Fakta Unik & Menarik tentang Korea Selatan.

December 4, 2016 alambudaya

-->

Tahukah kalau Korea Selatan itu salah satu tujuan wisata orang Indonesia, ternyata yang membuat destinasi ini begitu digandrungi oleh remaja adalah KPOP dan film Drama Korea.

Selain keindahan alamnya yang begitu indah, budaya di Korea Selatan juga sangat menarik. Sehingga selalu saja ada hal-hal yang menarik seperti tradisi, makanannya yang beragam, baju adatnya yang indah dan menarik untuk dilihat, serta drama-drama Koreanya yang popular. Drama Korea ini ternyata tidak hanya popular di Indonesia saja tetapi popular di dunia yang lain. Saya punya teman wanita yang sangat tergila gila dengan drama Korea dan itu membuat dia bolak balik mengunjungi Korea Selatan ini lebih dari lima kali.

Ketika saya traveling selama 6 hari di Korea Selatan, saya banyak menemukan fakta unik dan menarik mengenai Korea Selatan. Yang bisa membuat bakalan pingin mengunjungi Korea Selatan, apa saja keunikan tersebut.

1. Walaupun Korea adalah negara maju seperti Jepang, tetapi biaya hidup seperti makan tidak semahal Jepang lho. Lebih mahal sedikit daripada makan di Jakarta, tetapi masih rasional lah dan enak enak tentunya.

2. Ternyata sebanyak 2 juta orang yang berasal dari Korea Selatan tinggal di kota-kota besar di Seattle, Chicago, serta New York. Perpindahan ini pertama kali terjadi pada tahun 1903 dan hingga kini masih terjadi beberapa perpindahan keluar Korea Selatan serta ada pula yang juga pindah ke Korea Selatan. Kebanyakan dari mereka pindah keluar negeri konon karena adanya wajib militer yang diterapkan di negara ini.

3. boleh percaya atau tidak kalau orang-orang Korea sangat menyukai kentang manis yang mana hampir semua makanan yang akan mereka sajikan akan dicampur dengan kentang manis seperti sajian utama, makanan penutup, cemilan, salad, pizza, dan sebagainya. Tidakkah mereka bosan? Tentu tidak.

4. Orang Korea Selatan itu sangat menyenangi makanan sehat seperti sayur. Kimchi adalah makanan yang wajib ada di meja makan, kimchi yang merupakan kol yang didiamkan selama berbulan-bulan ternyata bisa dipadukan dengan makanan apapun. Faktanya, resep kimchi pertama kali ditulis pada 1250 SM. Lebih dari 170 resep bisa dipadukan dengan kimchi.

5. Korea Selatan mempunyai minuman khas yang populer bahkan juga dijual di Indonesia. Minuman ini bernama Soju. Soju adalah arak beras yang disuling menjadi arak terlaris di dunia selama 11 tahun berturut-turut. Di Korea, tidak ada larangan untuk orang-orang untuk bisa mengkonsumsi alcohol di tempat umum. Mereka dibebaskan untuk membawa berbotol-botol arak beras ini dan meminumnya di manapun mereka ingin.

6. Korea Selatan pusatnya fashion, terutama bagi wanita yang suka berbelanja. Karena orang Korea terkenal sebagai negara yang sangat update mengenai fashion seperti baju, make up, dan fashion lainnya, ternyata tidak hanya wanita di Korea yang menggilai penggunaan kosmetik namun juga pria. Bahkan diperkirakan mereka bisa menghabiskan 900 juta US$ per tahun dengan perbandingan seperempat jumlah kosmetik di dunia.

7. Orang-orang Korea selatan juga suka berbelanja karena negara pusat fashion ini punya beberapa pusat perbelanjaan terbesar di dunia. Pusat perbelanjaan ini bahkan buka hingga jam 4 pagi. Korea selatan ini juga menjadi pengguna kartu kredit terbesar di dunia sejak tahun 2011 karena ada 130 transaksi yang dilakukan tiap orang per tahun.

