Mari Nyoklat di Jember!

August 5, 2015 Josefine Yaputri

Sumber: Andri Yanti

Setelah Grivy.com membahas tentang Kampung Coklat di Blitar beberapa waktu yang lalu, kini Grivy memiliki satu rekomendasi tempat wisata lagi bagi Anda, para pecinta coklat. Berlokasi di Jember, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Indonesian Coffee and Cocoa Research Institue) atau yang sering disingkat menjadi Puslitkoka, bisa menjadi tempat wisata pilihan yang Anda kunjungi bersama keluarga atau sahabat saat berjalan-jalan ke Jawa Timur.

Sumber: Jember Ajib

Sumber: Jember Tourism

Di Puslitkoka, para pengunjung yang datang bisa melihat langsung proses pembuatan coklat yang dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan bahwa produk coklat tersebut aman dan higienis. Mulai dari pemilihan biji coklat yang sudah dikeringkan, proses penghalusan, pengayakan, serta pencampurannya dengan susu dan gula, para pengunjung juga dapat melihat bagaimana coklat dicetak dan dikemas. Biasanya, proses penghalusan biji coklat hingga pengemasannya menjadi permen membutuhkan waktu sekitar 4 hari. Ternyata cukup lama, ya? Padahal, untuk memakan sebatang coklat saja, seseorang bisa menghabiskan waktu kurang dari 10 menit.

Sumber: Jember Ajib

Sumber: Ardiba

Sumber: Jember Chocolate

Selesai melihat proses pembuatan coklat di Puslitkoka, tentu tidak lengkap rasanya bila Anda tidak membawa pulang coklat untuk dibawa pulang. Di Puslitkoka sendiri, ada sebuah outlet coklat yang khusus menjual produk coklat merek Vicco yang bisa Anda beli. Produk coklat Vicco yang dijual pun sangat beragam, mulai dari coklat batang, meises, susu coklat cair, hingga es krim. Sekadar informasi, tidak hanya ada merek Vicco, di Jember, masih ada banyak merek-merek coklat lain yang bisa Anda pilih, salah satu di antaranya adalah Jember Chocolate. Tertarik?

Previous Article
4 Museum Bersejarah di Jawa Timur
4 Museum Bersejarah di Jawa Timur

Ini dia, 4 museum bersejarah di Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi!

Next Article
Menunggang Sapi di Madura
Menunggang Sapi di Madura

Menunggang kuda? Sudah biasa. Menunggang sapi? Hmm...

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!