7 Spot Jalan-jalan di Pusat Kota Balikpapan

November 4, 2016 Elfida Lubis

Kamu yang memiliki tidak banyak waktu tersisa untuk jalan-jalan setelah urusan bisnis di Balikpapan, main ke spot-spot ini saja, yuk. Letaknya di pusat kota kok, jadi tidak membutuhkan banyak waktu untuk dijelajahi.

 

 

 

1. Taman Bekapai

Taman Bekapai ang terletak di jantung kota Balikpapan ibarat simbol kebangaan kota sebagai salah satu penghasil sumber daya alam minyak. Terdapat monumen perunggu atau patung berbentuk abstrak lengkap dengan air mancur. Apabila disorot dengan pencahayaan, air mancur terlihat seperti semburan minyak bumi. Kamu bisa duduk-duduk santai di bangku-bangku yang disediakan di bawah pepohonan rindang. Fasilitas Free Wi-Fi membuat taman ini semakin menyenangkan.

 

2. Monumen Mathilda

Monumen Mathilda berada di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina. Sumur yang ditemukan pertama kali oleh Belanda pada 10 Februari 1897 ini adalah sumur minyak pertama yang ada di kota Balikpapan. Sekarang, sumur telah ditutup karena tidak menghasilkan minyak mentah lagi dan dijadikan monumen.

 

Foto: portalbalikpapan.com

3. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)

Monumen ini adalah simbol keberanian rakyat Balikpapan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Dari sini, kamu juga bisa menikmati view pantai yang berdampingan dengan monumen.

 

4. Mahavihara Buddha Manggala

Tempat suci umat Budha ini menjadi salah satu destinasi religi yang menarik di Balikpapan. Di sana ada Candi Modern, Patung Budha Tidur, serta area nyaman untuk bermeditasi.

 

5. Gunung Dubs 

Gunung Dubs sebetulnya adalah dataran tinggi di mana terdapat kompleks perumahan pertamina yang juga tak jauh dari kilang minyak. Pemandangan kota tampak cantik dari sini, terutama di malam hari.

 

Foto: balikpapandiscovery.com

6. Pasar Inpres Kebun Sayur

Pasar Inpres Kebun Sayur terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Karang Jati. Tidak seperti namanya, pasar ini menjual berbagai macam suvenir khas Kalimantan, mulai dari gantungan kunci, miniatur rumah adat Dayak, gelang, kalung, sampai mandau, senjata khas suku Dayak. Makanan khas untuk oleh-oleh pun bisa dibeli di sini.

 

7. Carribean Island Waterpark

Carribean Island Waterpark yang berada di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II) adalah waterpark pertama di Balikpapan. Kalau kamu datang ke Balikpapan bersama keluarga, mengajak mereka ke sini pastinya merupakan kegiatan liburan yang menyenangkan.

 

 

 

 

Previous Article
5 TIPS Supaya Weekend Getaway Mulus
5 TIPS Supaya Weekend Getaway Mulus

Bagaimana mengisi weekend yang singkat dengan jalan-jalan tanpa rempong.

Next Article
Honeymoon ke Tempat Anti Mainstream
Honeymoon ke Tempat Anti Mainstream

Tentukan tujuan honeymoon anti mainstream kamu di sini.

Want more?

Visit our site

Discover