Wisata Asyik di Tasik

August 18, 2015 Josefine Yaputri

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang ramai dan padat penduduk. Setiap akhir pekan, warga Jakarta berbondong-bondong pergi ke Bandung untuk berwisata. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Jawa Barat tidak hanya punya Bandung yang bisa Anda kunjungi? Disebut Sang Mutiara dari Priangan Timur, Anda bisa mengunjungi Kota Tasikmalaya atau yang biasa disebut Tasik. Memiliki semboyan "Kota Resik", Tasik adalah sebuah kota dengan berbagai wisata asyik. 

Sumber: Wikipedia

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi di Tasik adalah Kampung Naga. Sebagai sebuah kampung adat tradisional Sunda, Kampung Naga masih sangat murni dan memiliki bangunan-bangunan rumah penduduk yang bergaya Sunda asli. Tidak hanya itu, keadaan di sekitar kampung juga masih sangat asri dan lestari. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Kampung Naga, Anda bisa melihat pemandangan pepohonan hijau yang begitu indah, cuaca sejuk, serta udara segar yang tidak ada di kota-kota besar. 

Sumber: Mohamad Andriansyah

Bila Anda mengetahui bagaimana Suku Baduy hidup dan tinggal, sedikit banyak, cara masyarakat Kampung Naga mungkin akan mengingatkan Anda pada Suku Baduy. Sebagai masyarakat adat yang menganut Agama Islam, masyarakat Kampung Naga masih menjalankan seluruh adat-istiadat yang diwariskan nenek moyang atau leluhur mereka, yang dalam Bahasa Sunda disebut "karuhun". Bagi masyarakat Kampung Naga, menjalankan adat-istiadat tersebut berarti menghormati karuhun atau leluhur mereka. Sebaliknya, melanggar adat-istiadat berarti tidak menghormati karuhun dan tindakan tersebut dipercaya dapat membawa bahaya atau malapetaka. 

Sumber: Wisata Gunung

Selain Kampung Naga, ketika berkunjung ke Tasik, Anda juga bisa berwisata ke Gunung Galunggung. Sebagai sebuah gunung berapi yang memiliki bentuk kerucut atau masuk kategori Strato, Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Kawasan Gunung Galunggung sendiri dikelola oleh Perum Perhutani dengan beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi, seperti Danau Kawah dan Pemandian Air Panas. Sekadar informasi, Danau Kawah yang berada di kawasan Gunung Galunggung merupakan sebuah danau berukuran 40 hektar yang terbentuk dari letusan Gunung Galunggung pada tahun 1982 dan berwarna kehijauan. 

Sumber: Panduan Wisata Bandung

Kini, Gunung Galunggung sudah hampir 33 tahun tertidur lelap dan bisa dibilang aman untuk dikunjungi. Menurut prediksi, Gunung Galunggung mungkin akan meletus pada tahun 2050. Nah, sebelum Gunung Galunggung meletus lagi, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk berkunjung. Di kawasan gunung, Anda bisa menaiki 620 anak tangga yang ada di Kepundang Galunggung. Setelah menaiki anak-anak tangga tersebut, mungkin Anda akan merasa lelah, tapi pemandangan Kota Tasik serta pepohonan hijau dan Danau Kawah yang megah pasti akan membuat Anda lupa pada rasa lelah. Sangat menyenangkan, bukan?

Ingin berwisata ke Tasik?

Previous Article
Melayang di Puncak? Yuk, Coba!
Melayang di Puncak? Yuk, Coba!

Bosan terbang dengan pesawat? Kini, Anda bisa terbang sendiri tanpa pesawat!

Next Article
Hotel Horison Nusa Dua: Nyaman dan Elegan
Hotel Horison Nusa Dua: Nyaman dan Elegan

Menginap di hotel mewah dengan harga terjangkau? Kapan lagi?

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!