8. Dari banyaknya festival yang ada di Korea selatan, sebuah festival yang bernama Harvest Moon Festival adalah yang terbesar karena diikuti oleh 20 juta orang Korea selatan yang bepergian ke kampung halaman masing-masing untuk mengunjungi kuburan anggota keluarga mereka yang sudah tiada dan membawa makanan untuk diletakkan di depan kuburan mereka.

9. Kalau kamu ingin operasi plastic supaya tambah cantik, datanglah ke Korea. Karena disini sangat banyak klinik klinik kecantikan. Karena kebanyakan orang Korea sangat memperhatikan kecantikan, baik itu untuk urusan pekerjaan, urusan percintaan, atau untuk pencitraan diri mereka sendiri supaya tampil baik di depan semua orang. Tidak heran Korea menjadi pasar terbesar untuk mengubah penampilan wajah atau fisik seseorang yang dikenal dengan sebutan operasi plastic. Sepertiga dari jumlah orang yang ada di Korea hampir semuanya telah melakukan operasi plastic.

10. Konon katanya kematian karena bunuh diri di Korea Selatan termasuk tinggi di dunia, hampir sama seperti di Jepang. Alasan sebagian besar mereka bunuh diri karena tidak tahan dibully oleh temannya karena tampang mereka yang jelek. Hmm mungkin karena inilah orang Korea suka operasi plastic ya.

11. Karena mereka sangat memperhatikan penampilan fisik, ketika saya kesini jarang saya jumpai orang Korea Selatan yang gemuk. Rata rata mereka kurus dan jarang ada yang gemuk. Hmm..

12. Konon katanya para gadis Korea Selatan yang sudah berusia 16 tahun meminta dan mendapat hadiah dari orang tuanya untuk operasi plastic. Kalo di Indonesia sudah 17 tahun mungkin banyak yang minta motor atau mobil kali ya hehe.

13. Di Korea selatan, beberapa olah raga yang banyak diminati adalah bisbol, gulat, golf, dan juga taekwondo. Di Korea, bisbol juga disebut dengan yagu. Tiap-tiap klub atau tim bisbol akan diberi nama setelah nama perusahaan-perusahaan besar seperti KIA atau Samsung.

Untuk taekwondo, olah raga ini sudah menjadi olah raga yang paling favorit di seluruh bagian negara ini. Secara tertulis, taekwondo berarti cara menendang dan cara meninju. Pertama kali ada olah raga ini adalah saat 2000 tahun yang lalu saat ada seorang ksatria Korea yang harus melindungi dirinya tanpa persenjataan apapun. Lalu pertama kali di tahun 2002, taekwondo dijadikan salah 1 cabang olah raga di Olympic Game.

14. Korea Pop atau KPOP merupakan industry music yang sangat besar disini, katanya kalau mau menjadi artis KPOP pelatihannya sangat berat. Dan drama Korea juga sangat terkenal di Dunia, sehingga banyak orang datang kesini cuma untuk melihat lokasi suting drama korea.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik di Korea Selatan, nanti kalau saya traveling lagi ke Korea dan menemukan banyak fakta menarik lainnya dengan senang hati saya sharing.
Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
https://www.facebook.com/barrykusumapage/ (Barry Kusuma Facebook Fan page)
https://www.youtube.com/barrykusuma (Youtube Channel, Video dari Sabang sampai Merauke.)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

Read more...

Previous Article
Sengataki Waterfall, Kofu Yamanashi Japan.
Sengataki Waterfall, Kofu Yamanashi Japan.

 Video Air Terjun Sengataki di Kofu Yamanashi Japan, Video by Barry Kusuma.Air Terjun Senga atau Senga-taki...

Next Article
Fakta Unik Cappadocia Turkey, Salah Satu Tempat Terindah di Dunia.
Fakta Unik Cappadocia Turkey, Salah Satu Tempat Terindah di Dunia.

Cappadocia Turkey adalah destinasi impian saya untuk hunting motret, melihat foto foto dari Cappadocia sepe...