Empat Masjid Terindah di Indonesia.

March 7, 2016 alambudaya

Indonesia punya berbagai macam suku dan budaya yang kaya, walaupun Indonesia letaknya jauh dari negara asal agama Islam. Tetapi penduduk yang menganut agama Islam di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah agama Islam, itu yang membuat Indonesia punya banyak arsitektur masjid yang megah dan besar. Hampir setiap daerah yang propinsi di Indonesia punya ikon arsitektur masjid sebagai kebanggaan daerahnya.

Ada 4 mesjid yang megah dan indah menurut versi saya, dimana saja masjid tersebut? silahkan dilihat foto dan videonya

Video 4 Beautiful Mosque in Indonesia, Video by Barry Kusuma.


Mesjid Islamic Centre Samarinda di Kalimantan Timur.
 
Mesjid terbesar kedua se-Asia yaitu Masjid Islamic Centre. Tak hanya predikatnya sebagai masjid terbesar kedua di Asia setelah masjid IStiqlal Jakarta, namun letaknya yang tepat di tepian sungai Mahakam membuat masjid Islamic Centre Samarinda Kalimantan Timur ini terlihat sangat indah dan menawan.

 

Sangat wajar jika masjid Islamic Centre ini dinobatkan sebagai masjid terbesar kedua di Indonesia sekaligus terbesar kedua se-Asia. Hal ini dapat kita buktikan dari menara utama setinggi tak kurang dari 99 meter dengan kubah yang sangat besar. Menara utama sendiri terdiri dari bangunan yang memiliki 15 lantai dengan ketinggian masing-masing lantai rata-rata 6 meter. Beralih kebagian luar masjid tersedia area parkir yang sangat luas. Area parkir tersebut mampu menampung tak kurang dari 590 mobil dan 800 sepeda motor.

Kemegahan menara utama masjid Islamic Centre Samarinda Kalimantan ini terinspirasi oleh kemegahan masjid Nabawi Madinah sementara kubahnya diilhami dari kemegahan kubah masjid Haghia Sophia Istambul Turki. Yang lebih menakjubkan lagi, pada dinding bagian luar menara utama dikelilingi lafadz Asmaul Husna berlapis batu granit. Selain menara utama yang megah, pada empat sudut bangunan masjid terdapat menara yang disebut menara sudut 1, 2, 3, dan menara sudut 4 dengan ketinggian masing-masing menara 66 meter. Bagian atas menara disebut Makara yang terbuat dari material kuningan ketok. Jika kita ingin puncak menara atau lantai paling atas, kita harus menggunakan tangga.

 

 

Beralih kebagian depan masjid Islamic Centre, berdiri kokoh dua buah menara yang disebut Menara Kembar Satu dan Dua. Meskipun kedua menara tersebut lebih pendek dari menara utama dan menara sudut 1 – 4, namun terlihat sangat indah karena berlapis cat tektur dan masih dilapisi lagi dengan dinding granit, yang konon diimport dari luar negeri yaitu granit Juparana Kuning dan Juparana Cokelat.

 

Mesjid Cheng Hoo di Palembang, Sumatera Selatan.

 

Dari namanya aja seru banget ya, Mesjid Cheng Hoo yang berada di Palembang. Aslinya nama masjid ini adalah Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang, masjid ini didirikan oleh warga keturunan dan yang membuat unik mejsid ini dibangun dengan arsitektur Cina, melayu dan nusantara. masjid ini dibangun untuk menghormati laksamana Cheng Hoo yang sudah tiga kali ke Palembang menurut sejarah, buat yang penasaran dengan sejarahnya laksmana Cheng Hoo ini bisa ke Palembang saya kutip dari tulisan Wikipedia dibawah ini.

 

 

Keberadaan Laksamana Cheng Ho tak dipisahkan dari Palembang. Sejak melakukan pelayaran mengelilingi dunia, Cheng Ho sempat tiga kali datang ke Palembang. Ia adalah seorang bersuku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, namun beragama Islam. Alam penyebaran Islam di Indonesia, selain dilakukan para pedagang dari Arab dan sekitarnya, ternyata para pedagang asal Tionghoa ikut berperan menyebarkan Islam di daerah pesisir Palembang. Di sini pula peran Laksamana Cheng Ho dalam menyebarkan Islam di Palembang. Armada Cheng Ho sebanyak 62 buah kapal dan tentara yang berjumlah 27.800 yang dipimpinnya itu pernah empat kali berlabuh di pelabuhan tua di Palembang. Pada 1407 Kota Palembang yang berada di bawah kekuasaan Sriwijaya pernah meminta bantuan armada Tiongkok yang ada di Asia Tenggara untuk menumpas perampok-perampok Tionghoa Hokkian yang mengganggu ketenteraman. Kepala perampok Chen Tsu Ji tersebut berhasil diringkus dan dibawa ke Peking. Semenjak itu, Laksamana Cheng Ho membentuk masyarakat Tionghoa Islam di Kota Palembang yang memang sudah ada sejak zaman Sriwijaya banyak didiami orangorang Tionghoa.

