8 Festival Ini Adalah Alasan Anda Harus Traveling di Bulan Agustus

August 2, 2016 Elfida Lubis

1. Lively Legian Beach Festival (LLBF), Legian, Bali

Rencananya digelar pada 26-29 Agustus 2016, festival yang akan dipusatkan di area Pantai Legian, Bali ini merupakan perhelatan rutin yang sudah diadakan untuk kesembilan kalinya. Festival pantai terbesar ini dapat Anda saksikan mulai dari The Stones Hotel hingga Padma Resort, menampilkan bermacam kegiatan seperti atraksi seni budaya dan wisata kuliner bali, beach clean, kompetisi internasional, pementasan grup musik, kompetisi antarhotel berbintang, parade bartender terbanyak di Bali, dan masih banyak lainnya. Yuk, pesan tiket ke Bali untuk menghadiri festival seru ini sekarang juga. 

 

Foto: diengpandawa.com

2. Festival Budaya Dieng

Daya pikat Dieng, dataran tinggi yang merupakan atap Pulau Jawa ini, begitu kuat dan menarik wisatawan baik lokal sampai asing untuk merasakan pengalaman di sini. Terlebih bila Anda berkunjung pada bulan Agustus karena selain aspek alam, Anda juga dapat menikmati festival budaya menarik di sini. Festival budaya yang dilangsungkan berupa upacara adat yang telah digelar sejak tujuh tahun lalu, di mana wisatawan dapat menikmati pertunjukan seni, pameran kerajinan, festival film, pesta lampion, hingga pagelaran Jazz di Atas Awan yang membius. Aneka kuliner khas dan enak seperti minuman Purwaceng, Mie Ongklok, Tempe Kemul, dan lainnya pun jangan sampai ketinggalan. Salah satu upacara yang paling ditunggu-tunggu adalah ruwat rambut gimbal atau gembel, yaitu rambut gimbal alami pada beberapa anak yang diyakini memiliki mitos tertentu akan dipotong kemudian dilarung ke sungai. Penasaran? Datang saja pada tanggal 5-7 Agustus mendatang.

 

Foto: puteriputeri.com

3. Festival Budaya Lembah Baliem

Pada tanggal 8-11 Agustus 2016, akan digelar Festival Budaya Lembah Baliem ke-27 di Kabupaten Jayawijaya, Papua yang menampilkan beragam atraksi seni dan budaya suku asli. Anda bisa menonton keseruan lelaki Papua yang tampil bak prajurit perang dan berpura-pura terlibat pertempuran, pertunjukan musik dan tari-tarian, sampai pesta bakar babi dan lainnya. Anda juga bisa belanja produk lokal yang unik-unik, seperti tas anyaman atau noken, buah merah, maupun aksesori buatan tangan lainnya. Rencananya di tahun ini, akan digelar Karnaval Budaya di Wamena pada tanggal 11 Agustus.

 

 

Foto: jembefashioncarnaval2016.blogspot.com

4. Jember Fashion Carnaval

Tahun ini, parade fashion yang ditunggu tak hanya oleh warga Jember dan sekitarnya, namun juga terdengar gaungnya sampai mancanegara ini telah memasuki tahun ke-15. Mengangkat tema utama Revival, yang bila dijabarkan menjadi kebangkitan Indonesia di berbagai bidang, Jember Fashion Carnaval merupakan titik picu kreativitas pelaku maupun peminat bidang fashion. Kunjungi Jember pada tanggal 24-28 Agustus kalau ingin menykasikan sendiri festival ini.

 

Foto: beritaborneo.com

5. Erau International Folk & Art Festival

Di festival yang akan diselenggarakan pada 20-28 Agustus ini. Anda dapat menyaksikan beraneka aspek kebudayaan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur seperti misalnya seni pertunjukan, permainan tradisional, makanan, kerajinan tangan, dan lainnya. Festival ini bisa jadi salah satu alasan Anda mengunjungi kota Tenggarong. Erau sendiri berasal dari kata Eroh yang berarti ramai atau ribut, menunjukkan sekelompok orang yang sedang melaksanakan hajat atau acara bermakna sakral dan hiburan.

 

Foto: coreysbali.blogspot.com

6. Sanur Village Festival 

Sejak 10 tahun lalu diluncurkan, Sanur Village Festival sukses menjadi alat promosi pariwisata yang dilakukan secara independen untuk mengembalikan keinginan turis kembali ke Bali, selain untuk mempertahankan dan memajukan alam, budaya, dan kreativitas masyarakat sekitarnya. Perayaan ke-11 ini dirancang lebih besar dan meriah. Meski begitu, tidak hanya bersifat selebrasi namun menjadi upaya berkelanjutan untuk menjaga lingkungan, budaya, ekonomi, dan dunia kreatif masyarakat Bali semakin berkembang. Di festival ini, berbagai kegiatan seru dapat Anda ikuti dan saksikan, seperti misalnya melepas penyu ke lautan, kompetisi surfing, kompetisi jukung, kompetisi foto, fun run, festival makanan, parade budaya, festival layang-layang internasional. turnamen memancing, pertunjukan musik, dan banyak lagi lainnya.

 

Foto: mediaindonesia.com

7. Festival Bunga Internasional Tomohon

Acara yang serupa dengan festival bunga di Pasadena ini akan kembali digelar, tepatnya pada 8 Agustus di Tomohon, Sulawesi Utara. Sebagai salah satu penghasil bunga terbesar di Indonesia, Tomohon percaya mampu menyelenggarakan festival bunga berskala internasional tersebut. Pesertanya pun semakin meluas tiap tahun, terbukti dengan beberapa negara yang ikut terlibat seperti Polandia, Perancis, Amerika Serikat, Selandia Baru, India, dan Filipina di tahun ini.

 

Foto: sindonews.com

8. Karapan Sapi Madura

Kalau festival satu ini, pasti banyak yang sudah sering mendengarnya. Namun, apakah Anda pernah menyaksikannya langung? Lihat sendiri serunya para joki mendalikan sapi untuk adu cepat melawan sapi lain yang pada akhirnya akan menerima Piala Bergilir Gubernur. Pada tanggal 28 Agustus, putaran pertama karapan sapi akan dilaksanakan serentak di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

 

Previous Article
Mau Tahu 21 Situs Warisan Dunia Baru?
Mau Tahu 21 Situs Warisan Dunia Baru?

Adakah Indonesia di dalamnya?

Next Article
Main-main ke Pasar Unik Yang Hanya Ada di Indonesia
Main-main ke Pasar Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Yakin sudah siap ke nomor 1?

Want more?

Visit our site

Discover