6 Air Terjun dari Sumatera Barat Ini Memanggil-manggil Anda

September 20, 2016 Elfida Lubis

Sarasah atau air terjun adalah salah satu obyek wisata indah yang bakal Anda temukan di Sumatera Barat, selain tujuan wisata melegenda seperti area Bukit Tinggi yang menawarkan obyek Jam Gadang, Janjang Seribu, maupun Ngarai Sianok, sampai pulau-pulau indah yang belakangan naik daun dan diserbu pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri. Bagi Anda yang suka dengan kemegahan sekaligus ketenangan wisata air terjun, berikut beberapa air terjun di Sumatera Barat yang layak untuk didatangi.

 

Foto: minang.co

#1 Air Terjun Nyarai

Air terjun di Hutan Gamaran ini dulunya tersembunyi, namun sekarang menjadi salah satu kebanggaan di Sumatera Barat. Terletak di pedalaman hutan membuat pengunjung harus berjalan kaki sebelum mencapainya. Hutan Gamaran berada di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

 

Foto: finspi.com

#2 Air Terjun Timbulun

Air terjun ini memiliki 7 tingkatan yang masing-masing tingkatan memiliki tantangan tersendiri untuk ditaklukkan. Biasanya, pengunjung memilih untuk berhenti di tingkatan kedua dan menikmati pemandangan yang ditawarkan. Air Terjun Timbulun ada di Kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

 

Foto: wisatasumbar.net

#3 Air Terjun Langkuik Tamiang Malalak

Berlokasi di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Anda akan dihibur dengan deretan air terjun bernama Air Terjun Langkuik Tamiang 1 dan 2, dan masih banyak lagi. Hal ini karena letak geografisnya di kaki Gunung Singgalang sisi barat. Anda bisa mencapai surganya air terjun ini dari kawasan Bukit Tinggi menuju perempatan Padang Luar, lalu ke arah Maninjau.

 

Foto: sumbar1.com

#4 Air Terjun Lubuak Batu Bulan

Air Terjun Lubuak Batu Bulan terletak di Jorong Koto Tinggi, Kubang Balambak, Kabupaten 50 Kota. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini sungguh memesona karena jatuh dari atas atap gua, kemudian alirannya seolah langsung  menghilang tersedot lubang di dasar yang cukup besar sehingga hampir tidak ada genangan air di sekitarnya. Kabarnya, air tersebut muncul lagi sekitar 1 kilometer dari hulu air terjun dan dimanfaatkan sebagai sumber pengairan sawah sekitarnya.  

 

 

Foto: tautanmu.blogspot.com

#5 Air Terjun Tanggo

Air Terjun Tanggo terletak sekitar 8-10 kilometer dari Kantor Bupati Kabupaten 50 Kota, tepatnya di Sarilamak. Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 40 meter. Untuk mencapai air terjun atau sarasah ini diperlukan kesabaran karena harus berjalan kaki terlebih dulu sejauh kurang lebih 300 meter. Namun, pemandangan kanan-kiri yang merupakan hutan konservasi akan membuat Anda betah karena keindahannya. Di bawah air terjunnya juga terdapat lubuak atau tempat pemandian, serta cekungan membentuk gua kecil di bagian belakang air terjun, sehingga memberi pengalaman unik bagi Anda ketika mengunjungi obyek wisata air terjun ini.

 

Foto: minangtourism.com

#6 Air Terjun Lubuak Batang

Berada di Desa Koto Bangun, Kecamatan Kapua IX, Kabupaten 50 Kota, air terun satu ini diapit oleh dua sisi tebing sehingga menambah keindahannya. Selain itu, ada pasir putih layaknya pasir pantai di tengah-tengahnya. Namun untuk mencapainya, perlu sedikit perjuangan. Dari Kota Padang, Anda memerlukan sekitar 6 jam, kemudian dilanjutkan dengan motor yang bisa disewa untuk menuju lokasi air terjun. Anda bahkan bisa mendirikan tenda di sini.

Previous Article
Liburan Ala Film Ini Kisah Tiga Dara
Liburan Ala Film Ini Kisah Tiga Dara

Surga di Timur Indonesia.

Next Article
5 Spot Wisata Baru Yang Super Fantastis di Bandung
5 Spot Wisata Baru Yang Super Fantastis di Bandung

Yang ngaku kekinian harus ke sini.

Want more?

Visit our site

Discover