5 Tips Berwisata Kuliner

July 13, 2015 Josefine Yaputri

1. Jangan Berprasangka

Sumber: http://www.airasia.com/

Saat traveling, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain, kamu mungkin tidak ingin mencoba suatu makanan karena sudah 'menghakimi' dari bentuk luarnya saja. Sebelum berwisata kuliner, kamu harus selalu berusaha untuk membuang prasangkamu jauh-jauh. Makanan yang kelihatannya tidak menarik rasanya bisa jadi enak sekali. Jadi, jangan berprasangka saat berwisata kuliner karena hanya akan membuatmu rugi.

2. Selalu Berbagi

Sumber: http://foxnews.com/

Wisata kuliner tidak pernah menyenangkan bila dilakukan sendiri, kecuali jika kamu seseorang yang bisa makan dalam porsi yang sangat banyak. Dalam berwisata kuliner, kamu bisa mencoba lebih dari 5 jenis makanan sehari. Padahal, kamu hanya perlu makan 3 kali sehari. Untuk menyiasatinya, saat memesan satu porsi makanan baru, kamu bisa membaginya dengan 1 atau 2 orang teman seperjalananmu. Jika memang rasanya enak dan kamu ingin makan lagi, silakan saja menambah porsi. Akan tetapi, kamu harus selalu ingat bahwa perut yang terlalu kenyang tidak akan pernah bisa makan dengan nyaman.

3. Jangan Tergesa-gesa

Sumber: http://gamerfitnation.com/

Mungkin kamu sudah terlalu lapar saat mencoba satu makanan baru, sehingga kamu pun makan dengan tergesa-gesa. Dalam berwisata kuliner, kamu tidak boleh makan dengan tergesa-gesa. Kenapa? Karena makan tergesa-gesa tidak akan bisa membuatmu benar-benar merasakan makanan tersebut. Jika kamu makan pelan-pelan, seluruh panca inderamu akan bisa ikut merasakan makanan tersebut, mulai dari tekstur, warna, hingga rasanya.

4. Cari Tahu

Sumber: http://www.prevention.com/

Apakah kamu sering bingung mau makan apa saat berwisata kuliner? Jika ya, berarti kamu kurang riset. Sebelum berwisata kuliner ke suatu daerah, kamu harus mencari tahu atau melakukan riset tentang kuliner khas daerah tersebut. Dengan demikian, kamu tidak akan bingung mau makan apa. Tidak hanya jenis makanannya, kamu juga perlu mencari tahu restoran atau kedai mana yang menjadi tempat favorit masyarakat setempat untuk menikmati hidangan tersebut. 

5. Jangan Takut

Sumber: http://makingfootprintsfollowingfootsteps.blogspot.com

Simpel saja, jangan takut. Tips ini sebenarnya berkaitan dengan tips yang pertama. Saat berwisata kuliner, jangan pernah takut untuk mencoba makanan baru. Sekalipun makanan tersebut di pinggir jalan, tidak ada salahnya kamu mencoba. Misalnya, gudeg yang dijual di Jogja. Pada malam hari, kebanyakan gudeg di jual di pinggir jalan. Rasanya enak dan penjualnya juga rumah. Selain itu, bakso di Malang juga kebanyakan dijual oleh penjual di pinggir jalan dan rasanya sangat nikmat. Jadi, jangan pernah takut saat berwisata kuliner.

Previous Article
Menyelami Pulau Sangalaki
Menyelami Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki, salah satu pulau dengan keindahan bawah laut yang luar biasa

Next Article
Turis vs Traveler
Turis vs Traveler

Ketahui perbedaannya untuk mengetahui apakah kamu seorang turis atau seorang traveler.

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Phone
Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!