Tips menjadi Travel Photo Blogger & Videographer.

September 16, 2016 alambudaya


Sudah biasa kita mendengar banyak orang yang memiliki hobi traveling, alias jalan-jalan. Siapa yang tidak suka jalan-jalan, melihat pemandangan indah, dan bertemu dengan orang-orang serta hal-hal baru. Banyak orang mengira bahwa traveling merupakan kegiatan yang menghambur-hamburkan uang. Akan tetapi, berkat kemajuan teknologi internet saat ini, hobi yang satu ini juga bisa menjadi sumber penghasilan. Salah satunya dengan menjadi Travel Photographer dan Videographer. 

Video Incredible Henan, Where China Begin. Video by Barry Kusuma

Travel Fotografer dan Videografer adalah salah satu dari sekian banyak profesi yang bisa membawa kamu traveling keliling dunia, ada banyak profesi yang membuat kamu bisa traveling keliling dunia. Bisa sebagai pelaut, pilot atau pramugari, travel blogger ataupun kerja sebagai jurnalis di media. sudah jalan jalan gratis dibayar pula hmm asik ya.

Bagi banyak orang mungkin asik melihat profesi travel fotografer yang selalu jalan jalan, padahal ketika Travel Photographer sedang bekerja bisa langsung stress kalau cuaca ditempat yang didatangi hujan ataupun kurang bagus. Tekanan deadline pekerjaan, biaya perjalanan yang membengkak, resiko alat hilang pada saat traveling, penduduk lokal yang kurang bersahabat kepada pendatang dan banyak hal lainnya yang menjadi tantangan pada saat traveling


1. Travel Photographer dan Videographer itu butuh persiapan yang matang.

Untuk mendapatkan sebuah foto yang bagus dibutuhkan proses yang cukup panjang, dahulu saya selalu dikasih tahu mentor saya tentang membuat konsep foto sebelum memotret. Konsep foto sebelum memotret itu salah satunya adalah riset, kita harus mencari tahu angle foto dan momen ditempat tersebut. dengan melihat lihat foto dan mencari tahu informasi tentang tempat tersebut. sehingga kita tidak salah memilih lensa yang akan dibawa, dan peralatan apa saja yang kita butuhkan agar bisa mendapat hasil yang maksimal. Riset sangat menentukan hasil karya kita, apakah karya tersebut mirip dengan kebanyakan orang atau foto tersebut bisa membuat karya yang berbeda.

2. Bawa pakaian yang cukup dan tidak berlebihan.


Enjoying so much time in Koh Samui Island Thailand, Im Wearing Levis #511.

Ketika traveling saya selalu membawa koper dan isi koper tersebut setengahnya adalah charger dan tripod (selalu saya taruh dikoper semenjak pesawat tidak boleh lagi membawa tripod kedalam kabin). Untuk celana saya selalu membawa 2 celana Jeans Levis #511 dan beberapa kaos, kenapa saya memilih Jeans Levis untuk traveling, Jeans ini dari jaman saya kuliah sampai sekarang selalu pakai Jeans Levis karena nyaman banget dipake dan awet. Biasanya dalam 2 minggu traveling 1 celana jeans ini bisa saya pakai 1 mingguan, dan terbukti tahan banting buat traveling hehe.

During trip to Chiang Mai Thailand Im wearing Levi's #511 A modern slim with room to move.

Buat kamu yang pingin lebih tahu tentang Jeans Levis #511 ini adalah model slim fit, biasanya saya jarang pakai jeans model slim fit dan lebih banyak pakai model panjang. Tetapi karena traveling butuh kenyamanan, ternyata model Slim Fit dari Levis #511 ini ngepas sempurna pada saat saya pakai. Paling cocok dipakai sama sepatu gunung dan yang penting pakai jeans ini karena modelnya slim fit model ini saya tampak lebih kurus hehe. Memang Traveling itu harus nyaman dan yang terpenting bawalah pakaian secukupnya dan yang penting bisa buat kamu nyaman saat traveling

3. 1 tas Backpack dengan 3 kamera dan lensa.

dalam setiap kesempatan Traveling, biasanya saya selalu membawa 1 tas backpack besar yang isinya adalah 3 body camera mirrorless dan 3 lensa, plus satu drone. Sehingga tidak ada momen yang terlewat. Oiya lensa yang saya bawa lensa wide 7-14mm, 12-35mm dan tele 100-300mm. kenapa 1 body 1 lensa, biar engga ribet ganti2 lensa dan biar menjaga sensor tetep bersih. Soalnya males bersihin foto setelah traveling.

 Video Tips menjadi Travel Photographer & Videographer #LIVE di Metro TV.

4. Update selalu skillmu dengan teknologi.

Menjadi Travel Photographer dan Videografer memang tidak gampang, kita harus passion di Traveling dan selalu mengupdate diri kita dengan skill dan teknologi yang berkembang saat ini. apalagi dengan kemajuan teknologi yang membuat segalanya lebih mudah dan efisien, cepat atau lambat persaingan akan muncul. Apalagi seorang travel fotografer itu mendapatkan penghasilan dari royalty, berbeda dari fotografer yang memotret baru dibayar.

Dunia ini tidak selebar daun kelor ibarat pepatah. Share foto dan artikel kita di social media seperti instagram, twitter, FB dll dan juga di forum kaskus sehingga lebih banyak orang yang membacanya.

5. Buatlah konten yang unik dan sudut pandang yang berbeda dari umum:

Semakin unik dan bagus kontennya, orang akan lebih mudah mengenali kita. Maksudnya begini, kita harus unik dan punya konten yang kuat. Jika kamu jago motret jurnalis atau foto makanan maka perdalamlah, walaupun menjadi seorang fotografer kita harus bisa jago memotret semua bidang fotografi. Tetapi karakter dan spesialiasi itu penting, agar orang mudah mengenali karakter kamu seperti apa. Seperti darwis orang langsung tau beliau jagonya foto model, mendengar ansel adam orang tau dia jagonya landscape, atau jurnalis seperti james natchway dll.


Be creative! Selain menulis, kita harus punya keahlian yang lain seperti memotret. Jadilah travel writer yang jago memotret, dan jadilah fotografer yang juga jago menulis. Tips yang penting lainnya agar bisa sukses adalah konsisten, sebenernya sama sih dengan bidang bisnis apapun. Asal kita bisa smart dan konsisten pasti akan sukses, apalagi kalau kita sudah suka dan passion. Karena skill yang mumpuni ditambah kita mencintai pekerjaan kita profit pasti akan datang dengan sendirinya. proses dan konsisten itulah kunci kita agar bisa survive dan sukses di travel photography.

Photography & Text oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Blue Mountain New South Wales, Bucket list para pencinta alam.
Blue Mountain New South Wales, Bucket list para pencinta alam.

Blue Mountains di New South Wales, Australia merupakan salah satu bucket list traveling saya. Pegunungan in...

Next Article
Fakta Unik tentang Gajah Sumatera.
Fakta Unik tentang Gajah Sumatera.

Indonesia punya banyak satwa endemik dan asli daerah tersebut, seperti komodo misalnya. Lalu ada orang utan...