KULINER SOLO KESUKAAN PAK JOKOWI, BENERAN ENAK GA? REVIEW SUPER JUJUR!!

September 19, 2018 #CIAAJAKJALANJALANDONG
Jujur, aku tuh suka banget jalan jalan ke daerah Jawa, soalnya makanannya enak enak banget. setuju ga sih? setiap ke daerah daerah di Jawa pasti harus udah siap balik ke Jakarta dengan "timbangan" dua kali lipet hahahha. Nah inilah yg terjadi pas aku ke Solo, apalagi yg dicari kalo bukan kulinernya.
Seperti biasa sebelum aku ke Solo, aku udah browsing dulu apa aja yg pengen aku cobain, dan ternyata karna Solo tempat asal pak Jokowi, jd aja aku tertarik banget nyobain kesukaan pak Jokowi, walaupun ga semunya sih, yuk kita mulai aja reviewnya!
1. WEDANGAN PENDHOPO
wedangan atau angkringan ini bukanya malem sampe jam 12an gt, tp kalo emang pengen nyobain saran aku ya, datengnya dr belum buka, kemaren aku dateng jam 9 malem udah abis semua tinggal dikiit banget jadi ga bisa milih. dan pastiin kamu udah tau mau pesen apa, googling dulu ya soalnya ga ada menunya gt, apalagi kalo ga bs bahasa jawa.
jadi kita tuh kaya rebutan gt ngambil makanan (kecuali nasi dan minum) terus antri super panjang sambil diitung dan ditanya mau nasi apa dan minum apa, tp ga ada menunya hahahaha. aku sih pesennya nasi bandeng, karna udah browsing dulu, sisanya ngambil gorengan gatau apa yg ada aja sisanya, tapi sambelnya harus bangettt!
review jujur nih yaa untuk makanan buat aku sbenernya rasanya tu ya sama aja kaya wedangan atau angkringan lain, bedanya emg nasinya agak banyak ga kaya nasi kucing. tapi tempatnya lebih enak lah dengan suasana Jawa. terus mas sama mbaknyaa baik baik banget, cuma kalo pesen minum keluarnya lama, dan sistem nya masih berantakan, mungkin nanti kalo udah lebih rame lagi sistem pesen dan bayarnya akan lebih baik.
perhatian! karna sistem pesennya rebutan ati ati sama ibu ibu yg suka seenaknya nyerobot karnasering terjadi, sapa dengan senyuman lalu bilang, bu antri ya, semua juga laper. haha!
suasananya kurang lebih kaya gini niih.
antara tradisional, etnik, unik, dan klenik (dasar ya aku penakuut)
di google ada kok alamatnya, tapi emg tempatnya nyelip nyelip masuk ke dalam gang, cari aja pintu kaya gini, masuk deh!
2. TIMLO SASTRO
Makanan Pak kesukaan pak Jokowi yg kedua adalah ini nih, Timlo Sastro, jujur sebelumnya aku belum pernah nyobain timlo kaya gini, pernahnya yg makanan palembang yg kaya pempek ituu.
Jujur lagi nih ya, buat rasa ini tuh kaya sosis solo yg digepengin (karna isinya ayam) terus dipotong potong, dikasih telor pindang, dikasih ati ampela, terus dikasih kuah kaldu atau kuah bakso. kebayang kan rasanya. enak! hahaha. buat yg suka makan odeng atau eomuk di korea, yah kurang lebih ini rasanya kaya gt lah. Jadi kalo dibilang enaaak bgt juga engga, tapi dibilang ga enak juga engga, ini emg kalo buat aku pas banget buat dimakan pagi pagi karna porsinya yg cukup, ga banyak dan ga dikit.
melihat lebih dekat timlo sastro, hahah apaan sik. tuh bener kan teksturnya kaya odeng tp ini lebih lebut ya ga sekenyal odeng, lebih rasa telor aja kaya bagian kulit sosis solo.
