Mengunjungi Bekantan di Pulau Kaget Borneo.

September 15, 2015 alambudaya

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi pada saat kita ke Banjarmasin Borneo adalah pulau kaget, pulau ini belum banyak orang tahu. Terutama orang Jakarta, padahal disini adalah rumahnya bagi satwa Bekantan atau masyarakat lokal menyebutnya “ Si Hidung Belanda” karena hidungnya besar dan warna bulunya yang coklat cerah.

Menyusuri Pulau Kaget dengan Kapal Klotok.
Pulau kaget di Kalimantan Selatan merupakan cagar alam yang terbentuk akibat endapan lumpur yang muncul dari sungai Barito. Lahannya yang subur membuat banyak pepohonan tumbuh dan menjadi habibat bagi kera khas Kalimantan yaitu Bekantan. Luas pulau seluruhnya sekitar 85 Ha, terdapat 2.000 ekor kera di tempat ini.

Pulau kaget Kalimantan Selatan terletak di tengah sungai Barito kecamatan Alalak kabupaten Barito Kuala. Dari kota Banjarmasin, Pulau Kaget merupakan Destinasi Wonders Trip Wild Borneo #Terios7Wonders. untuk bias mencapai lokasi ini kita harus melalui jalur air untuk bisa sampai dengan jarak tempuh 40 menit atau menggunakan perahu tradisional seperti kelotok.

Pemandu yang memanggil Bekantan dengan meniru suara primata tersebut.
Di Pulau Kaget ini kita bisa menikmati keindahan alam dengan berbagai hewan langka yang menghuni tempat ini. Selain Bekantan, terdapat pula hewan langka lain yaitu kera ekor panjang dan Lutung. Ketika mendengar nama Pulau Kaget, mungkin kita bertanya-tanya tentang nama tersebut. Sebagian orang mengatakan bahwa ketika memasuki lokasi maka kita akan merasa kaget oleh riuhnya suara Bekantan.

Perjuangan para Bloggers Tim Terios 7 Wonders Wild Borneo yang bersusah payah berjalan diatas lumpur, demi sebuah foto yg bagus dengan Bekantan.
Pulau ini sekelilingnya adalah lumpur dan tumbuhan bakau, kita tidak bias mendarat disini untuk melihat lebih dekat Bekantan. Para bekantan ini akan muncul dipohon tepi sungai ketika pagi hari, disiang hari mereka akan masuk kedalam. Dan untuk melihat mereka lebih dekat harus turun dilumpur dan jalan menuju ketengah.

Foto Bekantan yang sedang menyusui anaknya.
Pulau Kaget ini adalah Destinasi kedua dari Wild Borneo Wonders, ketika saya menuliskan ini malamnya langsung saya tulis agar update. dan sambil bersiap besok saya dan teman teman dari Terios 7 Wonders akan memotret dan meliput kerbau Rawa di Amuntai.

Foto bareng Tim Terios 7 Wonders setelah kembali dari Pulau Kaget.
Photo dan Artikel oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Kerbau Rawa Amuntai yang hidup diatas air.
Kerbau Rawa Amuntai yang hidup diatas air.

Salah Satu Destinasi Wisata yang menarik di Amuntai Borneo adalah...

Next Article
Taman Nasional Sebangau, Tempatnya Satwa liar di Borneo.
Taman Nasional Sebangau, Tempatnya Satwa liar di Borneo.

Borneo Kalimantan merupakan destinasi yang punya segudang Satwa Liar di...