Fakta Unik & Menarik tentang Kota Melbourne Australia.

June 3, 2016 alambudaya


Australia adalah salah satu Negara favorite saya untuk traveling, luasnya Australia sehingga menjadi benua tersendiri di dunia ini ternyata punya penduduk kurang dari 30 juta jiwa. Maka tidak salah jika Australia dinobatkan sebagai salah satu negara dengan tingkat kehidupan yang sangat baik di dunia. Salah satu kota favorite saya di Australia adalah Melbourne, kota ini begitu menyenangkan dan semua tampak tertata rapih.

Melbourne kota yang cocok liburan bersama teman2 maupun keluarga, Melbourne bisa menjadi pilihan tujuan wisata bagi anda. Ada banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Banyak wisatawan baik itu domestic maupun asing yang menjadikan Melbourne sebagai tujuan wisata. Ada fakta unik tentang Melbourne yang harus Btimers ketahui. Setelah mengetahui fakta - fakta unik tentang Melbourne tersebut pasti semakin tertarik untuk segera pergi kesana. Berikut ini adalah fakta unik tentang Melbourne.
 


1. Melbourne dikenal sebagai Kota yang punya 4 musim dalam 1 hari, cuaca Melbourne ibarat wanita. Moodnya gampang sekali berubah, bayangkan ketika saya kesini cuaca pagi hari bisa sangat cerah dengan langit biru, siangnya mendung tiba tiba, sorenya bisa cerah lagi dan panas bisa mencapai 42 derajat celcius dan malam harinya bisa sangat dingin kurang dari 20 derajat celcius.

2. Australia adalah negara yang punya cost living yang tinggi di dunia, hidup di Melbourne juga sangat mahal jika dibandingkan dengan Indonesia. Contohnya jika ingin makan dipinggir jalan atau restaurant saja minimal merogoh kocek 7 sampai dengan 8 AUD, atau setara dengan Rp 80.000 sekali anda makan. Untungnya minum disini anda bisa minta tap water (air keran) yang aman untuk diminum di restaurant, jika membeli lagi minuman sendiri bisa 3 sd 4 dollar dan total bisa 10 sd 12 dollar (120rban) sekali makan hemat.
 


3. Orang Australia itu sangat suka dengan Bar dan tempat minum bir, selepas mereka kerja dari kantor akan menyempatkan ke Bar untuk berkumpul bersama teman sampai malam. Hanya bar yang buka sampai malam, padahal sampai pada tahun 1966, semua pub di Melbourne ditutup pada pukul 06:00.

4. Melbourne dikenal sebagai salah satu kota penghasil coklat yang enak, MacRobertson’s Steam Confectionery Works menciptakan produk cokelat terkenal seperti Cherry Ripe (1924), Crunchie (1929) dan Freddo Frog (1930). Didirikan pada tahun 1880, perusahaan ini berada selama lebih dari 100 tahun di Fitzroy. Lalu dijual ke Cadbury pada tahun 1967.
 


5. Kalau mau hunting kuliner di Melbourne tempatnya, karena kota ini adalah rumah bagi Toto, yaitu restoran pizza pertama di Australia. 

6. Saya sangat kagum akan system transportasi di kota Melbourne, terutama trem yang mereka punya. Tidak salah kalau Sistem trem Melbourne adalah yang terbesar di luar Eropa dan terbesar keempat di dunia.

7. Batman berasal dari Australia lho karena Sebelum kota ini disebut Melbourne, namanya adalah Batmania. Dinamai oleh John Batman, seorang petani yang berasal dari Tasmania.

8. Australia kaya akan hasil tambangnya, salah satu hasil tambang terbesar mereka adalah emas. Selama demam emas Victoria tahun 1850-an, Melbourne menjelma menjadi salah satu yang terbesar dan kota terkaya di dunia.



9. Saat ini Melbourne dikenal sebagai kota terbersih di dunia, padahal dahulu kota Melbourne sangat jorok dan bau. Oleh karena itu disebut sebagai kota Smellbourne, di tahun 1880-an Sungai Yarra dijadikan tangki septik sehingga kotanya dijuluki Smellbourne dan sekarang sudah menjadi Melbourne.