buat harga? duuh gausah ditanya lagi ya kalo di Solo, murah meriah, enak, kenyang!
3. SOTO SEGER MBOK GIYEM
Konon katanya walaupun langganan Pak Jokowi adalah soto Gading, hasil hasil browsing aku Pak Jokowi juga pernah kesini, namanya soto Seger!! kalo ini sebenernya asalnya dari Boyolali, tapi gila siih ini enaaakkk bgtttttttt!!
mungkin review ini agak kurang bener ya, karna akutuh suka banget sama soto, semua jenis soto aku suka banget, nah ini itu sotonya emg seger ajaaa, kaya namanya, kuahnya bening, dicampur sedikit ayam atau daging (bisa pilih), terus dimeja ada banyak lauk tusukkan yg bs kamu pilih untuk menu pendamping. mulai dr tahu baso, ati ampela, telur putuh, paru, sampe usus ada, tapi favorit aki tetep sate usuuuuusss.
Rasa tusukkannya cenderung manis ya, tapi jangan kamu pikir manis kaya gudeg jogja yg manis banget gt, engga kok, ini manisnya pas, nyesuaiin rasa kuah yg lebih cenderung ke asin, soalnya akupun ga suka kalo makanan rasanya terlalu manis.
ini harga makan berdua udah gt nambah mulu tusukkannya, enak, terjangkau. puas!!
4. SRABI NOTOSUMAN
Kalo yang ini, aku gatau sih Pak Jokowi suka atau engga, tapi kalo kata lagu "siapa tak kenal diaaa, serabi notosumaaan" lagu siapa hayo? legu kesukaan bokap nyokap sih. tp emg bener siapa yg gatau kalo ke Solo harus nyobain srabi ini.
Tapii sayangnya aku ga beli cuma foto doang abis ngantrinya lama bangeeet sejam. tapi dari wanginya aja sih udah berasa enaknya. utnungnya aku pernah dibawain oleh oleh srabi ini, gaenaknya udah digulung dan ga anget.pengennya kan anget gt yaa.
Kata driver gocar yg nganterin aku, ada 2 toko srabi notosuman, tenang, dua duanya sama kok resepnya, yg ngebedain cuma cara masaknya, toko yg ijo pake gas (mungkin karna biar cepet, kan yg pesen banyak) lalu yg kedua toko warna orange, yang bikinnya pake arang. terserah kamu pilih yang mana. ini yang aku foto yg toko warna orange ya.
proses pembuatannya, walaupun aku ga beli, kita tetep bs liat kok, soalnya dapurnya ada di pinggir jalan, bahkan kalo kamu mau buat satu juga bisa. duhh kan pengen nyolong satu lol.
nih harganya yaaa, murah kan? pengen sih beli 1 aja terus makan anget anget, tapi ga kuat antrinya, mau pesen pake gojek juga kasian abang gojeknya :(
Sebenernya masih banyak ya kuliner Solo kesukaan Pak Jokowi, tpi karna waktunya terbatas, aku cuma coba segini aja, tapi kesimpulannya adalah, makanan di Solo, kalo ga rasanya enak, ya enaaak bangeeet hahhaa. jangan lupa selalu browsing dan baca review ya biar ga nyesel.
Selamat Jalan Jalan!
xx,
Cia Wardhana
Previous Article
5 THINGS TO DO IN SOLO, INDONESIA!
5 THINGS TO DO IN SOLO, INDONESIA!

Aku selalu semangat banget banget kalo jalan jalan ke daerah Jawa, makanannya selalu enak dan selalu banyak...

Next Article
HUNTING FOTO DI MAKASSAR? KE RAMMANG RAMMANG DAN FORT ROTTERDAM AJA!
HUNTING FOTO DI MAKASSAR? KE RAMMANG RAMMANG DAN FORT ROTTERDAM AJA!

Kalo lg pergi jalan jalan, pasti cari tempat kece kan buat foto? terutama kamu yg emang berprofesi atau hob...