15 Hal Ini WAJIB Kamu Lakukan di Semarang

December 20, 2016 Elfida Lubis

Buat yang udah keseringan ke Yogyakarta, hanya sekitar 3 jam perjalanan darat dari kota tersebut, kamu bisa mendarat dan mengeksplorasi Semarang, ibukota Jawa Tengah, yang tak kalah seru. Berikut adalah 15 aktivitas yang WAJIB kamu lakukan kalau liburan di Semarang.

 

 

1. Mengapung di Ketinggian Eling Bening

Foto: exploresemarang.com

Berada di puncak perbukitan Jalan Lingkar Ambarawa, tepatnya di Jalan Sarjono, Bawen, kamu bisa menyaksikan hamparan Rawa Pening serta deretan pegunungan dari ketinggian. Udara yang sejuk membuat kamu betah berlama-lama di sini. Selain menikamti panorama dan tentunya berfoto, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain yang ada, seperti kolam renang, restoran, outbond, camping ground, archery area, children playgorund, hill tracking area, sampai panggung yang menampilkan pertunjukan menarik. 

 

2. Menikmati Eloknya Hutan Pinus Kayon

Foto: cantik.com

Kalau Yogyakarta punya Mangunan dan Bogor punya Gunung Pancar, Semarang pun punya Hutan Kayon dengan jajaran pohon pinus yang sungguh cantik ini. Berada di Dusun Krangkeng, Desa batur, kecamatan getasan, nikmati pemandangan dan udara yang menyegarkan jiwa dan raga. Hutan Pinus Kayon masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

 

3. Kembali Retro di Bukit VW

Foto: IG @bendottetapsemangat

Pecinta mobil VW antik dan fotografi rasanya wajib ke sini kalau sedang mengunjungi Semarang. Di Bukit VW, temukan mobil bekas tahun '70-an bergaya retro berderet, ditimpali bukit dan pepohonan hijau. Tempat ini kerap dijadikan lokasi ngabuburit favorit saat bulan Ramadhan sampai pemotreatan pre-wedding. Datanglah ke Jalan Sambiroto Raya, Tembalang.

 

4. Bertualang di Waduk Jatibarang & Gua Kreo

Foto: wisatajateng.com

Terletak di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, dua obyek wisata ini termasuk baru dan sedang banyak diminati oleh traveler baik dari Semarang sendiri maupun dari luar kota. Waduk Jatibarang dibangun mengelilingi Gua Kreo sehingga membuatnya terlihat seolah pulau kecil. Kamu bisa menyeberangi waduk lewat jembatan berwarna merah untuk menuju gua.

 

5. Mengagumi Benteng Pendem Ambarawa

Foto: dikkisgetaway.wordpress.com

Tak terlalu jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, ada tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Benteng Pendem atau Fort Willem I. Awalnya, benteng ini terkubur di bawah permukaan tanah sebagai strategi menghadapi musuh. Kondisinya yang tak terawat lagi justru membuatnya semakin menarik untuk diabadikan ke dalam sehelai foto.

 

6. Jogging Sekaligus Menyaksikan Sunrise di Pantai Marina

Foto: wisatakita.net

Beach lover harus ke pantai satu ini, apalagi di pagi hari sambil jogging dan menikmati matahari pagi menyemburat. Terletak di Jalan Yos Sudarso, pantai ini memiliki fasilitas unik, yaitu kolam renang, taman bermain anak-anak, juga watersport.

 

7. Tenang di La Kana Chapel

Foto: erlintopia.blogspot.co.id

Di kawasan Bandungan, berdiri sebuah bangunan serba putih bernama La Kana White Chapel yang merupakan bagian dari Susan Spa and Resort. Bentuk kapel yang indah ditambah lokasi yang asri bakal membuat kamu nyaman berkunjung ke sini.

 

8. Magisnya Banjir Kanal Barat

Foto: aljateng.blogspot.com

Sesuai namanya, tempat ini berfungsi sebagai pencegah banjir di Semarang dan sekitarnya. Namun kini telah dipercantik sehingga menjadi tempat nongkrong menyenangkan bagi siapa saja. Tempatnya luas dan bersih, ditambah lagi sinar kerlap-kerlip lampu dari jembatan dan bangunan di sekitarnya menambah cantik suasana. Setiap ulang tahun Semarang yang jatuh pada 2 Mei, akan ada ribuan lampion yang diterbangkan dari sini.

