15 Tips Supaya Anda Siap Menjadi Tuan Rumah di AirBnB

July 5, 2016 Elfida Lubis

Bisnis AirBnB semakin dilirik untuk Anda yang memiliki fasilitas kamar atau apartemen lebih dan ingin mencari pendapatan tambahan. Terlebih bila Anda juga menggemari traveling karena biasanya pemilik akun AirBnB adalah mereka yang memahami seluk-beluk kebutuhan traveler di negara asing. Bila Anda tertarik untuk serius menjadi tuan rumah di AirBnB, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya fasilitas yang Anda tawarkan mendapat respon dan ulasan positif di dunia maya! (Sumber: BuzzFeed)   

 

 

1. Untuk dapat memenuhi harapan tamu, Anda harus jujur. Gambarkan seperti apa kondisi rumah atau apartemen Anda. Kalau properti Anda memiliki bentuk atau fasilitas yang eksentrik, jelaskan dan tambahkan gambar yang jelas mengenai itu.

 

2. Fleksibel dengan waktu check-in dan check-out. Karena ini berarti tamu dapat mengandalkan Anda di tengah kemungkinan jadwal penerbangan yang tertunda atau hal-hal lainnya yang bisa jadi membuat liburan mereka mendadak berantakan.

 

3. Kalau Anda adalah pemberi sewaan baru, kenapa tidak memberi kesempatan kepada penyewa baru, yang belum pernah menggunakan AirBnB sama sekali? Yakinlah bahwa setiap pertemuan akan membawa kepada pengalaman baru dan menyenangkan. 

 

 

4. Selalu beri lebih daripada yang Anda janjikan menjadi kunci untuk membuat penyewa jatuh hati pada pelayanan Anda. Misalnya, Anda menuliskan bahwa akan menawarkan kopi gratis setiap pagi, tidak ada salahnya menambahkan roti dan camilan lain, atau hal-hal kecil lainnya.

 

5. Kirim email seminggu sebelum kedatangan tamu untuk mengkonfirmasi ulang pemesanan, selain menambahkan informasi yang dapat mereka pakai seperti kondisi sekitar rumah atau apartemen, restoran, kafe, dan atraksi menarik lain yang dekat dari rumah atau apartemen. Setelah mereka tiba, lengkapi informasi lewat buku travel, peta, brosur, menu restoran, kalau perlu kupon diskon.

 

 

6. Tanyakan juga informasi kecil lewat email, misalnya apakah mereka menyewa mobil sehingga Anda dapat menjelaskan mengenai tempat dan peraturan parkir di rumah atau apartemen Anda, sampai informasi mengenai adakah pantangan atau diet khusus yang sedang mereka jalani. Masukkan informasi tersebut dalam file Anda. 

 

7. Jadilah tuan rumah yang sensitif dengan membaca raut wajah dan bahasa tubuh mereka. Setelah menempuh perjalanan jauh, kemungkinan besar mereka capek dan tidak ingin diganggu dulu. Jadi setelah menyambut mereka di pintu depan, cukup tanyakan apakah ada yang bisa Anda bantu kemudian biarkan mereka menikmati waktu sendiri. 

 

8. Setelah tamu cukup beristirahat, beri mereka tur singkat keliling rumah. Atau kalau memang Anda tidak ada di rumah untuk menyambut tamu, beri catatan kecil yang sekiranya dibutuhkan, misalnya di perangkat elektronik, di tombol lampu, dan lain sebagainya.

 

9. Anda tidak harus memberi hadiah atau pelayanan yang luar biasa kepada tamu untuk dikatakan sukses sebagai tuan rumah. Cukup menjaga fasilitas tetap bersih, nyaman, dan simpel akan membuat tamu Anda merasa disambut dengan baik.

 

 

11. Beri sentuhan personal dan unik pada desain interior rumah atau apartemen Anda, tidak seperti fasilitas menginap kebanyakan lainnya. Tambahkan bunga segar untuk suasana lebih menyenangkan.

 

12. Jika Anda berada dalam rumah atau komplek apartemen yang sama, sempatkan mengundang makan malam tamu jika memungkinkan.

 

13. Meninggalkan stok makanan bisa jadi sumber investasi yang baik, terlebih kalau yang Anda simpan adalah panganan lokal milik Anda atau teman yang sedang ingin dipromosikan.

 

14. Selayaknya rumah, lengkapi dengan peralatan, di luar toiletries, yang sekiranya dibutuhkan, seperti kotak obat, payung, senter, dan lainnya.

 

15. Beri ekstra untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau Anda menaruh 2 handuk di kamar mandi, simpan handuk ekstra di lemari dan beri tahu pada tamu mengenai hal ini. 

 

Previous Article
Terjebak di #Brexit? Main Dulu ke Sini
Terjebak di #Brexit? Main Dulu ke Sini

Tren yang tak boleh Anda lewatkan.

Next Article
Traveling ke 10 Negara-Negara "Baik"
Traveling ke 10 Negara-Negara "Baik"

Dengan mengunjungi negara-negara ini, Anda juga sekaligus mendukung dan berkontribusi pada isu-isu baik.

Want more?

Visit our site

Discover