5 Tempat Wisata di Bandung yang WAJIB Dikunjungi

July 6, 2015 Rizka Hidayat

1. Kawah Putih Ciwidey

Photo credit: www.jayanjayan.com

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional sehingga membuat tempat ini menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi ketika kamu dan keluarga memutuskan untuk berlibur ke Bandung. Kawah Putih Ciwidey ini merupakan sebuah danau yang terbentuk secara alami dari letusan Gunung Patuha. Disebut kawah putih karena warnanya yang putih bercampur biru muda tersebut terbentuk karena terjadi percampuran antara belerang dan tanah.

Karena memiliki keindahan alami yang patut dinikmati oleh semua orang, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali dijadikan tempat ajang berfoto. Mau itu foto untuk pre-wedding atau hanya sekedar foto untuk diupload di instagram, Kawah Putih Ciwidey akan memberikan salah satu hasil foto terbaik yang pernah kamu dapatkan di Bandung. Harga masuk Kawah Putih Ciwidey per orangnya berkisar sekitar Rp 18.000.


2. De'Ranch Lembang

Photo credit: content.rajakamar.com

180 derajat berbeda dengan Kawah Putih Ciwedey, De'Ranch Lembang memiliki konsep wisata kuda ala cowboy yang dapat dinikmati oleh orang-orang dengan berbagai jenjang usia. Layaknya seperti kehidupan sehari-hari seorang cowboy, para pengunjung akan berkeliling lokasi De'Ranch dengan menunggangi kuda yang tentunya akan dipandu oleh pemandu kuda yang berpengalaman.

Dengan atmosfir yang sangat menyejukkan, kamu dan keluarga dapat menikmati berbagai kegiatan seperti memeras susu sapi, bermain flying fox, fun boat, panahan (archery), dan masih banyak lagi. De'Ranch sendiri menjadi salah satu tempat favorit untuk para keluarga demi memperkenalkan alam yang belum terkontaminasi segala bentuk polusi kepada anak-anaknya.


3. Saung Angklung Mang Udjo

Photo credit: thescribblesblog.wordpress.com

Karena terdapatnya ribuan budaya di Indonesia, terkadang membuat masyarakat pun tidak hafal atau tidak mengetahui sebagian besar dari budaya-budaya yang kaya tersebut. Maka dari itu, kamu dapat menyaksikan pertunjukan tari-tarian dan musikal yang secara singkat memperlihatkan budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke di Saung Angklung Mang Udjo.

Saung Angklung Mang Udjo menjadi tujuan utama bagi para turis karena terdapat pertunjukan yang sepektakuler yang dapat memperkenalkan mereka terhadap budaya-budaya Indonesia. Namun, tempat wisata tersebut juga dapat dinikmati oleh orang Indonesia demi memperkaya pengetahuan mereka mengenai budaya-budaya Indonesia yang mungkin tidak mereka ketehaui sebelumnya. Setelah pertunjukan selesai, para pengunjung pun dapat berbelanja aneka souvenir khas Indonesia seperti angklung, tas batik, dan masih banyak lagi.

 

4. Gunung Tangkuban Perahu

Photo credit: www.disparbud.jabarprov.go.id

Gunung Tangkuban Perahu berjarak sekitar 20km ke arah utara Kota Bandung. Dengan berjejernya banyak pohon pinus dan hamparan kebuh teh di sekitarnya, Gunung Tangkubang Perahu mempunyai ketinggian sekitar 2.084 meter.

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui terdapatnya sebuah legenda yang terkait dengan Gunung Tangkuban Perahu ini. Legenda tersebut pun terdengar seperti ini. Jadi, dikisahkan seorang anak bernama Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk mencegah terjadinya pernikahan antara ia dan anaknya, Dayang sumbi pun mengajukan syarat agar Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Karena murka akan kegagalannya, Sangkuriang pun akhirnya menendang perahu yang tidak berhasil ia selesaikan dalam semalam sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu itulah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.


5. Danau Situ Patenggang

Photo credit: content.rajakamar.com

Selain Kawah Putih, terdapat juga tempat wisata lainnya di Ciwidey yaitu Danau Situ Patenggang. Danau tersebut memiliki keindahan pemandangan yang sangat eksotis dengan dikelilinginya oleh hamparan kebun teh. Danau tersebut terbentang seluas 45.000 hektar dengan luas cagar alamnya yang mencapai sekitar 123.000 hektar.

Jaraknya yang tidak begitu jauh, yaitu sekitar 7km dari Kawah Putih Ciwidey, menjadikan Sanau Situ Patenggang ini menjadi tujuan kedua setelah menjajaki Kawah Putih Ciwidey. Bukan tempat wisata di Indonesia namanya jika tidak memiliki sebuah cerita dibaliknya. Terdapat sebuah kisah di Danau Situ Patenggang yang mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang tumbuh besar bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya dan karena cintanya yang begitu dalam, mereka saling mencari dan pada akhirnya bertemu di sebuah tempat yang hingga sekarang dinamakan "Batu Cinta".

 

Jika kamu memutuskan untuk berlibur di Bandung pada akhir pekan ini dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang telah disebutkan di atas, kamu dapat lengkapi liburanmu dengan menginap di beberapa hotel di Bandung dengan beberapa penawaran harga yang sangat terjangkau.

Previous Article
5 Diving Spot Favorit di Bali
5 Diving Spot Favorit di Bali

Beberapa tempat menyelam yang bisa kamu jelajahi di Bali.

Next Article
Festival-festival Seru di Bali yang Wajib Kamu Hadiri
Festival-festival Seru di Bali yang Wajib Kamu Hadiri

Di Bali, kamu tidak hanya bisa berbelanja atau melakukan watersport.

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Phone
Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!