Main-main ke Pasar Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

August 1, 2016 Elfida Lubis

Mengunjungi beberapa daerah di bawah ini bakal tambah menarik karena mereka memiliki pasar tradisional yang tidak bakal Anda jumpai di mana pun!

 

Foto: hipwee.com

1. Pasar Beriman Tomohon, Manado

Temukan barang jualan tak biasa di sini, yaitu daging hewan yang tak lazim di sebagian besar wilayah lain di Indonesia. Persiapkan hati untuk melihat babi hutan, kera, tikus, anjing, kucing, kelelawar, bahkan ular di sini. Selain mental, ada baiknya Anda juga membawa penutup hidung atau wangi-wangian yang dapat menetralkan dan menghilangkan rasa mual. Selain daging segar, Anda juga bisa menemukan yang sudah dimasak dan siap untuk langsung disantap. Meski begitu, pasar ini begitu populer bahkan sampai ke luar dunia!

 

Foto: kompasiana.com

2. Pasar Sentral Makale, Toraja

Pemandangan lelaki menggotong babi sudah biasa terlihat di pasar ini. Terdapat blok khusus tempat transaksi babi berlangsung, yaitu di bagian belakang pasar, di mana Anda akan menemukan hewan babi mulai dari yang besar sampai kecil. Ya, babi dan kerbau adalah dua binatang yang lazim diperjualbelikan di Toraja sehingga Anda tidak perlu bertanya-tanya melihat pemandangan tersebut.

 

Foto: bongatoraja.com

3. Pasar Bolu, Toraja

Tidak sesuai dengan namanya karena pasar ini bukanlah tempat menjual aneka bolu atau kue yang enak dengan tampilan menawan. Pasar Bolu merupakan tempat jual-beli kerbau dan uniknya merupakan yang terbesar di dunia!

 

 

Foto: hipwee.com

4. Pasar Bisu, Sumatera Barat

Lain lagi dengan Pasar Bisu di Sumatera Barat karena transaksi yang terjadi di sini semua dilakukan dalam keadaan bisu atau tidak saling bicara, melainkan dengan tradisi marosok. Marosok adalah proses tawar-menawar dengan jari sehingga masing-masing dari pembeli dan penjual harus peka membaca kode jari tersebut. Hal ini supaya harga penawaran yang diberikan tidak diketahui banyak orang.

 

5. Pasar 46, Jambi

Angka 46 merupakan angka yang menggambarkan jam buka dan jam tutup pasar, yaitu dari jam 4 sore sampai 6 sore. Tak heran kalau pasar ini menjadi pasar dengan waktu beroperasi tersingkat. Barang yang dijual adalah barang kebutuhan sehari-hari seperti yang bisa ditemui di pasar pada umumnya. Yang sering datang dan berbelanja di sini adalah mereka yang baru pulang kerja. 

 

Foto: travel.detik.com

6. Pasar Kaget di Tengah Hutan Wamena, Papua

Mungkin hanya di Wamena, Anda akan menemukan pasar kaget di tengah hutan alih-alih di alun-alun atau tempat publik lainnya. Mungkin hanya di pasar kaget ini juga, Anda menemukan barang-barang jualan seperti koteka hingga tombak khas Papua. Dan lagi-lagi, mungkin hanya di pasar kaget ini pulalah, Anda menjumpai orang-orang Suku Dani yang menjual aneka barang dagangan tersebut, lengkap dengan atribut khasnya.

 

Foto: topholidays.com

7. Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin

Pasar Terapung sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia dan kerap dijadikan alasan untuk berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini. Anda dapat berbelanja bahkan sarapan di atas kelotok atau sampan kayu tradisional di pasar ini. Bagi yang gemar dunia fotografi pun senang main-main ke sini karena dapat dijadikan obyek foto yang cantik. Jangan sampai terlambat karena pasar ini sudah tutup di atas jam 9 pagi.

 
Foto: Elfida Lubis

8. Pasar Triwindu, Solo

Kalau Anda jalan-jalan ke Solo, jangan sampai lewatkan Pasar Triwindu untuk dieksplorasi, ya. Khususnya bagi para pecinta dan pemburu barang antik karena di sini adalah surganya barang kuno tersebut dalam harga miring. Mulai dari benda seni dan pajangan seperti wayang, piring, lampu gantung, patung batu, sampai yang dulunya perlengkapan rumah tangga sehari-hari seperti setrika arang, bisa ditemukan di sini.  

 

Foto: news.detik.com

9. Pasar Santa, Jakarta

Pasar Santa bisa jadi adalah pasar pertama di Jakarta, bahkan mungkin Indonesia, yang bisa dikategorikan sebagai pasar gaul. Di lantai dasar pasar, Anda masih akan menemukan para pedagang sayur, lauk-pauk, dan barang kebutuhan rumah tangga sehari-hari lainnya. Namun kalau Anda melangkahkan kaki ke lantai atas, Anda akan menemukan kios-kios yang disulap menjadi tempat dagangan makanan dan minuman yang ditampilkan dalam kemasan gaul atau sekarang sering disebut dengan istilah kuliner hipster. Maka selain makan, pasar ini pun kerap dijadikan tempat nongkrong oleh anak muda di Jakarta.

Previous Article
8 Festival Ini Adalah Alasan Anda Harus Traveling di Bulan Agustus
8 Festival Ini Adalah Alasan Anda Harus Traveling di Bulan Agustus

Cek dan segera pesan tiketnya kalau tidak mau ketinggalan.

Next Article
Festival Unik di Dunia
Festival Unik di Dunia

Anda mungkin belum pernah mendengar atau familiar dengan nama-nama festival di bawah ini. Selain lebih loka...

Want more?

Visit our site

Discover