10 Taman di Dunia yang Terkenal dengan Keindahan dan Keunikannya

June 10, 2016 Fani Rachmita

Weekend telah tiba, hore! Apa rencana Anda weekend ini? Daripada main ke mall, mungkin mencoba destinasi lain bisa Anda pertimbangkan. Misalnya, main dan santai-santai di taman. Meski belum banyak taman yang nyaman di Indonesia, di Jakarta sendiri sudah banyak lho taman indah yang terawat dan rapi seperti taman Langsat, taman Suropati atau taman Menteng. Yang tidak sempat ke taman weekend ini, bisa "jalan-jalan ke taman" lewat halaman ini. Taman-taman terindah di seluruh dunia ini, tidak hanya rindang penuh beragam tanaman, tapi juga didisain dengan unik. (sumber: The Guardian)

 

Ibirapuera, Sao Paulo

foto: Alamy

 Taman seluas 221 hektar ini menggabungkan inspirasi cubist dan surrealist dengan botani khas Brzail. Taman ini sangat subur, terkadang misterius, terkadang penuh warna. Taman ini menjadi kebanggaan kota Sao Paulo dengan pavilion mewah sebagai function untuk menggelar art biennal.

 

Buttes-Chaumont, Paris

foto: Imagebroker/Alamy

Seluas 25 hektar dengan landscape bekas pertambangan tua, Buttes-Chaumont Park bahkan menginspirasi dari penulis surealis Louis Aragon dalam menerbitkan karya-karyanya. Taman ini sudah ada sejak tahun 1867.

 

Boboli, Florence

foto: Alexey Pavin/Alamy

Dengan desain Victorian, dari sini Anda bisa mendapat pemandangan yang super cantik dari kota Florence. Tak hanya itu, perpaduan kultur dana lam mulai dari teater simetrical hingga pepohonan rindang serta patung-patung yang memesona, taman ini menjadi sangat romantis.

 

High Line, New York

foto: Alamy

Taman ini dibangun di bekas jalur kereta layang. Di sini, penduduk ‪New York dapat melakukan beragam aktifitas termasuk menyewa taman High Line ini sebagai venue. Terdapat 350 spesies tumbuhan yang ditanam dan dirawat secara rutin, 450 acara publik yang dilaksanakan secara berkala, 9 penjual makanan musiman serta 120 instalasi seni dari para seniman.

 

Landschaftspark, Duisburg-Nord, Germany

foto: Alamy

Arsitek Peter Latz menciptakan taman terbuat dari bangunan industri terlantar seperti High Line, namun dengan skala lebih besar. Tempat yang penuh karat ini kemudian didesain dengan menggabungkan seni, kultur dan berbagai space untuk bekerja.

 

Hampstead Heath, London

foto: Sarah Lee

Melihat pemandangan kota London adalah bagian dari pengalaman di taman Hampstead Heath. Warga London biasanya menjadi taman yang biasa dipanggil Heath ini sebagai tempat untuk kabur dari rutinitas sehari-hari. Banyak seniman yang menjadikan Heath sebagai tempat mencari inspirasi sebut saja Constable, Keats dan Charles Tyson Yerkes.

 

Park Güell, Barcelona

 foto: Jorg Greuel/Getty Images

Sebagian taman ini merupakan property dengan bagian tengahnya sebagai taman. Taman ini memang menjadi andalan wisata Barcelona. Ciri khas taman ini adalah bangunan-bangunan yang berdinding pecahan keramik yang menghasilkan pemandangan seperti mozaik.

 

Summer Palace, Beijing

foto: John White Photos/Alamy

Taman ini merupakan sisa reruntuhan Summer Palace yang dihancurkan saat perang opium kedua. Untungnya, istana, danau, taman dan bangunan sekitarnya masih dapat direstorasi dan tetap terlihat memukau! Taman ini didesain menjadi tempat pelarian sempurna dari hawa panas kota.

 

Olmsted Parks, Buffalo, NY

Karya terhebat “pencipta” Central Park NYC, Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux adalah co-ordinated system taman dan jalanan taman yang merupakan sistem pertamanan pertama di Amerika, yaitu di Buffalo, New York. Idenya adalah untuk mengintegrasi jaringan ruang hijau dengan kota itu sendiri, sehingga Anda akan tetap merasakan suasana taman meski tidak sedang berada di taman itu sendiri.

 

Birkenhead Park, Merseyside

 foto: The boathouse, Birkenhead Park. Photograph: Alan Novelli/Alamy

“Diciptakan” oleh Joseph Paxton, tukang kebun yang mendisain greenhouse raksasa yang dikenal dengan nama Crystal Palace, Birkenhead merupakan versi demokrasi dari landscape aristrokat dengan bangunan yang menyerupai rumah kapal khas Italia dan jembatan ala Swiss. 

Previous Article
Buat Apa ke Luar Negeri Kalau Ada 11 Spot Wisata Ini di Indonesia?
Buat Apa ke Luar Negeri Kalau Ada 11 Spot Wisata Ini di Indonesia?

Siapa bilang harus ke negeri orang untuk dapat menyaksikan pertunjukan seni musikal bertaraf internasional,...

Next Article
Cari Tahu Tentang Jakarta
Cari Tahu Tentang Jakarta

Anda yakin sudah tahu semua?

Want more?

Visit our site

Discover