Mengenal Pelukis Tenar Affandi Lebih Dekat di Museum Affandi

August 24, 2015 Josefine Yaputri

Siapa bilang wisata ke museum hanya untuk mengenal sejarah saja? Di Yogyakarta, Anda bisa ke museum untuk berwisata seni. Museum Affandi adalah sebuah museum seni yang cocok bagi Anda, para pecinta lukisan, khususnya lukisan karya Affandi Koesoema, pelukis yang lahir di Cirebon lebih dari seratus tahun yang lalu, dan selama ini dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia.

Sumber: Wikipedia

Museum Affandi berada dekat dengan Bandar Udara Adisucipto, Yogyakarta, tepatnya di pinggir Sungai Gajah Wong atau di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 167, Yogyakarta. Secara khusus, museum ini menyimpan berbagai hasil karya pelukis Affandi. Terletak di sebuah lahan seluas 3.500 meter persegi, di lokasi tersebut tidak hanya terdapat bangunan museum yang memiliki empat galeri dan bangunan pelengkap, tapi juga terdapat bangunan rumah tempat pelukis Affandi tinggal bersama keluarganya. 

Sumber: Tiket Mee

Tidak hanya terkenal di Indonesia, nama Affandi sebagai pelukis hebat juga sudah terkenal di kalangan dunia seni internasional. Semua itu berkata gaya ekspresionisme dan romantisme dari karya-karya Affandi yang begitu khas. Terutama pada tahun 1950-an, Affandi banyak mengadakan pameran tunggal di berbagai negara, seperti India, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat. Selain terkenal akan lukisannya yang begitu khas dan indah, Affandi juga dikenal sebagai pelukis yang sangat produktif. Semasa hidupnya, yaitu selama kurang lebih 83 tahun, Affandi telah menghasilkan lebih dari dua ribu lukisan. 

Sumber: Little Miss Kiko

Museum Affandi sendiri diresmikan pada Juni 1973 oleh Fuad Hassan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada masanya dan telah dikunjungi oleh beberapa tokoh negara berpengaruh, seperti Mantan Presiden Soeharto dan Mantan Perdana Menteri Malaysia Dr. Marathir Mohammad pada Juni 1988 saat keduanya masih berkuasa. Di Museum Affandi, terdapat lebih dari 1.000 lukisan. Akan tetapi, tidak semua lukisan yang ada di museum tersebut merupakan karya Affandi. Kurang lebih ada 300 lukisan karya Affandi, sedangkan sisanya merupakan lukisan-lukisan karya pelukis lain (teman-teman Affandi) yang juga cukup terkenal, seperti Basuki Abdullah, Popo Iskandar, dan Hendra. Semua lukisan karya Affandi yang dijual dan karya teman-temannya dipamerkan di Galeri II Museum Affandi. 

Sumber: Grab Page

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Galeri II Museum Affandi digunakan untuk memamerkan lukisan karya Affandi yang dijual dan lukisan karya teman-temannya. Lalu, bagaimana dengan Galeri I, III, dan IV? Di Museum Affandi, Galeri I berisi karya-karya Affandi mulai dari awal hingga akhir karir melukisnya. Berbeda dengan lukisan-lukisan yang ada di Galeri II, lukisan-lukisan Affandi di Galeri I tidak dijual. Tidak hanya  dapat menemukan karya-karya Affandi, di Galeri I, Anda juga dapat menemukan benda-benda yang berhubungan dengan perjalanan hidup Affandi, seperti sepeda ontel, mobil sedan kuno, sandal jepit, ember, kuas, kliping berita koran, kain sarung, dan foto-foto. Di Galeri III, Anda pun dapat menemukan lukisan-lukisan karya keluarga Affandi yang terdapat di lantai pertama, seperti lukisan karya putrinya, yaitu Kartika Affandi, yang berjudul "Apa Salahku? Mengapa ini Harus Terjadi". Sementara di lantai kedua Galeri III, Anda dapat menemukan ruang perawatan lukisan. Di galeri terakhir, yaitu Galeri IV, Anda dapat menemukan berbagai lukisan karya cucu Affandi, yaitu Didit. Memiliki langit-langit yang terbuat dari anyaman bambu, galeri ini menjadi galeri lukisan yang unik. 

Jadi, apakah Anda tertarik mengunjungi Museum Affandi untuk mengenal Affandi lebih dekat?

Previous Article
Ratu Boko: Ratunya Senja di Yogyakarta
Ratu Boko: Ratunya Senja di Yogyakarta

Wisata candi tidak melulu soal sejarah, tapi juga soal keindahan. Anda bisa melihat indahnya senja Yogyakar...

Next Article
Belajar Bermusik di Saung Angklung Udjo
Belajar Bermusik di Saung Angklung Udjo

Wisata sekaligus belajar budaya? Anda bisa melakukannya di Saung Angklung Udjo.

Grivy
on
Instagram

Follow
×

Free IDR 25.000 Voucher for Travel Deals

Phone
Name
Thank you! Your code: TRAVEL15
Error - something went wrong!