Memacu Adrenalin dengan Mengarungi Jeram Citarik

August 20, 2015 Josefine Yaputri

Apakah Anda sudah pernah mencoba olahraga ekstrem arung jeram? Di Sulawesi Utara, tepatnya di Sungai Nimanga yang berada dekat dengan Kota Manado, Anda bisa melakukannya. Meski demikian, jika Anda benar-benar ingin mencoba mengarungi jeram di sebuah sungai, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Manado, terutama bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa. Cukup pergi ke Jawa Barat, tepatnya di Sungai Citarik, Anda bisa memacu adrenalin dengan mengarungi jeram-jeram sungai yang ada. 

Sumber: Si Gulang Huta

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun yang hijau, tepatnya di Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat, Sungai Citarik menjadi lokasi olahraga arung jeram yang cukup populer di Pulau Jawa. Terutama di akhir pekan, banyak wisatawan yang datang ke Sungai Citarik untuk melakukan olahraga pemacu adrenalin tersebut, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Popularitas Sungai Citarik sebagai lokasi olahraga arung jeram yang populer di Jawa Barat pun juga bukan tanpa alasan. Debit air yang pas, air yang cukup bersih dan relatif stabil sepanjang tahu adalah alasan mengapa Sungai Citarik menjadi lokasi terbaik untuk melakukan olahraga arung jeram. 

Sumber: Gerentes Kalbu

Di Sungai Citarik sendiri, jumlah jeram dan bebatuan yang ada cukup banyak. Selain itu, sungai ini juga memiliki berbagai tingkat kesulitan, yaitu dari Grade 3 hingga Grade 4. Sekadar informasi, dalam olahraga arung jeram sendiri, ada 6 tingkatan atau grade yang dimiliki oleh sungai untuk bisa diarungi. Grade 1 adalah grade termudah dan Grade 6 adalah grade tersulit. Dengan demikian, jeram di Sungai Citarik tergolong cukup sulit dan memiliki rintangan yang cukup. Jika Anda belum pernah melakukan olahraga arung jeram sebelumnya, Anda tentu tidak perlu khawatir atau takut dalam melakukan olahraga arung jeram di Sungai Citarik karena Anda akan didampingi dengan pemandu profesional dari beberapa operator arung jeram yang ada di sana. 

Sumber; Java Wisata

Sekalipun perahu Anda terbalik (seperti foto di atas) ketika tengah mengarungi jeram-jeram di Sungai Citarik, Anda tidak perlu takut karena kondisi sungai tersebut cukup stabil sehingga proses penyelamatan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Dan tidak hanya bisa memacu adrenalin dengan mengarungi jeram, saat berada di Sungai Citarik, Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami dan asri. Sangat menyenangkan, bukan? 

Jadi, apakah Anda sudah siap memacu adrenalin dengan mengarungi jeram Citarik?

Previous Article
Belajar Bermusik di Saung Angklung Udjo
Belajar Bermusik di Saung Angklung Udjo

Wisata sekaligus belajar budaya? Anda bisa melakukannya di Saung Angklung Udjo.

Next Article
Tertegun di Gunung Halimun
Tertegun di Gunung Halimun

Keindahannya akan membuat Anda tertegun.

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!