Turis vs Traveler

July 12, 2015 Josefine Yaputri

Meski terkesan memiliki arti yang sama, kata 'turis' dan 'traveler' memiliki makna yang berbeda sama sekali. Bahkan, ada banyak orang yang lebih suka disebut sebagai traveler daripada turis. Ketahui beberapa perbedaannya.

1. Tujuan Bepergian

Sumber: http://news.hiltonworldwide.com/

Turis biasa bepergian untuk rekreasi atau sekadar berlibur. Sementara itu, traveler biasanya bepergian untuk hal lain, misalnya untuk mempelajari budaya dan adat-istiadat suatu daerah, serta menemukan dirinya sendiri. Fokus perjalanan dari seorang turis adalah dirinya sendiri, sementara fokus perjalanan dari seorang traveler adalah perjalanannya. 

2. Cara Berinteraksi

Sumber: http://womansday.com/

Seorang turis biasanya memberi jarak antara dirinya sendiri dan sekitarnya. Di sisi lain, seorang traveler lebih suka berbaur dengan sekelilingnya. Saat bepergian, seorang turis akan lebih banyak bertanya pada pemandu wisata atau bahkan dengan teman satu tur dibandingkan pada masyarakat lokal yang dijumpainya. Sementara itu, seorang traveler lebih senang bertanya langsung pada masyarakat lokal saat ia diburu rasa ingin tahu.

3. Tingkat Kenyamanan

Sumber: http://www.hotel-giant.com/

Menginap di hotel berbintang menjadi prioritas seorang turis. Sedangkan traveler lebih fleksibel dalam memilih tempat menginapnya. Tidur di tenda, hostel, atau homestay sederhana tidaklah menjadi masalah bagi seorang traveler karena yang terpenting bukanlah kenyamanan, melainkan makna perjalanan. Sementara itu, bagi seorang turis, kenyamanan adalah segala-galanya.

4. Barang Bawaan

Sumber: http://socialhacks.com/

Biasanya, seorang turis membawa buku panduan wisata dan peta selama melakukan perjalanan. Selain itu, ia juga senang membawa kamera untuk mengabadikan tiap detik dari perjalanannya. Selama melakukan perjalanan, turis senang membawa koper untuk memasukkan segala sesuatu yang ia rasa perlu. Di sisi lain, seorang traveler lebih suka membawa barang sesedikit mungkin dengan sebuah ransel karena lebih praktis. Daripada mengandalkan buku panduan wisata dan peta, seorang traveler lebih suka bertanya langsung pada masyarakat lokal dalam menjelajahi sebuah tempat wisata.

5. Kegiatan Selama Perjalanan

Sumber: http://www.addisonmagazine.com/

Bagi seorang turis, mengabadikan setiap momen selama bepergian adalah hal terpenting. Ia lebih suka pergi ke tempat wisata yang sudah mainstream untuk sekadar berfoto. Kegiatan yang dilakukan selama perjalanan bisa dibilang monoton: makan, jalan-jalan, makan, jalan-jalan, makan, lalu istirahat. Sebaliknya, seorang traveler lebih suka melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan petualangan, seperti parasailing atau diving. Selama perjalanan, ia tidak memiliki jadwal yang pasti. Ia lebih senang menjelajahi sebuah tempat wisata daripada sekadar datang untuk berfoto.

Jadi, kamu turis atau travelerShare opinimu. 

Previous Article
5 Tips Berwisata Kuliner
5 Tips Berwisata Kuliner

Ikuti 5 tips berikut ini supaya wisata kulinermu lebih asyik.

Next Article
5 Air Terjun Indah di Bali
5 Air Terjun Indah di Bali

Wisata air tawar di Bali.

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!