Jadilah Traveler Bertanggung Jawab

October 10, 2016 Elfida Lubis

 

Semakin ke sini, traveling semakin dipandang sebagai gaya hidup, bahkan lebih. Traveling bisa jadi upaya untuk melestarikan keasrian alam dan kearifan budaya setempat, lho. Hal tersebut mungkin kalau saat jalan-jalan ke tempat baru, kita bertingkah layaknya traveler, bukan turis apalagi turis yang tidak bertanggung jawab dan hanya mau enaknya sendiri. Berikut adalah tips dasar supaya kita jadi traveler yang baik. 

 

Foto: nabilrental.com

1. Makan, Minum, Belanja, dan Menginap ala Lokal 

Cara terbaik mendukung komunitas lokal adalah, tak perlu diragukan lagi, dengan sebisa mungkin melakukan semua serba lokal di tujuan jalan-jalan Anda. Menyicipi makanan dan minuman lokal, membeli produk-produk lokal, berinteraksi sebanyak-banyaknya dengan penduduk lokal, sampai ikut melakukan aktivitas yang biasa dilakukan orang lokal tidak hanya dapat membantu menjaga kearifan lokal, namun juga membuat tujuan dari traveling Anda lebih tercapai.

 

Foto: nomadisbeautiful.com

2. Menjaga Kesopanan Seperti Tamu

Meski Anda melakukan semua aktifitas serba lokal, bukan berarti Anda bisa bertingkah "seenaknya". Tetaplah ingat bahwa Anda adalah seorang "tamu" di tanah asing. Hargai tata krama yang berlaku di sana, bagaimana cara mereka berpakaian, berkomunikasi, dan hal lainnya yang menjadi norma umum di sana. Tetaplah sopan dan minta izin untuk melakukan hal-hal yang baru bagi mereka, seperti misalnya mengambil foto atau lainnya.

 

Foto: dohanews.co

3. Jauhi Hal Yang Bukan Urusanmu

Pasti ada banyak hal baru yang di luar kebiasaan bakal Anda temukan di tempat tujuan. Misalnya saja, mungkin tempat yang dikunjungi tidak bersih seperti kota asal Anda, orang-orang seakan bebas membuang sampah sembarangan. Namun, bukan berarti kondisi tersebut menjadi "izin" untuk Anda melakukan hal yang sama atau bahkan repot-repot menjadi "polisi" kebersihan. Tetaplah menjaga kebiasaan baik dengan membuang sisa-sisa sampah Anda pada tempatnya.

 

Foto: choice.com.au

4. Hemat Air & Energi

Kegiatan menghemat sumber energi ini seyogyanya memang tidak hanya dilakukan di tempat asal Anda, melainkan di belahan bumi mana pun yang sedang Anda kunjungi. Apalagi kalau tempat tujuan tersebut adalah daerah dengan tingkat persediaan sumber energi terbatas, daerah di mana penduduknya tidak sebebas Anda dalam menikmati air bersih, terlebih hangat, untuk mandi. Kembali ke poin pertama, bertindaklah seperti warga setempat. 

 

Foto: brit.co

5. Tahu Batasan Saat Menawar

Di beberapa negara, tawar-menawar saat berbelanja itu sudah biasa. Anda bisa ikut budaya ini namun perlu diingat, menawarlah secara wajar. Pikirkan lagi soal bagaimana nilai yang Anda tawar tersebut memiliki value bagi kemajuan usaha atau bisnis lokalnya. 

Previous Article
Main ke Taman
Main ke Taman

Jangan hanya belanja, main ke taman juga dianjurkan kalau kamu ke Bandung.

Next Article
10 Atraksi Menarik Bukan Pantai di Manado
10 Atraksi Menarik Bukan Pantai di Manado

Yang bukan pantai atau taman bawah laut juga ada di Manado.

Want more?

Visit our site

Discover