Tren Traveling 2017!

January 3, 2017 Elfida Lubis

 

Setelah tahun lalu, muncul tren glamping dan sailing life, lantas seperti apa tren traveling tahun 2017? Grivy memprediksikannya untuk kamu.

 

1. Babymoon

Foto: wotif.com

Ibu hamil on vacation? Tampaknya tahun ini bakal menjadi tren. Tren ini dimulai dari selebriti yang kemudian mengunggah foto wisatanya ke akun media sosial mereka. Sebut saja Kate Hudson, Uma Thurman, sampai artis dalam negeri seperti pasangan Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck, juga Andien.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan babymoon trip adalah, cek dulu ke dokter mengenai keamanan. Biasanya, perjalanan untuk perempuan yang sedang hamil aman dilakukan pada trimester kedua. Namun, pertimbangan dokter tentu penting supaya meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, tujuan yang menarik hati serta pemilihan akomodasi yang nyaman sangat tepat untuk relaksasi. Pilih yang berjarak tidak terlalu jauh dari domisili kamu untuk mengurangi resiko keletihan akibat perjalanan panjang. Salah satu spot menawan yang dapat kamu pilih, misalnya area Canggu, Bali. Menawarkan pemandangan pantai nan indah dengan para peselancar yang asyik sendiri bermain di ombak, kafe tempi pantai yang cozy, nelayan tradisional, maupun pemandangan sawah menghijau akan membuat ibu hamil merasa rileks.

Memilih untuk menginap di Ngeluwungan Boutique Villa akan melengkapi semua itu. Banyak yang menyebutnya sebagai hidden gem di Canggu. Dengan kamar luas dan bersih, fasilitas nyaman, pelayanan dari staf hotel yang ramah, serta pemandangan sekitar yang memberi efek menenangkan akan membuat perjalanan babymoon kamu menyenangkan!  

 

 

2. Baby's Day Out

Foto: IG @ayudiac

Setelah babymoon trip, ternyata membawa bayi jalan-jalan pun akan menjadi tren yang sudah dimulai dari tahun lalu. Sama seperti halnya babymoon trip, konsultasikan dulu masalah keamanan kondisi bayi kamu sebelum diajak jalan-jalan. Kalau Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie berani mengajak anaknya jalan-jalan ke Singapura sebelum genap berusia 4 bulan, belum tentu hal yang sama bisa diterapkan pada bayimu. Pasangan Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck dengan anaknya Bjorka, serta Ditto dan Ayudia Bing Slamet dengan anaknya Dia Sekala Bumi termasuk pasangan selebriti yang rajin mengajak bayi mereka untuk jalan-jalan.

 

3. Liburan Hipster

Foto: anythingbali.com

Liburan ala hipster maksudnya mengunjungi tempat-tempat yang bukan merupakan tujuan orang banyak alias anti mainstream. Misalnya, jika Kuta adalah tujuan banyak turis ke Bali, para hipster akan memilih tujuan lain yang jarang diketahui orang banyak, seperti misalnya Pantai Nyang Nyang di Bali bagian selatan. Pantai berpasir putih ini terlindung oleh tebing tinggi sehingga privasi benar-benar terjaga. Pantai ini cocok untuk kamu pemburu kesunyian. Pantai ini dicapai melalui jalan tanah dekat Pura Uluwatu dan ikuti papan petunjuk bertuliskan “Nyang Nyang Surfing Beach”. Lalu, kamu pun akan melintasi persawahan dan menemui satu-satunya warung minuman di sana, sebelum akhirnya menuruni 500 undakan yang menuju langsung ke pantai.

 

 

4. Wisata ke Daerah Konflik

Foto: bbc.co.uk

Bukan lagi watersport atau olahraga ekstrim, melainkan mengunjungi daerah konflik adalah pilihan jalan-jalan pemicu adrenalin di tahun ini. Sudah banyak orang mulai melirik daerah-daerah konflik tersebut untuk dikunjungi, seperti misalnya Korea Utara yang pelan-pelan mulai terbuka untuk dunia luar, Afghanistan, dan Israel.

 

5. Eco-Traveling

Foto: Jurnal Asia

Isu global warming memang semakin kuat setiap tahunnya. Fenomena tersebut pun ditangkap dan diolah menjadi salah satu jenis baru dalam dunia pariwisata. Eco-traveling pun mulai naik menjadi pilihan tipe jalan-jalan. Mengunjungi taman-taman nasional, aktivitas menjaga kelestarian hewan langka ataupun menanam pohon di alam terbuka, sampai tempat wisata dan resort yang dikelola dalam konsep ramah lingkungan menjadi daya tarik tersendiri yang masih akan berlanjut pada tahun ini.

