20 Air Terjun Paling Cantik di Indonesia

June 28, 2016 Elfida Lubis

Air terjun adalah satu dari sekian fenomena alam cantik yang patut disyukuri. kalau air terjun tercantik di Indonesia, ada di mana saja, ya? 

 

1. Air Terjun Sigura Gura - Medan

Foto: sampantrip.blogspot.com

Dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Indonesia karena mencapai 250 meter! Air terjun ini berada di Kabupaten Toba Samosir, cukup dekat dengan Danau Toba. Saking tingginya, bunyi yang dihasilkan dari jatuhnya air masih terdengar sampai kejauhan.

 

2. Air Terjun Lembah Harau - Payakumbuh

Foto: miner8.com

Di Ngarai Harau yang berada sekitar 35 kilometer dari Bukittinggi, di sela-sela perbukitan, terdapat air terjun begitu cantik yang menjadi obyek wisata favorit baik warga sekitar maupun dari luar. Kawasan wisata Harau memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Akar Berayun dan Sarasah Bunta yang masing-masing menawarkan keelokan tersendiri.

 

3. Air Terjun Dua Warna - Sibolangit

Foto: youtube.com

Berada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, air terjun ini memiliki gradasi 2 warna berbeda, yaitu putih keabu-abuan dan biru muda yang disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang pada air.

 

4. Air Terjun Mursala - Tapanuli Tengah

Foto: sengpaku.blogspot.com

Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia yang airnya langsung jatuh dari tebing ke lautan lepas. Keindahan air terjun dan sekitarnya ini juga sudah diangkat ke dalam sebuah film, Mursala, yang diperankan oleh Titi Rajo Bintang. Terletak di Pulau Mursala, antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Airnya mengalir melewati bebatuan granit berwarna hitam kemerahan sebelum tercurah ke permukaan Samudra Hindia. Di bawah air terjun, terdapat berbagai macam terumbu karang dan ikan hias yang menambah kecantikannya.

 

5. Air Terjun Sipiso Piso - Karo

Foto: amabeltravel.com

Nama Sipiso Piso berasal dari kata pisau karena penduduk melihat jatuhnya air dari ketinggian sekitar 120 meter layaknya pisau yang tajam. Jika anda berkunjung ke kawasan wisata danau Toba, sebaiknya Anda juga ke sini karena letaknya berdekatan. Berada di perbukitan dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi hutan pinus membuat pemandangan yang ditawarkan tambah menakjubkan.

 

6. Air Terjun Segoro Gunung - Karanganyar

Foto: jalansolo.com

Air terjun Segoro Gunung terletak di sekitar Gunung Lawu, yaitu di Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, sekitar 1 jam perjalanan dari Solo. Belum terlalu familiar menjadikan obyek wisata ini begitu asri. Namun semoga tetap begitu meski sudah ramai dikunjungi wisatawan, yaSelain air terjun, terdapat juga bumi perkemahan, kebun strawberry, kebun teh, dan potensi alam lainnya. 

 

7. Air Terjun Curug Cipendok - Purwokerto

Foto: monster-bego.blogspot.co.id

Curug Cipendok atau Air Terjun Cipendok yang memiliki ketinggian 92 meter belum ramai dikunjungi dibandingkan dengan kawasan wisata air terjun lainnya. Hawa di sekitarnya sangat sejuk, ditambah perkebunan di sepanjang jalan menuju air terjun akan mengembalikan kesegaran jiwa dan raga.

 

8. Air Terjun Sri Gethuk - Gunungkidul

Foto: telusurindonesia.com

Terletak di Padukuhan Menggoran, dekat dengan Gua Rancang Kencono, keunikan air terjun ini adalah bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela tebing karst yang gersang.

 

9. Pantai Jogan - Yogyakarta

Foto: iewenkphotos.com

Selain Sumatera Utara, Yogyakarta ternyata juga punya obyek alam berupa air terjun yang letaknya di bibir laut. Masih berada di kawasan Gunung Kidul, Anda dapat menemukannya di Pantai Jogan.

