Menjelajah Tanah Borneo

October 28, 2016 Elfida Lubis

Pesona Borneo masih asing di sebagian orang. Kalimantan Timur yang beribukotakan Balikpapan menyimpan pesona yang menanti untuk dibongkar. Datang dan buktikan sendiri di kota yang termasuk penghasil minyak terbesar di Indonesia tersebut.

 

 

1. Pantai Melawai

Foto: nusatrip.com

Pantai Melawai yang terletak tak jauh dari “jalan minyak” atau jalan tempat berbagai perusahaan minyak berdiri, tepatnya sebelum Pelabuhan Semayang. Kapal tanker dan pengangkut tongkang batubara adalah pemandangan umum di lepas pantainya. Banyaknya pedagang makanan cukup menarik perhatian warga untuk datang sambil menikmati pemandangan dan udara alam yang menyegarkan.

 

2. Pantai Kemala

Foto: Wego

Jauh lebih bagus dari Pantai Melawai karena memiliki pasir yang halus serta pohon kelapa di tepiannya. Ombaknya yang relatif kecil juga menjadikannya aman sebagai spot bermain anak-anak. Banyak restoran dan kafe di sana sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila merasa kapar.

 

3. Pantai Manggar

Pantai satu ini letaknya agak jauh dari pusat kota namun kamu akan senang begitu sampai di sana. Pantai Manggar sangat panjang dengan pohon-pohon cemara berjajar menghiasi pinggirannya. Pasirnya berwarna cokelat dengan tekstur halus sehingga nyaman jadi tempat bermain. Terdapat fasilitas permainan air seperti banana boat dan penyewaan pelampung, tak ketinggalan warung makan.

 

4. Bukit Bangkirai

Foto: topindonesiaholidays.com

Bukit Bangkirai adalah wisata hutan hujan tropis alami di Jalan Raya Soekarno-Hatta Km. 38, Kecataman Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara. Dikelola resmi oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI), kawasan seluas 1.500 hektar ini adalah tempat yang pas untuk kamu menikmati kesegaran di alam terbuka selagi ada di Balikpapan. Terdapat aneka flora dan fauna, dan obyek menarik seperti jembatan tajuk gantung yang terbentang 64 meter di atas ketinggian 30 meter dari permukaan tanah. Jembatan ini menghubungkan 5 pohon bangkirai yang masing-masing pohon berjarak 10-15 meter. Canopy bridge di sini adalah yang pertama di Indonesia, kedua di Asia, dan kedelapan di dunia. Selain itu, ada pula 7 jalur trekking dengan panjang sekitar 150 meter hingga 6 kilometer. Tutup petualanganmu dengan mendirikan tenda di lapangan datar berumput.

 

5. Pantai Lamaru

Foto: budisusilo85.blogspot.com

Pantai Lamaru terletak di Desa Teritip. Pasir pantainya cukup landai dan tak banyak terumbu karang. Ombaknya pun relatif tenang dan tepi pantai yang rimbun berkat banyaknya pepohonan akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Kamu bisa main perahu kayuh atau naik andong dan menunggang kuda menyusuri pantai.

 

6. Pantai Banua Patra

Foto: portalbalikpapan.com

Pantai ini memiliki batu-batu karang dan sangat ramai menjelang sunset. Kamu bakal puas menikmati kemegahan bentang alam di sini.

 

7. Danau Cermin Lamaru

Foto: PegiPegi

Danau di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur ini sayang rasanya untuk dilewatkan kalau kamu sedang berada di kota tersebut. Air danau yang begitu jernih memantulkan segala keindahan di sekelilingnya.

 

8. Hutan Bakau Margomulyo 

Foto: miner8.com

Kawasan konservasi mangrove di dekat pusat kota ini juga merupakan habitat aneka burung, ikan dan hewan lain. Hutan yang begitu asri ini akan menyejukkan mata dan membuat pikiran jadi tenang.

 

9. Penangkaran Buaya Teritip

Foto: beritadaerah.co.id

Penangkaran buaya ini memiliki sekitar 3.000 ekor buaya dari berbagai jenis, seperti air tawar, supit, dan muara. Jumlahnya lebih banyak dibanding di Asam Kumbang, Medan. Kalau berani, kamu bisa memberi makan buaya dengan seekor ayam yang dibeli di sana.

 

10. Kampung Atas Air Margasari

Menawarkan pemandangan deretan rumah kayu di atas air. Area perkampungan ini dibangun sejak tahun 2000 dan menjadi obyek wisata menarik selama di Balikpapan. Di malam hari, suasananya bakal lebih indah lagi berkat lampu-lampu yang sinarnya memantul di air.

 

 

Previous Article
Honeymoon ke Tempat Anti Mainstream
Honeymoon ke Tempat Anti Mainstream

Tentukan tujuan honeymoon anti mainstream kamu di sini.

Next Article
Selalu Ada Yang Baru Yang Membuatmu Jatuh Cinta Pada Yogyakarta
Selalu Ada Yang Baru Yang Membuatmu Jatuh Cinta Pada Yogyakarta

Jangan lupa ke sini kalau ke Yogyakarta (lagi).

Want more?

Visit our site

Discover