Pesona Taman Nasional Kayan Mentarang

July 31, 2015 Josefine Yaputri

Sumber: WWF

Membentang di bagian utara Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya di wilayah Kabupaten Malianau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Bulungan, Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) berbatasan langsung dengan daerah Sabah dan Sarawak, Malaysia. TNKM pertama kali diresmikan pada tahun 1980 sebagai Cagar Alam oleh Menteri Pertanian Indonesia pada waktu itu. Setelah menjadi sebuah Cagar Alam, akhirnya pada tahun 1996, TNKM berubah status menjadi Taman Nasional atas desakan masyarakat adat dan rekomendasi dari WWF.

Sumber: Borneo Tour Gigant

Sumber: Borneo Tour Gigant

TNKM sendiri memiliki kawasan hutan primer dan sekunder tua terbesar yang masih tersisa di Pulau Kalimantan dan kawasan Asia Tenggara. Memiliki luas lahan sekitar 1,35 juta hektar, TNKM terletak pada ketinggian 200 hingga kurang lebih 2500 meter di atas permukaan laut. Kawasan TNKM mencakup lembah-lembah dataran rendah, dataran tinggi pegunungan, serta gugus pegunungan terjal yang terbentuk dari berbagai bentukan sedimen dan vulkanis. Dengan kata lain, TNKM sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang menyukai wisata alam pegunungan dan hutan. Apalagi, di dalam kawasan hutan TNKM ada 500 jenis anggrek, 25 jenis rotan, dan 277 jenis burung, serta berbagai spesies satwa yang dilindungi, seperti banteng, trenggiling, landak, dll. TNKM sangat kaya, bukan?

Sumber: Tick Tab

Sumber: Borneo Tour Gigant

Sumber: Borneo Tour Gigant

TNKM dinamai berdasarkan dua sungai penting yang berada di sana, yaitu Sungai Kayan di sebelah selatan dan Sungai Mentarang di sebelah utara. Sungai-sungai di TNKM sendiri berbeda dari sungai pada umumnya. Sungai-sungai yang ada di TNKM berasal dari banyak mata air di banyak hulu di daerah pegunungan dan mengalir menjadi 1 sungai besar. Di sungai besar tersebut, Anda bisa naik ketinting atau yang kadang dikenal sebagai perahu panjang atau long boat, untuk menjelajahi kawasan TNKM. Pemandangan asri di sepanjang sungai pasti akan membuat Anda terkagum-kagum.

Sumber: Dhany Manaf

Sumber: Dhany Manaf

Tidak hanya dapat menikmati keindahan serta kekayaan alam di kawasan tersebut, di TNKM Anda juga dapat berwisata sejarah dan budaya. Di sana, Anda dapat menjumpai kuburan batu  yang berusia kurang lebih 400 tahun. Kuburan batu tersebut telah disebut-sebut sebagai peninggalan arkeologi yang paling penting di Pulau Kalimantan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang langsung ke TNKM? TNKM memang penuh pesona yang luar biasa.

Previous Article
Bermain di Pantai Kebanggaan Balikpapan
Bermain di Pantai Kebanggaan Balikpapan

Mari bermain di Pantai Manggar Segarasari, Balikpapan.

Next Article
Menyelami Pulau Sangalaki
Menyelami Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki, salah satu pulau dengan keindahan bawah laut yang luar biasa

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!