Belajar Bermusik di Saung Angklung Udjo

August 20, 2015 Josefine Yaputri

Anda senang bermain musik? Atau mungkin Anda tertarik untuk belajar bermain musik? Jika jawabannya ya, kenapa tidak mulai belajar bermain alat musik tradisional khas Indonesia saja? Di Bandung, Anda bisa melakukannya sambil berwisata, yaitu di Saung Angklung Udjo

Sumber: Maestro Bali

Berlokasi di Jalan Padasuka, Bandung Timur, Saung Angklung Udjo merupakan sebuah sanggar seni yang bertujuan untuk memberikan edukasi wisata budaya yang lengkap. Di Saung Angklung Udjo, Anda akan menjumpai arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, serta workshop tempat dibuatnya alat musik bambu. Sesuai namanya, Saung Angklung Udjo didirikan oleh Mendiang (Alm.) Udjo Ngangalena yang akrab dipanggil Mang Udjo dan istrinya, Uum Sumiati. Saung Angklung Udjo sendiri telah berdiri di Bandung sejak tahun 1966 dan karena kecintaannya pada musik angklung, Mang Udjo bahkan dijuluki sebagai Legenda Angklung. 

Sumber: Aneka Tempat Wisata

Tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata budaya, Saung Angklung Udjo pada awalnya didirikan dengan niat yang mulia, yaitu untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda, terutama musik Angklung, kepada masyarakat Indonesia khususnya, melalui sarana pendidikan dan pelatihan. Oleh karena itu, saat berwisata ke Saung Angklung Udjo, Anda harus setidaknya mencoba belajar memainkan angklung atau mungkin membelinya supaya bisa belajar memainkan angklung sendiri di rumah. 

Sumber: Bob Merdeka

Tidak hanya bisa melihat proses pembuatan angklung serta belajar bermain angklung, di Saung Angklung Udjo, Anda juga bisa melihat pertunjukan musik angklung yang cukup sering diadakan. Terlebih jika Anda melihat puluhan anak yang tengah mempertunjukkan musik angklung, tentu Anda akan tergugah dengan suara angklung yang begitu merdu dan kekompakan anak-anak kecil yang lucu dalam bermain angklong dalam satu harmoni. 

Previous Article
Mengenal Pelukis Tenar Affandi Lebih Dekat di Museum Affandi
Mengenal Pelukis Tenar Affandi Lebih Dekat di Museum Affandi

Wisata museum bukan hanya tentang sejarah, tapi juga tentang seni. Kunjungi Museum Affandi di Yogyakarta.

Next Article
Memacu Adrenalin dengan Mengarungi Jeram Citarik
Memacu Adrenalin dengan Mengarungi Jeram Citarik

Saatnya Anda menantang diri Anda sendiri dengan mengarungi jeram di Sungai Citarik.

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Last Name
First Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!