STEAL MY HANOI VIETNAM ITINERARY

January 17, 2018 #CIAAJAKJALANJALANDONG
yeay akhirnya part 3 dari itinerary ke Vietnam aku, jadi aku udah cerita di part 1, kalo aku siapin sekitar 6-7hari buat ke Vietnam dan Day 1 dan 2 aku abisin di Ho Chi Minh city. cek postingan aku sebelumnya ya. Aku juga udah bikin Itinerary Sa Pa di part 2 karna banyak yg penasaran sama Sa Pa.
aku balik ke Jakarta dr Hanoi juga, dan aku ga nyangka kalo ke Hanoi bulan Januari dingiin bgt sekitar 13derajat celcius, bahkan di Instagram banyak yg nanyain dan kaget karna sedingin itu, mungkin karna udah deket sama Hongkong dan China kali ya. jadi karna dingin jalan jalan juga enak terus bs pake baju tebel kaya di Eropa. di Pasar pasar juga jualan jaket ala uniqlo yg murah.
unexpectedly Hanoi bener bener menyenangkan dan aku pastiin akan balik lagi ke Hanoi! oke kalo gt ini dia itinerary di Hanoi. karna Day 1 dan 2 udah di part Ho Chi Minh, di Hanoi langsung aku masukkin day 3 ya, yuk mulai!
pintu masuk di Hoan Kiem Lake, salah satu tempat yg wajib didatengin turis di Hanoi.
Day 3
Ho Chi Minh to Hanoi by Vietnam Air
aku berangkat jam 11 dr Ho Chi Minh dan nyampe sekitar jam 2an di Hanoi, kalo di Ho Chi Minh bandaranya di tengah kota, di Hanoi lumayan jauh, tp tenang selalu naik uber aja biar lebih murah dan aman.
Karna ntr malem berangkat ke Sa Pa, hari ini aku langsung ke Air Bnb yg udah kita pesen, di Chung Cu Mipec Riverside, pemandangannya langsung ke sungai dan luaas banget apartementnya, aku ga mau terlalu deket tempat turis, jd aku pilih disini toh semuanya bs pake uber dan ga macet juga jd disini lebih tenang. di Air bnb cari aja yg ada comment dr aku kalo emg pengen disini juga. aku nginep 5hari 4malem sekitar 2,5jt tentunya dibagi 2 sama temen aku Anya. lengkap lg di bawahnya ada restoran dan supermarket buat beli oleh oleh. Malemnya sekitar jam 8 kita berangkat ke Ga Ha Noi atau Long Bien Railway station buat ke Sa Pa
ini airbnb nya, nyaman kan? kamarnya 2 luas bgt, dapurnya luas, free wifi, netflix!
Day 4
hari ini sampe di Sa Pa jam 6 pagi dan explore Sa Pa. detailnya cek blog aku sebelumnya "steal my Sa Pa Vietnam itinerary".
Day 5
naik sleeper train dari Sa Pa ke Hanoi, niatnya hari ini mau keliling keliling hanoi, biar besok bisa ke Ninh Binh, tp ternyata pas nyampe kasur mager bangeeeeett tidaaaak, rencana ke Ninh Binh besok gagal deh akhirnya hari ini diam di Apartement aja terus baru keluar malemnya.
Katanya ga ke Vietnam kalo ga nyobain beer Vietnam yg harganya cuma 5000VND, jd kita mutusin ke daerah Ta Hien Street, dimana disini terkenal banget sama jalanan yg jualan beer sambil makan bbq atau hot pot ala Vietnam. namanya tempat turis yg jualan disini agak nyebelin sih suka maksa gt sampe ke depan muka. jadi pilih aja tempat yg menurut kamu meyakinkan, harganya hampir sama rata semua kok.
aku beli paket bbq untuk 2 orang cuma 200rb VND yah sekitar 130rban rupiah, enaak banget dippingnya yaampuun pengen lagi, daging sama sayurnya banyak, makannya di pinggir jalan sambil dingin dingin dan liatin turis turis hihi, mayan cuci mata. di sepanjang jalan sekitar situ juga banyak tempat belanja ati ati belanja lagiiii.
uuuhlalaaaaa BBQ ala Vietnam di Ta Hien Street
aduuh happy happy happy
kan ada turis foto bomb hahahahahahha
Day 6
Keliling Kota Hanoi
Harusnya kalo kelilingnya kemaren hari ini bisa ke Ninh Binh, kalo ada waktu plis kamu kesana ya, soalnya tempatnya ga sejauh dan ga serame Halong Bay, disebut mini Ha Long Bay dan tempat syuting film Kong.
kita langsung aja ke Tujuan pertama di Hanoi : Mausoleum Ho Chi Minh
aku ga ngerti sih kenapa mausoleum Ho Chi Minh padahal adanya di Hanoi, dan jujur pas aku kesini aku ga ngerti ini tempat apaan, kok masuknya kaya masuk bandara, ga boleh bawa kamera segala, ternyata oh ternyata ini makam presiden pertama Vietnam Utara Ho Chi Minh, wew pantes merinding ya, udah gt beliau ga dikuburin tp diawetin kaya mumi, pas masuk ke dalem dingggiiiiiiinn bgt, terus dijagain sama tentara tentara. aku ga berani liat lama lama dan kita juga cm dikasih waktu sekitar 5 menitan. ini gratis ya, kalo mau masuk kesini harus dateng pagi karna sekitar jam 11 siang udah ditutup. Jangan macem macem ya tentaranya super galak.