 

 

Selama perjalanan Cheng Ho antara 1405–1433 M, dia pernah empat kali ke Palembang. Tahun 1407 masehi, armada Cheng Ho mampir ke Palembang dalam rangka menumpas perompak yang dipimpin Chen Tsui Ji tersebut. Kemudian, pada tahun 1413–1415M, 1421–1422M, dan tahun 1431–1433 M, armada Cheng Ho berlabuh ke Palembang. Setelah memberantas para perampok, Laksamana Cheng Ho berlabuh hingga tiga kali ke Palembang. Namun, tidak ada yang tahu maksud dan tujuannya.

 

 

Mesjid Agung Natuna, Taj Mahalnya Indonesia.
 
Ketika mengunjungi Kepulauan Natuna di Kepulauan Riau saja saya sudah takjub dengan keindahan alamnya yang begitu indah. Sangat perawan dan belum banyak terjamah, Pulau Natuna merupakan salah satu pulau terluar Indonesia ini mempunyai budaya melayu yang sangat kental. Pulau Natuna terkenal karena pernah berhembus berita kalau pulau ini diklaim dimiliki oleh China, dan mungkin kalau tidak ada berita ini banyak orang Indonesia tidak tahu Pulau Natuna itu berada dimana.

 

 

Selain menyimpan keindahan alamnya yang begitu perawan, ternyata pulau Natuna memiliki sebuah masjid yang megah dan arsitekturnya menawan. Sehingga orang menyebutnya sebagai Taj Mahal nya Indonesia, letaknya pun juga sangat pas. Karena terletak di kaki sebuah gunung, sehingga kalau kita memotretnya kita bisa melihat jelas background gunung yang ada dibelakang masjid natuna ini.

 

 


Selain menyimpan keindahan alamnya yang begitu perawan, ternyata pulau Natuna memiliki sebuah masjid yang megah dan arsitekturnya menawan. Sehingga orang menyebutnya sebagai Taj Mahal nya Indonesia, letaknya pun juga sangat pas. Karena terletak di kaki sebuah gunung, sehingga kalau kita memotretnya kita bisa melihat jelas background gunung yang ada dibelakang masjid natuna ini.

 

Mesjid Agung Jawa Tengah di Semarang.
Mesjid Agung ini merupakan landmark baru Kota Semarang, mesjid yang sangat megah dan besar ini merupakan salah satu ikon dari Semarang Jawa Tengah, Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006.

 

  

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan obyek wisataterpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, dan pusat aktivitas syiar Islam. Dengan berkunjung ke masjid ini, pengunjung dapat melihat keunikan arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Roma dan Arab. 

 

 

Keunikan lainnya dari Mesjid Agung ini, adalah atapnya yang bisa dibuka menjadi bentuk seperti payung. Biasanya kubah ini dibuka pada saat perayaan lebaran saja, Mesjid yang sangat megah dan salah satu terindah di Indonesia.

 

 

 Video 4 Mesjid Terindah di Indonesia, Video by Barry Kusuma.

 

  Buat yang pingin lihat Video lainnya tentang destinasi tersembunyi di Indonesia, silahkan klik Youtube (Barry Kusuma) dan jangan lupa di subscribe juga ya, klik youtube.com/BarryKusuma  Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma
 

Read more...

Previous Article
Jalan2 ke Singapore sambil belajar.
Jalan2 ke Singapore sambil belajar.

Sebagian besar orang traveling itu liburan, keluar dari rutinitas sehari hari dengan traveling. Tetapi baga...

Next Article
Fakta Unik & Menarik tentang Sydney Australia.
Fakta Unik & Menarik tentang Sydney Australia.

Sydney di Australia ibarat Jakartanya Indonesia, Sydney merupakan salah satu kota tersibuk di Dunia. Yang s...