 

9. Meresapi Sejarah di Kota Lama

Tempat ini juga dijuluki Little Netherland karena dipenuhi berbagai bangunan kuno khas Eropa yang didirikan pada masa penjajahan Belanda yang masih berdiri tegak. Salah satu yang terkenal adalah Gereja Blenduk yang masih berfungsi sampai sekarang. Sementara bangunan lain seperti Stasiun Tawang, Kantor Pos, Gedung Spiegel, dan lainnya dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau menggunakan bus wisata Samarjawi dari sini.

 

10. Menyusuri Kawasan Pecinan

Foto: putrajayatrans.com

Kawasan Pecinan adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi selama di Semarang. Selain karena sejarahnya yang turut memberi pengaruh besar pada pembentukan karakter Kota Semarang, juga suasana khas budaya Tiongkok yang bakal kamu temukan di sini. Ada 11 klenteng besar dan 10 di antaranya ada di kawasan ini!

 

11. Melihat Ikon di Taman Pandanaran

Foto: akhsadew.blogspot.com

Di ikon baru Kota Semarang ini, terdapat patung Warak Ngendhog, yaitu hewan imajiner yang muncul saat perayaan Dugderan. Dugderan adalah sebuah tradisi yang dilakukan warga Semarang untuk menyambut bulan Ramadhan. Patung tersebut juga merupakan simbol pemersatu 3 etnis besar yang ada di sana, yaitu Tionghoa, Arab, dan Jawa. Di Jalan Pandanaran juga, kamu bisa berburu oleh-oleh khas Semarang yang terkenal, seperti lumpia, bandeng presto, dan wingko babat.

 

12. Nonton Wayang di Taman Budaya Raden Saleh

Foto: ekowisataku.blogspot.com

Kalau tertarik untuk menikmati pertunjukan wayang di Semarang, di sini tempatnya. Berada di Jalan Sriwijaya No. 29, kamu bisa menikmati pertunjukan tersebut di hari-hari tertentu, seringnya pada malam Jumat Kliwon atau malam Minggu. Seni pertunjukan lain pun kerap dipentaskan di taman yang buka tiap hari mulai pukul 06.00-21.00 ini.

 

13. Bermain Bersama Merpati di Taman Madukoro

Foto: seputarsemarang.com

Inilah taman kota yang memungkinkan kamu bermain dengan burung merpati yang memang dipelihara sebagai upaya pemerintah kota untuk menarik warganya bermain di taman. Segera kunjungi taman yang berada di Jalan Jenderal Sudirman ini.

 

14. Cantiknya Brown Canyon

Foto: liburmulu.com

Termasuk salah satu tujuan wisata baru di Semarang, Brown Canyon yang berada di Rowosari, Tembalang, sekitar 2 kilometer ke arah selatan dari Gedung TVRI yang berada di Pucang Gading, Mranggen. Meski aksesnya tak mudah, namun terbayar begitu kamu tiba di sana.

 

15. Segarnya Rawa Pening

Foto: bukanrastaman.com

Taman Wisata Rawa Pening berupa danau seluas sekitar 2.670 hektar di Ambarawa, tepatnya di Jalan Raya Semarang-Salatiga. Rawa Pening ini panjangnya sampai meliputi 4 kecamatan! Di sini, kamu bisa menyewa perahu di pagi hari untuk berkeliling danau melihat eceng gondok dan kehidupan nelayannya. DI malam hari, banyak kedai ikan bakar yang sayang untuk dilewatkan.

 

Previous Article
10 Hotel Baru di Bali Ini LAYAK Dicoba
10 Hotel Baru di Bali Ini LAYAK Dicoba

Banyak hotel baru di Bali, kesepuluh yang ini LAYAK untuk kamu coba.

Next Article
Spot di Lombok Paling Indah Untuk Diselami
Spot di Lombok Paling Indah Untuk Diselami

Yuk, snorkeling di Lombok.

Want more?

Visit our site

Discover