10. Saat ini Melbourne adalah kota terbesar kedua di Australia, dengan populasi 4,1 juta jiwa.

11. seperti yang saya bilang diatas, cuaca di Melbourne sangat moody. Pernah hari terpanas Melbourne, Black Saturday pada tanggal 7 Februari 2009, suhunya mencapai 46,4 ° C (115,5 ° F). walaupun panas tidak humid seperti Indonesia, sepanas panasnya disini tidak akan keringetan karena anginnya juga kencang.

12. Selain suhu yang panas Melbourne juga dikenal sebagai kota yang punya cuaca sejuk, pernah tercatat suhu terendah Melbourne pada catatan adalah -2,8 ° C (27,0 ° F), pada 4 Juli 1901.

13. Tarif parkir di Australia termasuk yang termahal di dunia, kota Melbourne juga termasuk yang termahal. Karena di hari sibuk perjamnya bisa paling murah 4AUD atau sekitar Rp 40.000 dalam 1 jam.
 


14. Dibangun pada tahun 1868, Great Melbourne Telesscope adalah teleskop terbesar di dunia pada abad ke-19.

15. Canberra adalah ibukota Australia, Melbourne pernah menjadi ibu kota Australia selama 26 tahun antara tahun 1901 sampai 1927.

16. Jika ingin mencari uang datanglah ke Melbourne, karena tingkat upah buruh disini termasuk tertinggi di dunia. Perjam bekerja anda bisa dibayar 15AUD atau setara Rp 150.000 karena Australia sangat menghargai pekerja. Contohnya mereka sangat menghargai pekerjanya pernah tukang batu Melbourne pada tahun 1855 memenangkan hak Eight Hour Day pertama di dunia, yang menjadi simbol hak-hak pekerja untuk memperbaiki kondisi kerja mereka.

17. Kita sangat mengenal semir sepatu merk Kiwi, Semir sepatu Kiwi ini ternyata diciptakan pada tahun 1906 oleh William Ramsay dan Hamilton McKellan dan diproduksi dari pabrik di Melbourne.

18. Ternyata Black Box, perekam penerbangan diciptakan pada tahun 1958 oleh Dr David Warren di Aeronautical Research Laboratories di Melbourne.
 


19. Melbourne dikenal sebagai kota dengan gedung gedung yang sangat tinggi, di Melbourne CBD memiliki lima dari enam bangunan tertinggi di Australia, yang tertinggi adalah Eureka Tower, 297,3 meter (975 kaki).

20. Pada tahun 2010, Melbourne disebut oleh International Business Times sebagai salah satu kota terbaik di dunia untuk seni jalanannya.

21. Melbourne Rainbow Radio adalah stasiun radio gay dan lesbian pertama di dunia, jadi jangan heran kalau anda berjalan jalan disekitar taman atau tempat umum di Melbourne. Anda akan sangat sering menjumpai pasangan Guy dan Lesbian, disini mereka sangat dihargai dan dilindungi oleh hukum.

22. ​​Melbourne dikenal sebagai tempatnya olah raga, karena disini satu-satunya kota di dunia dengan lima fasilitas olahraga bertaraf internasional.

23. Australia sangat menghargai hak konsumen, terutama pada saat anda membeli barang. Jika tidak puas boleh mengembalikannya, ini saya alami ketika berbelanja pada saat boxing day menjelang natal dan tahun baru. Saya membeli sepatu gunung merk Kathmandu, esok harinya saya berjalan jalan di mall dan melihat ada sepatu gunung yang modelnya lebih bagus. Dan saya kembalikan dan akhirnya saya membeli sepatu yang saya suka, tidak hanya sepatu tetapi semua barang jika anda tidak puas boleh mengembalikannya.

Sebulan saya traveling ke Australia dan menemukan banyak keunikan dari Kota Melbourne, perlu diingat jika ingin traveling ke Australia bawalah dollar secukupnya. Hindari menukarkan uang rupiah disana, karena selisihnya bisa sangat banyak. Lebih baik beli dollar secukupnya dan sisanya membayar menggunakan kartu kredit. Selamat menikmati keindahan kota Melbourne.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Memanfaatkan Gadget untuk Traveling.
Memanfaatkan Gadget untuk Traveling.

Beberapa waktu lalu saya sudah pernah menulis tentang peralatan Traveling yang dibawa Travel Fotografer dan...

Next Article
Tips Menjaga Stamina pada saat Traveling.
Tips Menjaga Stamina pada saat Traveling.

Bagi sebagian besar orang liburan adalah waktu yang paling ditunggu, kesibukan bekerja tiap saat bisa membu...