 

10. Air Terjun Madakaripura - Probolinggo

Foto: matahationline.com

Tingginya hampir mencapai Air Terjun Sigura Gura, yaitu 200 meter. Lokasinya di Jawa Timur, tepatnya di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, air terjun ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain karena keindahan, air terjun ini juga ramai dikunjungi karena legenda di baliknya. Konon, Mahapatih Gajah Mada bertapa di dalam gua yang berada di balik air terjun, yang hanya bisa dicapai jika menyelam sampai ke dasar cukup dalam.

 

11. Air Terjun Nglirip - Tuban

Foto: gotuban.blogspot.com

Air Terjun Nglirip sering juga disebut Grajagan Nglirip oleh masyarakat sekitar. Berada sekitar 36 kilometer dari pusat kota Tuban, memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan aliran air begitu deras sehingga membuat lokasi sekitarnya terasa sangat sejuk.

 

12. Air Terjun Coban Sewu - Lumajang

Foto: nusantraveller.com

Air Terjun Coban Sewu atau Tumpak Sewu adalah salah satu objek wisata yang melambungkan nama Kabupaten Lumajang di kalangan traveler karena tantangan yang cukup ekstrim sebelum mencapai lokasi, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo.

 

13. Curug Citambur - Cianjur

Foto: infobdg.com

Berada di desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini harus Anda kunjungi kalau sedang traveling ke Cianjur.

 

14. Curug Cimahi - Cimahi

Foto: fitrianisondari.blogspot.com

Berada di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Anda bisa menyaksikan pelangi yang indah di air terjun ini jika sedang beruntung.

 

15. Curug Cikaso - Sukabumi

Foto: cumilebay.com

Curug Cikaso punya nama asli Curug Luhur. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Sukabumi, yaitu sekitar 110 kilometer namun terbayar setelah sampai di lokasi.

 

16. Curug Malela - Bandung Barat 

Foto: katalogwisata.com

Berada di kaki Gunung Sanggabuana dengan ketinggian sekitar 60 meter, air terjun satu ini memang luar biasa indahnya.

 

17. Air Terjun Sendang Gile - Lombok

Foto: pegipegi.com

Aliran air pada air terjun ini berasal dari Gunung Rinjani. Anda bisa menikmatinya cukup dengan menaiki 500 anak tangga. Berada di ketinggian sekitar 40 meter masih memungkinkan untuk Anda uji nyali terjun dari ketinggian menuju sungai di bawahnya. Sendang Gile terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. 

 

18. Air Terjun Benang Kelambu - NTB

Foto: klikhotel.com

Air Terjun Benang Kelambu berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dinamakan kelambu karena air yang tercurah dari atas bukit sangat tipis dan lembut seperti kelambu. Suara jatuhnya air pun tidak terlalu bising.

 

19. Air Terjun Moramo - Konawe Selatan

Foto: ksmtour.com

Air Terjun Moramo berada di kawasan Suaka Margasatwa Tanjung Peropa, 60 kilometer dari Kendari, Sulawesi Tenggara. Berbeda dari kebanyakan air terjun yang telah kami jelaskan, air terjun ini unik karena memiliki tingkat atau undakan yang terdiri dari 7 undakan besar dan sisanya puluhan undakan kecil yang di sisi-sisinya terdapat batu marmer sehingga menambah keindahan pemandangan.

 

20. Air Terjun Saluopa - Poso

Foto: travelling.blogekstra.com

Air Terjun Saluopa juga memiliki tingkat atau undakan seperti halnya Moramo. Yang ini, jumlahnya lebih banyak, yaitu sampai 12! Di setiap tingkat, terdapat tangga dari batu agar pengunjung dapat melewatinya. Hutan tropis yang dihuni oleh berbagai fauna pun menghiasi sekitar air terjun yang berada di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah ini.

 

 

 
 
Previous Article
Traveling ke 10 Negara-Negara "Baik"
Traveling ke 10 Negara-Negara "Baik"

Dengan mengunjungi negara-negara ini, Anda juga sekaligus mendukung dan berkontribusi pada isu-isu baik.

Next Article
11 Artis Ini Mencari Tambahan Dana dari Menyewakan Rumah?
11 Artis Ini Mencari Tambahan Dana dari Menyewakan Rumah?

Cek siapa saja mereka.

Want more?

Visit our site

Discover