Hunting Foto di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

April 30, 2016 alambudaya


Kota Surabaya di Jawa Timur memang salah satu kota favorite saya di Jawa Timur, selain kulinernya yang melimpah dan enak enak. Selain itu Surabaya juga tempat kesukaan saya untuk hunting foto, salah satu spot favorite saya disini adalah Pelabuhan Tanjung Perak. Disini kita bisa memotret landscape dengan background kapal kapal, motret sunset dan sunrise disini juga juara dan yang terakhir kita bisa hunting foto ke Jembatan Suramadu. Ada beberapa spot hunting yang keren di pelabuhan yang bisa jadi referensi kamu hunting foto :
 
Teluk Lamong, Pelabuhan serba otomatis dan canggih. 

Teluk Lamong di Gresik Jawa Timur.
 
Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
 
Semua orang pasti tahu dengan pelabuhan yang satu ini?. Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan wisata di Indonesia. Lokasinya tepatnya berada di Kota Surabaya Jawa Timur, yang juga menjadi asset distribusi terpenting di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Selain itu, Pelabuhan Tanjung Perak juga dinobatkan sebagai pusat pelayaran antar pulau untuk kawasan Jawa Timur.
 
Pelabuhan Tanjung Perak adalah salah satu tempat yang seru buat hunting foto, luasnya pelabuhan ini membuat kita punya banyak objek foto. Kebersihan pelabuhan Tanjung Perak ini juga menjadi nilai tambah pelabuhan ini, tampaknya Pelindo 3 selaku pengelola pelabuhan ini sangat baik menjaga kawasan pelabuhan sehingga nyaman dan aman membuat kita bisa hunting foto kemana saja didaerah ini.
 
 
Dahulu pelabuhan Tanjung Perak banyak kapal tongkang dan perahu pinisi, tetapi karena adanya kenaikan perdagangan, kenaikan trafik transportasi dan kargo, fasilitas yang tersedia di Pelabuhan menjadi tidak memadai. Oleh sebabnya Ir. W. de Jongh memiliki rencana membangun Pelabuhan Tanjung Perak pada tahun 1875 sehingga kegiatan bongkar muat dapat dilakukan secara langsung tanpa menggunakan tongkang dan perahu.
 
  
Sejak tahun 1910 pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak dimulai secara resmi sesuai dengan permintaan pihak pemerintah daerah Penyelesaian dermaga secara utuh memfasilitasi kapal laut dalam hal pelaksanaan kegiatan bongkar muat di pelabuhan mereka. Seiring perkembangan waktu, Pelabuhan yang dijuluki Kalimas tersebut kemudian difungsikan sebagai salah satu pelabuhan yang menawarkan berbagai macam fasilitas.
 
Oleh karena itu, hingga saat itu Pelabuhan Tanjung Perak perlahan- lahan mulai ikut andil dalam kontribusi pembangunan ekonomi dalam skala besar dan memiliki peran yang sangat signifikan di dalam meningkatkan lalu lintas perdagangan baik di Jawa Timur dan seluruh kawasan Indonesia Bagian Timur mengingat transportasi tersebut digunakan hingga ke seluruh nusantara bagian timur.
 

Spot Hunting Foto di Pelabuhan Tanjung Perak.
 
Jika anda ingin dapat hasil foto yang bagus, datanglah pada saat sunrise atau sunset. Jika cuaca cerah dan anda beruntung bisa mendapatkan foto yang dramatis dan bagus, yang saya lakukan untuk memotret adalah dengan menaiki taksi kapal dari pelabuhan Tanjung Perak seharga 600rb pulang pergi, tetapi jika ingin nyaman anda bisa menaiki kapal Artama Harbour Cruise, kapal yang sangat nyaman dan cocok besama keluarga ini akan mengelilingi jembatan suramadu.
 

Yang membuat saya kagum adalah Surabaya North Quay, dermaga yang sangat besar, bersih dan kalau kesini tidak seperti ke dermaga pelabuhan pada umumnya. Serasa seperti ke Bandara Udara, karena didesain sangat modern dan benar benar seperti bandara udara tetapi ini pelabuhan. Pelabuhan Surabaya North Quay ini adalah pelabuhan kapal yang banyak ke Indonesia timur, dilantai atas terdapat kantin yang menyediakan banyak makanan tradisional Jawa Timur, kantin yang berkonsep café ini memang keren. Dan jika ingin menikmati udara laut kita bisa ke balkon dan menikmati pemandangan laut dan pelabuhan tanjung perak dari atas, kagum saya dengan Pelindo 3 yang sudah menyulap pelabuhan Tanjung Perak menjadi pelabuhan yang sangat ramah dan aman bagi penumpang.
 
Seiring berkembangnya zaman, bertahap Pelabuhan Tanjung Perak mulai bersinar dan menunjukkan peran strategis sebagai pelabuhan bertaraf Nasional. Hingga saat ini terminal kontainer dikenal sebagai Terminal Petikemas Surabaya, Pelindo 3 selaku pengelola membuat terminal ini menawarkan berbagai macam fasilitas bagi Pelabuhan uatam Tanjung Perak yang akan terus menerus mendukung perkembangan kota Surabaya dan sekitarnya hingga ke masa depannya.
 
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Fakta Unik & Menarik tentang Singapore.
Fakta Unik & Menarik tentang Singapore.

Singapura adalah destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan Indonesia, saking populernya Singap...

Next Article
Fuji Subaru Line 5th Station, Jalur Pendakian Gunung Fuji.
Fuji Subaru Line 5th Station, Jalur Pendakian Gunung Fuji.

Mendaki Gunung Fuji di Jepang boleh jadi merupakan impian banyak pendaki di dunia. Siapa, sih yang tidak ma...