Jalan2 ke Singapore sambil belajar.

March 2, 2016 alambudaya


Sebagian besar orang traveling itu liburan, keluar dari rutinitas sehari hari dengan traveling. Tetapi bagaimana kalau traveling terus dapet ilmu tentang social media dari pakar pakarnya dari seluruh dunia. Nah tanggal 25 sampai dengan 28 Februari 2016 kemarin saya terbang ke singapura untuk menghadiri undangan Gathering #TribeSkyscanner se Asia – Pasific dari Skyscanner.

Oiya buat yang belum tahu apa itu http://www.skyscanner.co.id dari namanya aja udah ketauan Scan Sky, website dan aplikasi skyscanner yang selalu saya pakai untuk traveling. yang seru saya bisa membandingkan harga tiket pesawat dan hotel termurah, yang keren ada alert bakal kasih tau kita kalo tiket yang kita incar harganya turun.


Video Singapore Photo Travel Guide, selama saya jalan2 ke Singapore. Video by Barry Kusuma

untuk Tema Gathering dan Sharing ini sangat menarik, karena mengusung tema “Content Hacker” dari namanya aja sudah menarik banget kan kira kira apa yang bakal dishare ilmu ilmu dari Creator Content dari Seluruh dunia yang datang.

Sengaja saya datang sehari sebelum acara, minta pesawat paling pagi. Dengan tujuan supaya bisa hunting foto dan bikin video di Singapore, maklum Singapure ini biarpun saya sering kesini tapi sebagian besar cuma untuk transit. Pernah jalan jalan disini cuma udah lama banget, mumpung deh liat di weather cuaca Singapore selalu cerah makanya saya tidak sia siakan kesempatan ini untuk jalan jalan.



Berangkat dari Jakarta jam 7 pagi dan sampai ke Singapore jam 9 pagi, langsung capcus naik taksi ke Hotel. Kurang lebih jam 10 kita sampai di hotel, kebetulan kita menginap di Ibis Bencoolen. Dan kita datang jam 10 pagi, dan ternyata bisa early checkin. Jujur sih menginap di Ibis Bencoolen ini saya sangat suka, ada beberapa hal yang membuat saya betah tinggal dihotel ini:

1. Bisa Early Checkin, saya datang jam 10 pagi sudah bisa masuk kedalam hotel.
2. Internet wifi ini hotel kenceng banget.
3. Mereka menyediakan fasilitas mobile handy, jadi kita dipinjamkan smartphone yang fasilitasnya bisa menelpon ke negara mana saja keseluruh dunia free dan unlimited. Selain itu internetnya bisa kita bawa sambil jalan jalan keliling kota Singapore internetnya juga unlimited dan bisa di tethering. Asli ini keren banget sih, harus dicontoh sama hotel hotel di Indonesia hehe.


4. Buat tamu yang menginap disini bisa mendownload Press Reader, app ini berisi majalah dan Koran dari seluruh dunia. Dan serunya kita bisa mendownload gratis tis.. berapapun banyaknya, sstt selama saya nginap disini saya download 50 majalah travel dan fotografi lho hehe.
5. Yang keren dari Ibis Bencoolen mereka menyediakan free rental sepeda, yup tunggu dulu. Mungkin banyak hotel yang menyediakan rental sepeda, tetapi sepeda disini terbuat dari bamboo dan artistic. Payung payungnya pun juga dari bamboo.
6. Pesawat saya jam 5 sore, berarti checkout jam 2 atau paling telat jam 3. Ternyata bisa late checkout, paginya saya jalan2, eh pas masuk kamar sudah dibersihkan dan bisa nyaman istirahat lagi sambil mandi.

seru abis memang nginep di Ibis Bencoolen hotel Singapore, buat yang pingin nginep disini silahkan aja buka langsung linknya ya http://www.ibis.com/gb/hotel-6657-ibis-singapore-on-bencoolen/index.shtml

Siangnya saya menuju Merlion Parks, disini saya bikin video cityscape Singapore yang setiap tahunnya selalu berubah. Dan benar cuaca Singapore sangat cerah sehingga saya bisa membuat foto dan video yang bagus.

Nah esok hari tanggal 26 Februari kita sudah bersiap untuk menghadiri Gathering TribeSkyscanner di kantor pusat Skyscanner di tengah kota Singapore, kontingen dari Indonesia adalah saya sendiri, Farchan, Marischa Prudence dan om Bolang Lostpacker. Dan disini kita memakai batik lho, tujuan utamanya supaya engga diklaim Malaysia hehehe..bercanda deng.

Di Gathering ini puluhan traveler dan content maker dari regional Asia Pasifik yang datang, disini tujuannya adalah berdiskusi untuk menghasilkan berbagai ide baru tentang konten traveling. Ada banyak sekali ilmu yang kita dapatkan disini, terutama tentang membuat konten yang tidak hanya konten biasa. Tetapi konten yang bisa menjadi viral, bahkan sampai SEO pun dibahas disini. Strategi yang digunakan agar konten yang kita buat bisa mendunia. Event ini dihadiri oleh sekitar 50 penulis, influencers, fotografer dan blogger yang berasal dari Vietnam, Malaysia, Hongkong, Thailand, Korea Selatan, Singapura, Filipina dan Indonesia. Bisa disimpulkan market terbesar untuk skyscanner adalah Indonesia dan Filipina, ya karena jumlah penduduk kita saja sudah 300jt jiwa.


Selain berdiskusi dan sharing ilmu sesame influencer, kita juga traveling dan jalan jalan Instawalk disekitar kota Singapore. Ya tentunya kita ingin membuat konten, beruntung saya selama 4 hari 3 malam di Singapore mendapat cuaca yang selalu cerah. Sehingga kita bisa berkarya membuat foto dan video, oiya video juga bisa dilihat disini ya. Dan banyak mendapatkan ilmu yang sangat bagus untuk kita terapkan didunia social media di Indonesia, terima kasih Skyscanner yang sudah mengundang kita untuk share dan berkarya.

Video Singapore Photo Travel Guide, selama saya jalan2 ke Singapore. Video by Barry Kusuma

Oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Ketika Traveling tidak berjalan sesuai rencana.
Ketika Traveling tidak berjalan sesuai rencana.

Roadtrip bagi saya adalah salah satu cara menikmati traveling, saya sering sekali roadtrip ke suatu destina...

Next Article
Empat Masjid Terindah di Indonesia.
Empat Masjid Terindah di Indonesia.

Indonesia punya berbagai macam suku dan budaya yang kaya, walaupun Indonesia letaknya jauh dari negara asal...