ini dia Makamnya, dan disini bersiiih banget!
masih di Lokasi yg sama, kita bs liat tempat tinggal presiden juga, liat koleksi mobilnya, rumah istirahatnya, bagus deh pastiin kamu mampir ya, tp kali ini bayar, ga mahal kok cuma sekitar 40rb VND.
kaya bukan di Vietnam ya?
Tujuan kedua : Hoa lo Prison atau Maison Centrale
sama kaya yg pertama, aku kesini karna aku pikir ini bagus di trip advisor, emg bagus loh, apalagi yg suka sejarah, jadi sekalian belajar, cumaaaa meeen hawanya meeen serem meeen merinding men, ya kita kaya masuk ke dalem penjara dan napi napinya dibikin kaya patung gt, jd berasa nyata, dan belum lagi dikasih backsound kaya film horror. nanti tunggu videonya aku upload di youtube ya.
depannya sih bagus ya buat foto foto
salah satu sudut di Hoa Lo Prison
ini bagian dalem yg redup redup dan belum serem yaa, katanya disini semcam Alcatraz nya Vietnam jd banyak penyiksaan dulunya, gmn berani kesini?
Tujuan ketiga : Hoan Kiem Lake
sebenernya kemaren malem pas abis dari Ta Hien street kita sempet kesini, tp pengen liat aja kalo siang kaya apa. ya biasa aja sih aku ga terlalu rekomendasiin karna rame sama turis, terus kemaren lg ada pembangunan, jd agak berantakan, semoga pas kamu kesana udah beres ya pembangunannya. aku juga ga masuk ke dalem jd cuma foto foto di bagian luarnya.
di pintu Masuk Hoan Kiem Lake
Tujuan keempat : jalan jalan (pake kaki) di sekitar Hoan Kiem Lake
disini banyak toko toko yg jualan macem macem, tp aku lebih tertarik liat gedung gedung lama yg ada di sekitar sini sekalian nunggu uber ke tempat berikutnya. saran dari aku kalo mau pesen uber dr tempat yg jelas ya, kaya Cafe atau depan hotel, kan kita susah berkomunikasi jg jd biar saling memudahkan, jalan kaku dikit kan gpp sambil liat liat.
candid by Anya
Candid by aku :p
Tujuan kelima : Lotte Center Hanoi
kayanya ga lengkap ya liburan kalo belum liat liat pemandangan dr atas kota Hanoi, mumpung murah kan kalo dibandingin ke Umeda Building di Osaka atau Sky Tree Tower di Tokyo disini murah banget lah. tp perjalanan agak jauh dr daerah turis ya, sekitar 1jam naik uber. biaya naik ke atas nya sekitar 230rb VND/orang dan diskon 50% kalo kamu masuk jam 8pagi-10.30siang dan 10-12malem. kalo mau kesini counternya masuk dr B1floor ya. enaknya disini ada kursi pijet nya, jd bs mandangin kota Hanoi sambil pijet hahaha enak banget daaah!
pemandangan kalo siang
pemandangan kalo malem (kita betah banget disini sampe malem soalnya sepi)
tujuan ke enam : top of Hanoi Sky Bar
karna ini tujuan terakhir ga ada salahnya dong nikmatin makan malem yg seru banget dr bar tertinggi di Hanoi? gausah takut kedinginan karna mereka sediain selimut juga, jd kalo mau ngobrol berlama lama amaaan. dan kalo dibandingin sama sky bar di jakarta ya udah pasti lebih murah.
our last nite in Hanoi! kemana lagi ya kita abis dari Vietnam?
Day 7 Packing - Noi Bai International Airport
waktunya balik ke Jakarta, sedih banget pengennya lebih lama disini, semoga ada kesempatan buat balik lagi ya. Oiya di terminal 2 bandara Noi Bai ga ada apa apa airportnya sepi dan makanannya kurang enak. Di bandara ini juga bayarnya udah pake US Dolar ya, jd mendingan abisin uang cash VND kamu sebelum ke Airport.
makasi ya udah baca blog Vietnam aku dari part 1,2 dan 3 semoga bisa bantu kamu yg pengen pergi ke Vietnam :D
xx, Cia Wardhana
Previous Article
5 SPOT FOTO DI BANDUNG YANG BIKIN BETAH DAN INSTAGRAMABLE
5 SPOT FOTO DI BANDUNG YANG BIKIN BETAH DAN INSTAGRAMABLE

ini dia nih yg selalu dicari cari milenials (eh ga cuma milenials sih kalo jaman sekarang ya ibu ibu apalag...

Next Article
STEAL MY SA PA VIETNAM ITINERARY
STEAL MY SA PA VIETNAM ITINERARY

Hai! selamat datang di part ke 2 Vietnam blog aku. harusnya aku nulis tentang Hanoi dulu. tapi karena beber...