buat aku sih ini museum serem ya hawa hawanya agak gimana gt. Tapi tuh liat foto yg paling atas, bahkan seragam penjaga kerajaan aja, menarik banget kan?
Satu lagi yg bikin menarik dari Keraton ini buat aku adalah warna Birunya. jadi keliatan bedanya sama Jogja yg cenderung ke arah warna ijo.
Banyak kan yg bisa difoto? arsitektur nya aja menarik, bangunan Jawa tapi ada kaya gininya yg kaya gedung di Belanda.
Bagian dalem Museum yg berani aku foto, hehehe. sisanya agak takut apalagi kalo yg ada patung patungnyaaaaa.
Tentunya jajan pentiing banget! jangan lupa cobain leker ya! murah meriah tipis kering isiannya bs macem macem. Nah kalo belum pernah coba, ini kaya martabak mini tapi super tipis dan cruchy.
2. BENTENG VASTENBURG
Nah, buat yg ini menurut aku sayang banget buat ga dimampirin, dan sayang banget juga sih krna ya bangunan nya cm ini aja. Sebelumnya kalo kamu googling, tdinya berantakan bgt dan serem, cuma kayanya udah di cat jd lebih rapih. Jadi ya buat foto aja paling ya kalo kesini. Pas aku dateng juga ada yg lagi foto pre-wed.
itu tulisannya mungkin artinya dibangun taun 1800-an kali ya? aku ga bs bahasa Belanda, tp aku bisa jawab pertanyaan kamu tas yg aku pake dari mana? hehe, langsung cek aja ya instgramnya di @scipaprock yaa, tas anti copet ditaronya di depan LOL!
3. ISTANA MANGKUNAGARAN
Nah ini dia yg super seruuuu! karna ga semua bagian dr Istana ini boleh difoto. Jujur aku masih bingung kok ada keraton, tp ada istana ini? menurut penjelasan yg aku dapet, ini itu istana untuk adipati, hmm kaya panglima perang gt kali yah? guide disini super duper nice dan pinter bahasa Inggris semua (ya karna banyak tamu dr luar). Sampai sekarang juga Istana ini masih dipake keluarga istana untuk tinggal loh, makanya ga semua bs diliat, apalagi kamar karna emg masih dipake pribadi.
disini kita ga boleh pake sepatu, alias harus nyeker, dan dibagian dalam ga boleh foto foto. Kenapa ga boleh? ya karna koleksinya meeen parah banget benda benda kaya perhiasan,uang, hadiah dr negara lain dr jaman yaampun gatau lagi deh jadul banget, kamu akan kagum bgt kalo liat langsung dan akan berfikir, "gilaa orang jaman dulu keren keren banget yaa" eh apa aku doang? ya makanya kamu dateng sendiri yaa.
ini Area depan menuju ke tempat tentara, loh kok tentara? lah ya kan panglima perang, harus ada tentaranya dooong.
ini adalah beberapa bagian yg boleh di foto niih, ini masih dipake buat kumpul keluarga, dan pas aku kesana sebenernya lagi persiapan malam 1 Suro jd seluruh keluarga istana lagi kumpul semua, salah satunya pangeran Paundra Karna (ya beliau adalah salah satu aktor di Indonesia coba googling ya, dan merupakan anak dari Mangkunegara IX dan Sukmawati SoekarnoPutri) dan baik banget sempet nyapa untuk say hi dan terimakasih karna mau dateng dan nulis blog soal istana ini. super baiik dan ga sombong. Katanya kalo lagi ga ada acara banyak tamu yg juga suka diajak makan di bagian belakang istana ini, duh kagum!
cocok ga aku sama adek aku jadi putri istana? putri yg tertukar sama sapu kali ya kalo kita hihi.
walaupun solo panas, tapi tamannya teduh bangetttt.
oiya kamu juga bakal diajak liat garasi kereta kencana kalo kesini, bagus bagus banget, dan masih banyak yg lagi dalam tahap perbaikkan, sekarang sih katanya udah jarang banget dipake. oiya pas aku kesini kan lg persiapan malem 1 sura duuh lagi pada nyiapin kembang, jd serem hahaha. dasar aku super penakut!
4. NGINEP DI ALILA SOLO
Aku cuma kasih teaser satu foto aja ya, soalnya bakal bikin honest review di Blog selanjutnya! Alila di Solo ga semahal yg di Bali yaaa jd ya super terjangkau. kebetulan juga kalo kamu mau liat Solo dari atas, bisa banget soalnya gedungnya kayanya untuk saat ini (taun 2018) paling tinggi, jd mau dinner romantis pas di Solo? di Alila aja!
5. DE TJOLOMADOE
Kalo td aku bahas soal istana Mangkunegaran, sebenernya pabrik gula ini dulunya salah satu bisnis keluarga istana pada masa Mangkunegaran IV, bahkan pernah jd yg terbesar pada masa Mangkunegaran VII di taun 1928. tp sayangnya sempet dibiarin terbengkali sampe dipake salah satu acara TV yang serem serem, hayo inget ga?
Nah sekarang dibagusin dan mesinnya masih bisa kita liat karna di cat ulang. kemaren ada yg bilang bayar, tp entahlah aku beruntung banget masuk ga bayar hahaha cuma dibilang sama satpamnya keluar lewat belakang dan di setiap bagian ada wc dan restaurant.
tuh di dalemnya ada cafe kaya gini, banyak sih restaurant yg lain, tp aku pilih yg ini dan ga nyesel! tempatnya luas dan untuk ukuran cafe ya makanannya enak dan SUPER MURAH! beda banget sama di jakartaaa.
yaa seperti biasa yg penting punya foto disini hahahhaa.
ini yg masih jadi misteri, kenapa akarnya tumbuh terus padahal pohonnya udah ga ada hmmmm.
menarik ya bangunannya?
Saking bersihnya ini berasa kaya lagi di Singapur yaaa??
Nah itu dia tadi 5 kegiatan fav aku di Solo, kalo kamu sukanya ngapain di Solo?
tapi dimanapun tempatnya, minumnya... eh fotonya, ya harus! buat kenang kenangan ya gaaaa?
selamat Jalan jalan doong!
semoga kita bisa jalan bareng!
Xx,
Cia Wardhana
Previous Article
BERAPA SIH BUDGET KE JEJU, KOREA SELATAN? ITINERARY-NYA APA AJA?
BERAPA SIH BUDGET KE JEJU, KOREA SELATAN? ITINERARY-NYA APA AJA?

Males bikin Visa, tapi pengen ke Korea? Jeju Island jawabannya! Kalo kamu udah baca blog aku sebelum ini, p...

Next Article
KULINER SOLO KESUKAAN PAK JOKOWI, BENERAN ENAK GA? REVIEW SUPER JUJUR!!
KULINER SOLO KESUKAAN PAK JOKOWI, BENERAN ENAK GA? REVIEW SUPER JUJUR!!

Jujur, aku tuh suka banget jalan jalan ke daerah Jawa, soalnya makanannya enak enak banget. setuju ga sih? ...