Bosan di Jakarta? Jelajah Cirebon Saja!

April 15, 2014 pegipegi

kasepuhan-cirebon-e1349861101635

Liburan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi siapa pun. Pastinya begitu juga buat travelers nih. Apalagi kalau ternyata liburan kalian pas banget sama long weekend. Wah lebih seru lagi tuh.

Tapi enaknya ke mana ya? Di Jakarta saja, bosan. Ke Bandung, ah pasti macet. Nah daripada bingung-bingung, coba deh travelers menyambangi Cirebon. Yup, kota satu ini enggak kalah asyik lho dibandingkan dengan Bandung dan Bogor yang biasa menjadi “jajahan” saat long weekend.

Berkelana ke kota ini pun sangat mudah sekali. Travelers bisa naik bis atau kereta dari stasiun Senen dan Gambir. Enaknya nih, naik kereta sekarang gampang. Kalian bisa mengambil kereta jurusan Cirebon Exspress, harganya pun terbilang masih terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 85 ribu hingga Rp 160 ribu (tergantung kelas). Apalagi kalau naik bis, lebih seru lagi. Tapi disarankan, lebih enak naik kereta. Selain mudah, juga dekat ke pusat kota.

Tapi kenapa Cirebon ya? Memang ada yang asyik di kota Udang itu? Eits, jangan salah. Kota para wali ini sangat seru banget lho buat dijelajahi. Mulai dari tempat wisatanya, kulinernya yang murah meriah, sampai berburu sesuatu yang unik dan lucu buat menjadi buah tangan buat kalian.

Wisata Sejarah

Di Cirebon ada tiga keraton yang bisa kalian sambangi: Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kanoman. Ketiga keraton ini letaknya cukup berjauhan satu sama lain. Travelers bisa nambah ilmu dari mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini. Masing-masing keraton ini mempunyai ceritanya sendiri, tinggal pilih saja kalian mau menyambangi yang mana dulu.

keraton kasepuhan (1)

Namanya juga mengunjungi keraton, sebaiknya kamu berpakaian yang pantas dan nyaman dipakai. Di sini banyak sekali spot asyik buat berselfie ria atau berfoto bersama teman-teman. Museum di dalamnya pun cukup asyik buat kamu sekadar tahu sejarah zaman dahulu kala.

Wisata Kuliner

Nah, yang satu ini enggak boleh dilewatkan travelers. Banyak makanan enak dan murah meriah yang bisa kalian cicipi. Mulai dari nasi lengko yang ditemani sate sapi, nasi jamblang, pedesan entog, sampai es campur durian. Yummy…

makanan khas cirebon (2)  makanan khas cirebon (1)

Jika travelers ke Cirebon, kalian akan banyak menemukan makanan-makanan tersebut. Kalau ingin mencoba nasi jamblang paling yahud, coba deh sambangi Nasi Jamblang Bu Nur di Jalan Cangkring, wuih kalian harus rela antre sekira 5-10 menit demi menikmati makanan ini.

Puas mencari makanan-makanan oke, nongkrong saja di alun-alun Jalan Siliwangi, semuanya ada di sana, mulai dari makanan berat sampai camilan. Dijamin puas deh. Sekalian, bisa cuci mata melihat pemandangan segar.

Wisata Belanja

batik trusmi (1)

Menyambangi kota orang, enggak afdol rasanya kalau belum beli sesuatu yang khas dari sana. Yap, batik Cirebon dan sirup Tjampolay. Dua oleh-oleh ini terkenal banget travelers. Kamu bisa cuci mata di pusat batik yang berada di wilayah Trusmi. Batik yang mempunyai beragam warna dan cukup murah bisa kalian pilih dan bawa pulang. Paling asyik nih kalau kamu membeli batik yang tokonya berupa rumah. Menjamur sekali dan sangat murah meriah. Recommended!

Selain itu, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh khas Cirebon di sepanjang Jalan Siliwangi. Kalian bisa membeli sirup Tjampolay, terasi udang, kerupuk, petis, wah pokoknya banyak deh. Tapi kamu juga harus pintar memilihnya, banyaknya toko yang menjual oleh-oleh ini cukup memperlihatkan harga yang bersaing. Kualitas menentukan segalanya.

Mau menginap tapi bingung di mana? Enggak usah takut. Banyak hotel yang murah meriah nih buat travelers, mulai dari kisaran harga Rp75 ribu sampai Rp300 ribuan. Hotel ini banyak terdapat di Jalan Siliwangi, dan sekitaran stasiun. So, berminat dong. Mau tahu penginapan di Cirebon yang murmer alias murah meriah? Cek saja yuk di pegipegi.

Read more...

Previous Article
Lokasi Baru Untuk Menikmati Keindahan Sunrise di Pegunungan Dieng
Lokasi Baru Untuk Menikmati Keindahan Sunrise di Pegunungan Dieng

Travelers, kali ini Pegipegi akan mengajak kamu jalan-jalan ke Jawa Tengah,...

Next Article
Long Weekend? Seru-Seruan di Bogor Aja!
Long Weekend? Seru-Seruan di Bogor Aja!

Bingung long weekend mau kemana? Kenapa nggak coba menjelajahi Kota Bogor...