5 Negara dengan Angkutan Umum Terbaik!

September 10, 2016 Fani Rachmita

Jalan-jalan di negeri orang dan berbaur dengan locals adalah esensi sejati dari traveling. Melalui ini, kita bisa melihat lebih dekat kebudayaan dan juga hal unik di negara yang kita tuju. Menggunakan angkutan umum adalah salah satu cara untuk  menjelajah suatu kota atau negara sekaligus berbaur dengan masyarakat sekitar. Namun, tak semua negara sudah mempunyai sistem angkutan massal yang benar. Nah, Anda yang ingin traveling sambil menyicip rasanya naik sistem angkutan massal yang baik dan benar, 5 negara ini bisa Anda masukkan dalam list Anda. (sumber: attn)

HongKong

(foto: speakzeasy.wordpress.com)

Di dunia, HongKong menempati urutan kedua dalam hal infrastruktur termasuk posisi ketiga dalam infrastruktur airport dan angkutan umum berbasis rel, menurut World Economic Forum. Kota ini membangun subway baru dan high-speed railways beberapa dekade belakangan. Perusahaan transportasi publik terbesar di HongKong, MTR, baru-baru ini bahkan mengumumkan akan menggelontorkan dana hingga $7 miliar untuk menggantikan 78 kereta yang sudah beroperasi lebih dari 35 tahun. HongKong menyediakan berbagai pilihan transportasi dan juga infrastruktur yang menunjang mobilitas warganya. Dari berjalan kaki, subway, bus, trem hingga sepeda, semua bisa Anda gunakan dengan nyaman dan mudah.

 

Singapura

(foto: theonlinecitizen.com)

Singapura memang kota negara yang nyaman untuk ditinggali terutama dengan fasilitas transportasi publiknya. Kereta peluru (bullet train) saat ini sedang dalam proses pembangunan yang dapat membawa warga Singapura ke Malaysia atau sebaliknya. Kereta ini rencananya selesai di tahun 2020 dan akan mempunyai kecepatan hingga 220 mph. Singapura juga fokus pada transportasi kereta dan berencana menambah 45 kereta baru di 2018. Dengan kemajuan teknologinya, Singapura juga menciptakan berbagai inovasi dengan membuat teknologi baru di audiovisual untuk keselamatan publik dan teknologi navigasi untuk rute bus yang lebih efisien.

 

Uni Emirat Arab

(foto: 7days.ae)

Sebagai negara di urutan ketiga dalam infrastruktur dan urutan kedua dalam infrastruktur airport, bandar udara Dubai adalah airport tersibuk di dunia dengan hampir 70 milyar orang melakukan aktifitasnya di tahun 2014. Negara ini berencana untuk membangun jalur metro yang akan menghubungkan kota-kota besar dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan dan saat ini sedang menambah jalurnya.

 

Belanda

(foto: bicycledutch.wordpress.com)

Bersepeda adalah kegiatan paling favorit di Belanda, dan negara ini mempunyai banyak jalur sepeda dan jalan untuk mendukung aktifitas warganya. Stasiun kereta di Belanda pun menyediakan garasi parkir untuk sepeda dengan 5,000 spot parkir dan penanda elektronik yang menunjukkan spot parkir yang masih tersedia. Dengan dukungan pemerintah, peneliti di Belanda bahkan menemukan jalanan dengan tenaga surya pertama di dunia dimana dapat membuat jalanan menyala dalam gelap untuk berkendara yang lebih aman di malam hari.

 

Swiss

(foto: railtourguide)

Swiss Federal Railways terkenal akan kualitas dan ketepatan waktunya. Negara ini mempunyai 9,000 kereta yang men-cover hampir 2,000 mil per-hari. Ditemukan juga bahwa 90 persen pengguna Swiss train sampai di tujuan mereka tepat waktu! Sistem transportasi Swiss mempunyai jam yang khas dan sangat terkenal dengan keakuratan dan estetikanya. Penampilan jam ini ditiru Apple untuk Apple Watch yang membuat mereka harus membayar denda $21 juta karena mencontek desain ini. 

The Swiss Federal Railways are famous for their quality and punctuality. The small country has 9,000 trains that cover almost 2,000 miles per day. It has been found that 90 percent of Swiss train riders arrive to their destinations on time, and they make 98 percent of their train connections. The system actually has its own signature clock, and it's famous for its accuracy and aesthetics. The appearance of the clock was allegedly copied by Apple for the Apple Watch. The tech company ended up paying Switzerland $21 million for snatching the design.

Previous Article
Ini Dia Pantai di Spanyol yang Menjadi Lokasi Syuting Baru Game of Thrones
Ini Dia Pantai di Spanyol yang Menjadi Lokasi Syuting Baru Game of Thrones

Sebelumnya, Irlandia Utara menjadi destinasi wisata baru dan mendapat lonjakan wisatawan karena "ketahuan" ...

Next Article
Museum Islam Yang Bertebaran di Dunia
Museum Islam Yang Bertebaran di Dunia

Jejak peninggalan Islam yang bisa dinikmati di berbagai penjuru dunia.

Want more?

Visit our site

Discover