Ini Dia Taman Nasional Cantik Yang Dimiliki Indonesia

March 10, 2014 pegipegi

Travelers, seperti yang kamu tahu Indonesia adalah negara kepulauan dan berada di dekat katulistiwa. Keadaan seperti ini membuat nusantara dilimpahi tempat endemik flora dan fauna. Tidak heran kalau penghuni taman nasional di Indonesia begitu beragam. Nah kali ini, Pegipegi mau kasih informasi tentang taman nasional tercantik yang ada di Indonesia.

1.      Taman Nasional Wasur

Foto 1 Taman Nasional

Taman nasional ini berada di bagian selatan propinsi Papua dengan luas 4.138 km2 dengan lahan basah, desa-desa tradisional, burung-burung endemik, dan gundukan tanah sebagai tempat tinggal rayap. Binatang yang tinggal disini meliputi kuskus dan kangguru. Kalau kamu ingin berpetualang ke Taman Nasional Wasur, waktu paling tepat ya selama musim kemarau, yaitu antara bulan Juli – Januari.

2.      Taman Nasional Betung Kerihun

Foto 2 Taman Nasional

Travelers, ini merupakan salah satu taman nasional cantik yang ada di Kalimantan Barat. Fauna di taman ini sangat kaya, seperti 300 spesies burung dimana 25 spesies merupakan endemik di Borneo, 162 spesies ikan, dan 54 mamalia. Yang menarik lagi, Taman Nasional Betung Kerihun merupakan rumah bagi orang utan yang hampir punah.

3.      Taman Nasional Bunaken

Foto 3 Taman Nasional

Taman Nasional Bunaken terletak di Sulawesi Utara dan menjadi pusat Coral Triangle serta menjadi habitat sekitar 390 spesies koral, ikan, moluska, reptil, dan beberapa spesies mamalia laut lainnya. Tempat ini juga menjadi ekosistem air laut tropis terlengkap di Indonesia dengan keadaan bawah laut sebening kristal. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang membuktikan keindahan Bunaken dengan cara diving dan snorkeling. Apa kamu juga tertarik, travelers?

4.      Taman Nasional Way Kambas

Foto 4 Taman Nasional

Way Kambas merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Luasnya mencapai 1.300 km2 di sekitar Sungai Way Kambas, atau tepatnya di pesisir timur Lampung. Taman ini juga menjadi rumah bagi spesies hewan yang dilindungi, seperti gajah, badak, dan harimau. Gajah Sumatara atau Elephas maximus sumatranus merupakan sub-spesies dari gajah Asia atau Elephas maximus.

5.      Taman Nasional Gunung Leuser

Foto 5 Taman Nasional

Travelers, Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional terbesar dan terpenting di dunia dan menjadi tempat konservasi keanekaragaman hayati unik yang dimiliki Indonesia. Tempat ini juga sering digambarkan sebagai laboratorium ekosistem terlengkap karena berupa hutan dan punya banyak spesies flora dan fauna. Disini tercatat ada sekitar 300 spesies burung, meliputi rhinoceros hornbill dan helmeted hornbill. Taman nasional ini mendapatkan banyak hujan sepanjang tahun, namun frekwensinya mulai berkurang selama bulan Desember – Maret.

6.      Taman Nasional Ujung Kulon

Foto 6 Taman Nasional

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) merupakan salah satu spesies mamalia paling langka dan menjadi spesies badak yang dilindungi. Bahkan, jumlahnya hanya tersisa kurang dari 60 ekor saja. Karena itulah kenapa usaha konservasi dilakukan untuk meningkatkan jumlah badak disini. Badak Jawa ini terlihat mirip dengan Badak India namun ukurannya lebih kecil.

7.      Taman Nasional Komodo

Foto 7 Taman Nasional

Terletak di Nusa Tenggara Timur, taman nasional ini merupakan salah satu tempat eksotis buat penggemar hewan buas yang hanya bisa hidup di Indonesia. Dengan panorama padang savanah menakjubkan, kamu bisa menyaksikan salah satu hewan yang dilindungi. Komodo ini bisa ditemukan di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami. Dengan begitu banyak publikasi, taman nasional ini pun menjadi spot wisata petualangan menantang buat turis domestik dan mancanegara.

8.      Taman Nasional Wakatobi

Foto 8 Taman Nasional

Taman Nasional Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara ini merupakan salah satu taman nasional laut terbesar ketiga di Indonesia. Buat kamu yang hobi diving dan snorkeling, tempat ini sempurna sekali. Dengan luas 1,4 juta hektar, dimana 900 ribu hektar-nya punya dekorasi bawah laut berbeda dengan banyaknya spesies berwarna dan terumbu karang tropis yang spektakuler.

Read more...

Previous Article
Serunya Memancing di Danau Riam Kanan
Serunya Memancing di Danau Riam Kanan

Apakah ada diantara travelers tercinta yang hobi memancing? Pada kesempatan...

Next Article
Nikmati Wisata Hiking di Indonesia
Nikmati Wisata Hiking di Indonesia

Setelah sebelumnya kita membahas tempat-tempat surfing yang seru di...