Barong Ider Bumi: Penangkal Bahaya

August 7, 2015 Josefine Yaputri

Sumber: RRI

Di Inonesia, Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu hari raya yang paling meriah, terutama karena mayoritas masyarakat Indonesia beragam Islam. Jika Anda ingin merayakan Idul Fitri dengan cara yang berbeda dari biasanya, atau jika Anda tidak merayakan Idul Fitri tapi ingin menghabiskan hari libur Anda dengan spesial, Anda bisa datang ke Desa Kemiren, Kabupaten Banyuwangi, untuk menghadiri ritual Barong Ider Bumi.

Sumber: Sunrise of Java

Diadakan rutin setiap hari kedua Bulan Syawal, masyarakat Osing dari Desa Kemiren melakukan ritual Barong Ider Bumi sebagai upacara untuk menangkal bahaya dan memohon kesuburan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak hanya itu, dengan melakukan upacara Barong Ider Bumi, masyarakat percaya bahwa mereka dapat mensucikan diri dari segala kesalahan yang telah dilakukan dalam satu tahun sekaligus menyembuhkan diri dari berbagai wabah penyakit. Barong Ider Bumi sendiri telah dilakukan selama puluhan tahun dan menurut sejarah, sudah dilakukan sejak tahun 1940-an.  

Sumber: Pesona Jawa Timur

Dalam praktiknya, Barong Ider Bumi dilakukan dengan mengarak barok keliling desa dengan diiringi pembacaan macapat atau tembang Jawa yang berisi doa dan pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan nenek moyang untuk menolak bahaya yang mengancam keselamatan para warga desa. Tidak hanya itu, Barong Ider Bumi juga dimeriahkan dengan berbagai kesenian khas Banyuwangi, seperti Tari Gandrung, Singo-singoan, Burdah, dan Hadrah Kuntulan.  Bagaimana? Tertarik datang untuk mengikuti Barong Ider Bumi?

Previous Article
Hotel Horison Nusa Dua: Nyaman dan Elegan
Hotel Horison Nusa Dua: Nyaman dan Elegan

Menginap di hotel mewah dengan harga terjangkau? Kapan lagi?

Next Article
4 Museum Bersejarah di Jawa Timur
4 Museum Bersejarah di Jawa Timur

Ini dia, 4 museum bersejarah di Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi!

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!