Fakta Unik dan Menarik Bangkok Thailand.

October 14, 2016 alambudaya


Bangkok termasuk salah satu kota di luar negeri yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia. Bangkok City atau nama aslinya Krung Thep adalah ibukota dari Thailand. Dengan banyaknya kuil dan budaya di sana, Bangkok dikunjungi 11 juta turis setiap tahunnya. Bangkok punya paket lengkap dari wisata alam, budaya bahkan sampai wisata malam. Selain itu di Bangkok ada banyak fakta unik dan menarik, apa saja, ya?

1. Bangkok punya nama kota terpanjang di dunia. Nama asli Bangkok sebenarnya adalah “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit”, dan sudah didaftarkan sebagai nama kota terpanjang di Guinness Book of World Records!

2. Kota paling besar di Thailand. Sama seperti ibukota Jakarta, Kota Bangkok adalah kota terbesar sekaligus kota dengan populasi terbanyak di Thailand.Banyak tempat bersejarah di Thailand.


3. Banyak peraturan aneh dan unik. Bangkok punya sejumlah peraturan yang cukup unik, seperti salah dilarang meninggalkan rumah tanpa memakai pakaian dalam, tidak boleh menyetir mobil sambil bertelanjang dada, dan terakhir dilarang menginjak mata uang Thailand karena dianggap tidak sopan sebab ada foto Raja Thailand di situ. Kalau ketahuan melanggar, Anda akan dipenjara.

4. Pencipta Red Bull. Minuman ini sering saya lihat di MotoGP, saya kira minuman ini berasal dari Amerika. Ternyata, minuman energi Red Bull yang sangat terkenal di dunia ini dibuat di Bangkok oleh Chaleo Yoovidhya pada tahun 1976. Pada tahun 2012, di saat kematiannya, Chaleo adalah orang terkaya ketiga di Thailand dengan perkiraan kekayaan sebesar $5 juta.

5. Pemimpin negara terlama di dunia. Mereka punya Raja yang sangat disayangi dan dihormati oleh rakyatnya, yaitu Bhumibol Adulyadej dan menjadi raja pada tahun 1946. Dia adalah kepala negara terlama di dunia dan monarki terpanjang. Raja Bhumibol ini juga sangat pintar karena mempunyai gelar insinyur dan mempunyai hak paten atas penyemaian awan. Dan tebak siapa yang menyusun lagu nasional Thailand? Yap, Bhumibol Adulyadej orangnya.Menikmati tari-tarian tradisional di malam hari.


6. Patung Buddha emas terbesar ada di sini. Buddha adalah agama yang banyak dianut oleh masyarakat Thailand dan mulai berkembang dari Nepal pada masa sebelum Masehi. Patung Buddha terbesar terletak di dalam Wai Traimit di Chinatown dengan berat sekitar 5.5 ton dan tinggi 9.8 kaki. Diperkirakan patung ini bernilai sekitar $ 250 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

7. Salah satu kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia. Sama seperti Jakarta, karena banyaknya kendaraan dan berbagai industri yang ada di Kota Bangkok, polusi di kota Bangkok pun semakin parah, sampai-sampai 15% dari polisi Bangkok menderita penyakit paru-paru.

8. Perang air di jalan. Ada kegiatan unik di Bangkok yaitu perang air terbesar di seluruh dunia yang disebut sebagai festival Songkran pada liburan tahun baru. Ini adalah atraksi wisata yang sangat terkenal bagi turis, sehingga banyak sekali turis mancanegara yang datang untuk ikut dalam festival ini. Kalau ingat Songkran, saya teringat dengan Festival Erau di Kutai Kartanegara, ada festival berlimbur yang juga perang air dan yang kena tak boleh marah. Unik, ya? Tradisi unik yang dirayakan orang Thailand.


9. Kamar mandi transgender. Waria atau Wanita Pria mendapat persamaan hak di Thailand, sehingga kita bisa banyak menemui waria di sini. Jangan salah lho, banyak dari mereka yang sukses dan menjadi artis terkenal. Karena itulah, di Bangkok terdapat 3 macam kamar mandi yaitu, kamar mandi wanita, pria, dan transgender.

10. Rasa cinta terhadap pemimpin negara. Raja Thailand sangat dihormati rakyatnya sehingga kita bisa melihat berbagai macam potret keluarga kerajaan yang ada di mana-mana. Ingat, jangan sampai Anda mengejek atau menertawakan gambar keluarga kerajaan Thailand karena hal itu ilegal. Contoh lain betapa besarnya rasa cinta terhadap raja Thailand adalah di teater, sebelum film dimulai, lagu raja dinyanyikan dan semua orang diharuskan untuk berdiri, jika tidak, Anda akan berakhir di penjara. Wow.

Apakah kamu sudah tahu fakta-fakta unik tentang Thailand di atas?

How To Get There.


ada banyak cara ke Bangkok dan menikmati liburan yang berkualitas, salah satunya adalah memilih maskapai yang nyaman dan punya track record tepat waktu. waktu berkunjung ke Thailand kebetulan saya memilih pesawat Bangkok Airways www.bangkokair.com selain harganya bersahabat ternyata ketika berangkat saya naik Garuda Indonesia, ternyata kedua maskapai ini bekerja sama (code share) dengan Garuda Indonesia, karena airlines ini dikenal sebagai Asia Boutique Airline yang full service.

Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer & Videographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Barry Kusuma Youtube Channel)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Menikmati Pesta Kembang Api di Darling Harbour.
Menikmati Pesta Kembang Api di Darling Harbour.

Untuk bisa menikmati pesta kembang api biasanya kita harus menunggu tahun baru atau acara besar, tetapi di ...

Next Article
Rekomendasi Kuliner di New South Wales Australia.
Rekomendasi Kuliner di New South Wales Australia.

Video Traveling New South Wales Australia, Video by Barry Kusuma. Australia adalah salah satu tempat favori...