Menguasai Teknik Packing Light

November 4, 2016 Elfida Lubis

Kuasai teknik packing light supaya kamu nyaman dalam perjalanan.

 

Hindari Tas Beroda

Foto: ingenioustravel.com

Ya, kalau mau packing light, suitcase hanya membuatmu memasukkan barang lebih banyak padahal bisa saja kamu tak membutuhkannya. Pilih backpack yang sekiranya cukup besar. Atau, pilih duffel bag yang juga memiliki back strap sehingga bisa dibawa dengan 2 cara. Menggeret tas akan membuat tanganmu tak bebas bergerak. Juga, banyak rintangan di jalan dan anak tangga yang bakal kamu jumpai. 

 

Lakukan dari Awal

Packing di menit-menit terakhir dijamin membuatmu gagal mempraktekkan packing light karena kamu terlalu capek untuk membongkar ulang apabila terjadi salah perhitungan saat packing. Lakukan seminggu atau paling tidak 3 hari sebelum berangkat. Ini akan membuatmu mempunyai cukup waktu mengutak-atik isi tas yang sekiranya belum pas.

 

Masukkan Apa Yang Harus

Foto: stylerevel.com

Yang kamu masukkan ke dalam tas adalah apa yang harus dibawa, bukan apa yang bisa dibawa seandainya terjadi hal atau kondisi tertentu. Beda kan? Bawa yang paling sering kamu pakai di tempat asal karena itulah yang biasanya menyelamatkan segala situasi. Kemungkinan memang bisa terjadi, namun kamu bisa mengatasinya dengan solusi praktis di tempat tujuan tanpa harus mengorbankan hal yang lebih besar. Jadilah fleksibel, itulah makna traveling sesungguhnya.

 

Packing Untuk Seminggu

Foto: blog.tortugabackpacks.com

Meski kamu bepergian selama 2 minggu, tetap packing untuk seminggu. Selain kamu lebih mudah membayangkan apa yang akan dipakai selama seminggu, biaya laundry lokal di tempat tujuan juga jauh lebih murah dibanding harus kelebihan bagasi. Untuk benda kecil seperti pakaian dalam, kaus kaki, dan lainnya bisa dicuci sendiri kok selama di penginapan.

 

Mending Berlapis Daripada Tebal

Kalau kamu traveling ke tempat bersuhu dingin, memakai baju berlapis lebih efisien dibanding baju hangat yang super tebal. Kalaupun ada 1 baju hangat tebal yang dibawa, pakai langsung alih-alih disimpan dalam tas.

 

Prioritas

Prioritaskan barang mana yang mau Anda bawa. Bila semua barang yang penting sudah masuk ke dalam tas, mungkin ada beberapa barang yang tidak bisa masuk ke dalam tas. Solusinya, pakai barang tersebut. Triknya, taruh di saku baju atau celana, jangan di jaket. Gunakan sepatu Anda dibanding sendal. Tambahan tas kecil untuk membawa souvenir juga bisa Anda gunakan.

 

Compressor Bag

Familiar dengan compressor plastic yang biasa dipakai untuk menyimpan makanan agar tidak cepat terkontaminasi? Ternyata compressor bag ini ada versi travelingnya. Bahkan sudah tersedia dalam berbagai ukuran. Anda bisa mem-vakum beberapa tumpuk pakaian sekaligus di dalam plastik kemudian dikempiskan hingga maksimal. Ini akan memberikan banyak ruang pada tas Anda. Yang kurang menguntungkan, compressor bag ini hanya sekali pakai. Jadi untuk perjalanan pulang, sisakan beberapa lembar plastik lebih banyak in case Anda membawa oleh-oleh.

 

Tech-Savvy

Pilih gadget yang benar-benar kamu butuhkan, termasuk urusan kamera. Dengan ini, kamu tidak perlu membawa banyak kabel atau bawa 1 jenis kabel dengan ujung bercabang untuk bermacam perangkat teknologi. 

Previous Article
Ngapain Aja Sih di Gili Trawangan?
Ngapain Aja Sih di Gili Trawangan?

Selain main pasir, ngapain lagi di Gili Trawangan?

Next Article
Ide Akhir Pekan Seru!
Ide Akhir Pekan Seru!

Mungkin, kamu ngerasa akhir pekanmu monoton karena belum membaca artikel berikut.

Want more?

Visit our site

Discover