Formula Rahasia Traveling Untuk Hidup Lebih Bahagia

November 17, 2016 Elfida Lubis

Formula yang kamu alami, rasa, dan dapat dari bertualang saat traveling, ternyata bisa dipakai dalam menjalani hidup. Menurut Jon Levy dalam bukunya yang berjudul "The 2 AM Principle: Discover the Science of Adventure", petualangan bukanlah sesuatu yang random, bukan sesuatu yang dicari untuk membunuh kebosanan. Namun, petualangan adalah cara yang bisa dipakai untuk menciptakan hidup lebih bahagia. Berikut adalah formula rahasia traveling yang bisa bikin hidupmu lebih bahagia. (Foto: Pixabay)

 

 

1. Kamu Adalah Siapa Temanmu

Pernah dengar idiom di atas? Ada benarnya karena kita memang kerap "terkontaminasi" menjadi seperti orang-orang yang sering menghabiskan waktu bersama kita. Jadi, jika kamu ingin mengalami hidup yang menarik, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang menginspirasi. Seperti halnya traveling, yang membuat kita berkenalan dengan orang-orang baru dengan tujuan hidup besar. 

 

2. Katakan, "Ya!"

Sesuatu yang menakutkanmu, tidak akan membunuhmu. Maka, tidak ada salahnya melakukan sesuatu yang baru, atau bahkan sudah lama dibayangkan namun masih ragu untuk dilakukan. Kapan lagi melakukan bungee jumping kalau bukan sekarang? Seperti halnya hidup, ambil lompatan besar yang membawamu kepada kesempatan-kesempatan baru. 

 

 

3. Buat Komitmen Yang Tak Kamu Pahami

Dengan kata lain, buat goal yang terdengar gila dan terkesan impossible. Biarkan dirimu mengetahui bagaimana cara untuk mencapainya seiring waktu berjalan, selama motivasi terus terjaga. Karena manusia pada umumnya lebih termotivasi dan produktif ketika dihadapkan pada hal baru yang menantang. Jon Levy memberi ilustrasi sebagai berikut. Tiap tahun, dia selalu menentukan travel goal, yaitu pergi ke festival terkenal di tiap negara. Bahkan, tanpa mengetahui bagaimana cara ke sana dan cara membiayainya. "Kalau saya tidak menentukan tujuan yang berani, saya tidak akan pernah ke mana-mana," jelas laki-laki yang sudah traveling ke-7 benua ini. 

 

 

4. Bukan Tujuannya, Melainkan Prosesnya

Hidup bukanlah soal tujuan akhir, melainkan proses, seperti halnya traveling. Anugerah terbesar adalah mengetahui bahwa diri kita memiliki kemampuan untuk berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar, sesuatu yang tidak disangka-sangka sebelumnya.

 

 

Previous Article
Cari Tempat Glamping di Sekitar Jakarta
Cari Tempat Glamping di Sekitar Jakarta

Hari gini belum pernah glamping?

Next Article
10 Tujuan Wisata Cocok Untuk Introvert Seperti Kamu
10 Tujuan Wisata Cocok Untuk Introvert Seperti Kamu

Privasi terjaga kalau liburan di sini.

Want more?

Visit our site

Discover