 

Salah satu tujuan eco-traveling di Indonesia adalah Sumatera Utara, yaitu Tangkahan yang mendapat julukan "The Hidden Paradise". Kawasan eco-traveling tersebut terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser di Kabupaten Langkat.

 

7. Open Trip

Foto: IG @travollution

Open trip masih akan diminati, khususnya bagi mereka yang tertarik menjelajahi keindahan Indonesia on budget. Ya, open trip menjadi salah satu jenis perjalanan favorit karena memang harganya yang murah-meriah. Misalnya, dengan biaya tak sampai Rp500.000, kamu sudah bisa menyeberang ke Lampung dan mengeksplorasi Pulau Pahawang dan beberapa pulau cantik di sekitarnya, melakukan snorkeling dan diving selama 2 hari 1 malam. Open trip juga mempunyai peluang besar untuk menambah teman baru dengan hobi sama.

 

8. Adventurous Honeymooners

Foto: cintafloresku.blogspot.com

Honeymoon diisi dengan kegiatan romantis yang begitu-begitu saja tampaknya sudah mulai ditinggalkan, beralih ke bulan madu yang lebih menantang. Mengisi masa bulan madu dengan petualangan seru, seperti paragliding, naik motor trailer melintasi jalur menantang, menginap di van dan melakukan semua sendiri di dalamnya (memasak dan lain-lain, red.) Untuk inspirasi, kamu bisa mengintip akun Instagram milik pasangan Mario Irwinsyah dan Ratu Anandita yang melakukannya baru-baru ini di New Zealand.

Kalau di Indonesia, di mana ya kira-kira tempat yang pas untuk merasakan bulan madu ala petualang? Bagaimana kalau mencoba road trip di Flores, Nusa Tenggara Timur saja? Kamu bisa menyusuri jalan utama dengan pemandangan laut terbentang di satu sisi dan tebing indah di sisi lain, mengunjungi pantai-pantai indah seperti Pantai Koka, tempat tujuan religi bersejarah seperti Gereja Tua Sikka, berhenti sejenak di Hutan Mangrove Magepanda, kemudian naik ke puncak bukit Tanjung Kajuwulu untuk menikmati sunset memesona. 

 

9. Naik Gunung

Sumber: visitrinjani.com

Naik gunung akan kembali tren di tahun 2017. Selama melewati jalur-jalaur menuju puncak, kamu akan semakin meresapi makna "Yang penting adalah proses, bukan tujuan." Bagi pecinta gunung, puncak adalah bonus. Seseorang tidak boleh memaksakan diri untuk bisa sampai ke puncak. Seseorang harus mengenali kemampuan dan daya tahan tubuhnya sendiri untuk pada akhirnya dapat menyelamatkan diri sendiri. Kalau kamu termasuk pendaki baru, berguru dari senior menjadi salah satu kunci penting. Dan ingat, selalu jaga kebersihan dan kelestarian alam selama kamu menempuh perjalanan.

Gunung Rinjani di Lombok adalah salah satu tujuan hiking paling populer di Indonesia karena pemandangannya yang elok, meskipun medannya cukup menantang. 

 

 

 

10. Spontan

Foto: huffingtonpost.com

Tidak ada yang lebih mendebarkan selain melakukan perjalanan spontan. Baik itu perjalanan dengan transportasi umum sampai road trip menggunakan mobil pribadi, perjalanan spontan akan memberi kesan tersendiri. Nikmati perjalanan dengan segala kemungkinan tak terduga. Perjalanan spontan juga dapat mengukur sejauh mana ketahanan dan kesiapan kamu dalam menyelesaikan masalah yang muncul tiba-tiba. Just enjoy!

Previous Article
11 Destinasi di Indonesia Yang Harus Kamu Antisipasi Sepanjang 2017
11 Destinasi di Indonesia Yang Harus Kamu Antisipasi Sepanjang 2017

Jadilah yang pertama tahu.

Next Article
Rencanakan Destinasi Liburan 2017 Sesuai Zodiak
Rencanakan Destinasi Liburan 2017 Sesuai Zodiak

Susun itinerary berdasar zodiak.

Want more?

Visit our site

Discover