4 Museum Bersejarah di Jawa Timur

August 5, 2015 Josefine Yaputri

1. Museum Cakraningrat

Sumber: Telusur Indonesia

Berada di Jalan Soekarno-Hatta, Bangkalan, Museum Cakraningrat merupakan salah satu museum di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi. Dengan koleksi yang berjumlah sekitar 658, museum ini menyimpan peninggalan Keraton Cakraningrat. Koleksi-koleksi yang disimpan adalah foto-foto Raden Cakraningrat, kain Batik Madura, peralatan membatik, menangan, paeduwan, bokor, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menemukan alat perang berupa perisai serta beberapa alat transportasi kuno, seperti kereta kuda dan miniatur perahu. Museum ini diresmikan pada 13 Maret 2008 oleh Gubernur Jawa Timur yang menjabat pada saat itu.

2. Museum Trinil

Sumber: Trip Trus

Berlokasi di Dusun Pilang, Desa Kawu, Kecamatan Kedunggalar yang berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Ngawi, Museum Trinil adalah sebuah museum kepurbakalaan. Diemukan oleh Eugene Dubois yang berasal dari Belanda, Museum Trinil merupakan tempat hunian kehidupan purba  pada Zaman Pleistosen Tengah atau sekitar 1,5 juta tahun yang lalu. Dengan kata lain, lokasi museum tersebut merupakan situs penting, dimana data manusia purba dan bukti konkret tentang lingkungan, serta flora dan faunanya, ditemukan. Fosil yang terkenal di Museum Trinil adalah Pithecanthropus Erectus.

3. Museum Blambangan

Sumber: Museum Mpu Tantular

Terletak di Jalan Raya Buduran, Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Museum Mpu Tantular berdiri di atas sebuah lahan dengan luas 3,25 hektar. Sebagai museum yang memiliki jenis koleksi terlengkap di Jawa Timur, di Museum Mpu Tantular, Anda bisa menemukan berbagai koleksi geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, numismatik, filologi, keramik, seni rupa, dan teknologi. Sangat banyak, bukan? Sekadar informasi, Museum Mpu Tantular diresmikan pada 14 Mei 2004 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Provinsi Jawa Timur yang menjabat waktu itu.

4. Museum Trowulan

Sumber: Sobat Petualang

Sebagai sebuah museum arkeologi, Museum Trowulan berlokasi di Jalan Raya Trowulan, Dusun Unggahan, Desa Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar daerah Trowulan, Museum Trowulan menjadi salah satu museum terpenting Indonesia yang menyimpan koleksi sejarah Kerajaan Majapahit, sehingga kebanyakan koleksinya memang berasal dari masa Kerajaan Majapahit. Meski demikian, di museum ini, Anda juga dapat menemukan berbagai koleksi dari masa kerajaan-kerajaan lain, seperti Kerajaan Kahuripan, Kerajaan Kediri, dan Kerajaan Singhasari. Tertarik datang ke sini?

Previous Article
Barong Ider Bumi: Penangkal Bahaya
Barong Ider Bumi: Penangkal Bahaya

Kenali, tradisi unik dari Banyuwangi untuk menangkal bahaya ini.

Next Article
Mari Nyoklat di Jember!
Mari Nyoklat di Jember!

Tidak hanya di Blitar, Anda juga bisa nyoklat di Jember, lho!

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Phone
Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!