Pantai di Jawa Barat Tak Kalah Indah (Part 1)

November 15, 2016 Elfida Lubis

Sebagian besar wilayah Provinsi Jawa Barat berbatasan dengan laut,  sehingga memiliki garis pantai cukup panjang. Tak heran, banyak pantai di wilayah tersebut yang bisa kamu kunjungi sebagai obyek wisata.

 

 

1. Pantai Apra Cianjur

Nama pantai ini ternyata berasal dari pemberontakan APRA (Angkatan Perang Rakyat Semesta) karena katanya ada benteng di sini meski sekarang sudah tidak ada jejaknya lagi. Terletak di Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur, kamu harus sedikit lebih waspada karena ombaknya cukup besar. Di sore hari, pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh mereka yang ingin menyaksikan matahari terbenam.

 

2. Pantai Jayanti Cianjur

Foto: indonesiaexplorer.net

Pantai yang berada di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur ini masih bebas dari polusi, lho. Soalnya, termasuk pantai baru yang dibuka untuk pariwisata. Selain menikmati pemandangan pantai dan sekitarnya yang indah, di sini kamu juga bisa melihat tempat pelelangan ikan dan menyantap ikan bakar segar di restoran yang ada di sana. 

 

3. Pantai Sereg Cianjur

Foto: travelercianjur.blogspot.com

Pantai Sereg terletak di Kecamatan Sindangbarang, Cianjur Selatan, sekitar 120 kilometer arah selatan dari Kota Cianjur. Tak jauh berbeda dari Pantai Jayanti, pantai ini masih sepi dan belum terjamah banyak orang. Patut untuk diperhitungkan.

 

4. Pantai Batu Hiu Pangandaran

Foto: indonesia-tourism.com

Pantai Batu Hiu yang berjarak sekitar 14 kilometer ke arah selatan dari kawasan Pangandaran terkenal karena memiliki ciri khas berupa batu karang besar menyerupai ikan hiu. Terletak di desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, kamu bisa menyaksikan pemandangan indah Samudera Hindia membentang di depan, berbatasan dengan perbukitan hijau. Di sini juga ada penangkaran penyu, lho.

 

5. Pantai Batu Karas Pangandaran

Foto: beachpangandaran.com

Terletak di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, banyak yang bilang kalau pantai ini merupakan gabungan dari Pangandaran dan Batu Hiu. Pantai Batu Karas berombak tenang dan berkontur landai sehingga membuat orang betah berlama-lama main pasir dan air di sini. Kamu pun bisa berperahu sampai berkemah di sini.

 

6. Pantai Karapyak Pangandaran

Pantai ini ada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Memiliki panorama indah dengan fasilitas lumayan lengkap, seperti tempat makan, pondok wisata, tempat pelelangan ikan, dan tempat ibadah.

 

7. Pantai Lembah Putri Pangandaran

Foto: ngabolangngabolang.blogspot.com

Pantai Lembah Putri terletak di Desa Ciputrapinggan, Kecamatan Kalipucang, sekitar 85 kilometer dari kota Ciamis ke arah selatan. Dari ketinggian bukitnya, kamu bisa melihat hamparan lautan yang luas, perbukitan hijau, sampai Pangandaran Waterpark. Di sana pun ada tembok seolah miniatur tembok China.

 

8. Pantai Madasari Pangandaran

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, sekitar 39 kilometer dari Pangandaran ke arah barat. Di sini, saksikan kedahsyatan deburan ombak menerpa bukit karang, dan pulau-pulau kecil berpadu hijaunya dataran Desa Masawah. Ada jalan setapak yang menghubungkannya dengan Pantai Batu Karas.

 

 

9. Pantai Cibangban Sukabumi

Foto: travelvit.com

Pantai Cibangban terletak di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kamu bisa berenang di pantai ini, karena kondisinya relatif aman.

 

10. Pantai Citepus Sukabumi

Foto: jelajahsukabumi.com

Pantai Citepus adalah salah satu pantai favorit di Sukabumi yang terletak di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhan Ratu. Pantai Citepus selalu menarik wisatawan lokal untuk berkunjung mencari kehangatan laut selatan. Kadang penduduk setempat melakukan penangkapan ikan-ikan kecil untuk diternakkan di sungai yang ada di sekitar kampung. Selain terkenal dengan pantainya yang bersih, pengunjung sering berekreasi di akhir pekan.

 

11. Pantai Karang Hawu Sukabumi

Foto: initempatwisata.com

Pantai Karang Hawu terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, sekitar 73 kilometer dari Sukabumi. Menurut warga setempat, pantai ini merupakan singgasana Lara Kadita, putri Prabu Siliwangi yang lebih dikenal dengan nama Nyi Roro Kidul. Konon, singgasana tersebut ada di atas bukit karang yang menjorok ke lautan lepas Samudra Hindia, yang menjadi ciri khas panorama alam di sana. Kata "hawu" sendiri berarti "tungku" dalam Bahasa Sunda. Diberikan karena bentuk karang yang menyerupai tungku.

 

12. Pantai Minajaya Sukabumi

Foto: smanistravelers.blogspot.com

Bagi masyarakat Surade, Pantai Minajaya merupakan tempat rekreasi untuk keluarga sambil memasak nasi dan membakar ikan. Pesisir pantainya yang datar dan ombaknya yang tidak besar pas untuk keluarga dengan anak kecil menghabiskan waktu di sini.

 

13. Pantai Pangumbahan Sukabumi

Foto: initempatwisata.com

Pantai Pangumbahan Sukabumi memiliki panjang pantai mencapai 2,3 kilometer. Kamu dapat melihat penyu hijau yang sedang bertelur secara langsung di sini. Selain itu, aktivitas edukatif melepas tukik dilakukan setiap sorenya, sambil menikmati keindahan laut.

 

14. Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Foto: sukabumi.kotamini.com

Nama Ujung Genteng sudah terkenal di kalangan pecinta liburan ke pantai. Terletak di Jampang Kulon, Jalan Raya Ciangen, Kota Lengkong, Desa Sampora, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, pantai ini menawarkan beach life menawan berkat keindahan panoramanya. Ada cottage dan bungalow di sana yang bisa kamu sewa selama menghabiskan liburan.

 

15. Pantai Cijayana Garut

Foto: garutgarutgarut.blogspot.com

Berada di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, pantai ini mempunyai pasir halus berwarna putih kecoklatan dengan air biru yang bakal membuat kamu betah bermain di sini. Suasananya yang tenang cocok untuk menikmati pemandangan dan hunting buat yang gemar fotografi.

 

 

 

Previous Article
Alat Ini Membantu Anda Tidur Nyenyak Saat Traveling Sekaligus Membuat Malu. Berani Coba?
Alat Ini Membantu Anda Tidur Nyenyak Saat Traveling Sekaligus Membuat Malu. Berani Coba?

Alat-alat ini meski dapat membantu tidur Anda, juga mempunyai bentuk yang...........memalukan dan aneh.

Next Article
Menikmati Natal dalam Salju Indah di Negara Ramah Visa Berikut
Menikmati Natal dalam Salju Indah di Negara Ramah Visa Berikut

"I'm dreaming of a white christmas..."

Want more?

Visit our site

Discover