11 Destinasi di Indonesia Yang Harus Kamu Antisipasi Sepanjang 2017

January 4, 2017 Elfida Lubis

Semenjak traveling berhasil masuk ke dalam list kebutuhan, seluruh sudut pun menjadi mungkin untuk dieksplorasi. Tidak usah jauh-jauh ke luar negeri dulu, berikut adalah destinasi di Indonesia yang harus kamu antisipasi sepanjang tahun 2017 ini.  

 

 

Foto: banyuwangibagus.com

1. BANYUWANGI

Selain karena Kawah Ijen dan Pantai Plengkung atau yang lebih akrab disebut G-Land, Banyuwangi punya segudang tujuan wisata lain yang membuatnya akan tetap menjadi salah satu primadona liburan baik bagi warga domestik sampai asing. Sebut saja Jawatan Benculuk, yang menawarkan pemandangan indah berkat keberadaan pohon-pohon trembesi yang tinggi dan rindang. Di kawasan ini pun, kamu bisa melakukan aktivitas memancing sampai arung jeram. Atau Waduk Bajulmati yang sekilas seolah merupakan miniatur Raja Ampat, Taman Nasional Baluran yang membuatmu tak usah jauh-jauh ke Afrika untuk wisata safari, sampai yang belakangan menjadi tren, yaitu main ke hutan mangrove pun bisa kamu lakukan di Banyuwangi. Tepatnya di Mangrove Bedul Ecotourism.

 

 

Foto: crystal-lagoons.com

2. BINTAN

Tahun ini, Bintan akan kembali naik daun setelah sekian lama terlupakan sebagai salah satu pulau indah di sisi sebelah barat laut Indonesia. Berada dekat dengan negara tetangga Singapura tak lantas membuat pulau ini menawarkan wisata "nyaman" seperti bersantai di pinggir kolam renang hotel sambil menyesap segelas cocktail melulu. Banyak tempat-tempat yang ternyata dapat menarik minat traveler dari segala jenis dan usia untuk datang ke sana, bukan hanya golfer yang selama ini memang kerap mendatangi Bintan sebagai tujuan bermain golf. Sebut saja, Gurun Pasir Busung yang berada tepat di tepi Jalan Raya Busung, Danau Biru Bintan, Kawal yang sekilas mengingatkan pada Pamukkale di Turki. Atau yang tak kalah spektakuler, kamu bisa main-main di Crystal Lagoon yang merupakan laguna air laut buatan pertama di Asia Tenggara! Wah, ternyata bukan hanya Brisbane saja ya yang punya laut buatan. Masih banyak tempat menarik lain di Bintan yang rasa-rasanya sayang untuk kamu lewatkan, seperti Wihara Patung 100 Wajah, Rumah Arang di mana ada igloo misterius, sampai (lagi-lagi) Mangrove Discovery Tour.

 

 

Foto: destinasi-indonesia.com

3. PAPUA BARAT

Papua masih akan mengumpulkan bintang untuk menjadi tujuan liburan paling diminati di tahun 2017. Meski membutuhkan biaya yang tak bisa dibilang murah, para penggemar jalan-jalan akan berusaha mewujudkan mimpinya untuk bisa ke wilayah satu ini. Apalagi, setelah Raja Ampat kini muncul sebuah destinasi baru bernama Teluk Triton yang bahkan dikatakan lebih indah dari Raja Ampat! Teluk yang berada di perairan wilayah Kabupaten Kaimana, Papua Barat tersebut menghadirkan gugusan pulau karang tinggi yang dihiasi pohon menghijau. Julukan The Fish Empire disematkan karena beraneka ikan dapat kamu saksikan langsung di beberapa tempat yang berair sangat jernih. Mau tahu julukan lain untuk tempat ini? Ialah Kota Senja karena pemandangan senjanya sungguh cantik!

 

 

Foto: agusstynchezt.blogspot.com

4. NUSA TENGGARA TIMUR

Tahun lalu, terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang terbang menuju wilayah timur Indonesia. Salah satu tujuan tersebut adalah Nusa Tenggara Timur dengan ibukota Flores. Menawarkan pemandangan indah nan eksotis di bawah siraman sinar mentari yang tak kalah membuat kulit menjadi tambah eksotis. Beberapa tujuan wisata yang sungguh indah di sini, antara lain Tanjung Kajuwulu, Pantai Koka, Hutan Mangrove Magepanda, dan tentunya Pulau Komodo yang fenomenal.

 

 

Foto: jalanmakan.net

5. GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

Gunungkidul di Yogyakarta sedang jadi favorit karena banyaknya mutiara tersembunyi yang kini muncul di permukaan. Seperti misalnya, Gunung Purba Nglanggeran, Gua Jomblang, Gua Pindul, sampai spot rafting baru yang lebih menantang Gua Kalisuci. Kemudian ada juga Curug Luweng Sampang, Pantai Timang, sampai Pantai Nglambor yang membuatmu bisa snorkeling di Yogyakarta!

 

 

Foto: newbali.info

6. NUSA PENIDA, BALI

Nusa Penida di sebelah tenggara Bali ini bakal tambah ramai saja pada tahun 2017. Tak hanya memiliki Angel’s Billabong dan Mata Air Tembeling, pulau ini memiliki sederet tujuan wisata lain yang bakal bikin kamu berdecak kagum. Salah satunya adalah Pantai Pasih Uug atau yang akrab disebut Broken Beach oleh wisatawan asing. Dinamakan Broken Beach karena terdapat sebuah tebing yang berlubang besar di bagian tegahnya, menyerupai terowongan raksasa. Pantai ini berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Untuk mencapai Nusa Penida, ada beberapa alternatif cara, yaitu menggunakan speedboat dari Sanur atau Tanjung Benoa, juga naik kapal ferry dari Padang Bay.

 

 

Foto: thereserve-asia.com

7. LOMBOK

Lombok tentunya tak bisa dikeluarkan dari daftar ini. Yang akan naik daun dari Lombok di tahun 2017, antara lain Gili nanggu dan Mandalika. Gili Nanggu memiliki pantai yang sangat cantik dengan hamparan pasir putih dan air laut biru jernih. Suasana yang tenang dan cenderung masih sepi dari wisatawan menambah kesyahduan, seperti sedang berada di private beach saja. Lokasinya dekat dengan Gili Kendis dan Gili Sindak. Kamu bisa menyewa boat dari Pelabuhan Lembar ataupun Tawun. Sementara Mandalika adalah kawasan pantai di selatan Lombok yang berpasir putih halus, sebut saja Kuta, Tanjung Aan, Seger, hingga Selong Belanak. Dipusatkan di Pantai Seger, setiap tahun ada ritual tahunan Festival Bau Nyale di mana masyarakat setempat mencari cacing nyale.

 

 

Foto: pulauperak.com

8. KEPULAUAN SERIBU

Jangan anggap enteng dulu gugusan pulau-pulau di utara Jakarta ini. Setelah sempat mengejutkan dengan beberapa pulaunya, seperti Pulau Onrust, Kelor, Tidung, Pari, kemudian Macan, tahun ini siap-siap lagi main ke sana, khususnya ke Pulau Perak. Kecantikan pantai dan dunia underwater-nya tak kalah dengan tujuan terkenal lain. Namun, belum ada penginapan di sini jadi kamu harus siap untuk pasang tenda. Pulau Perak terletak dekat dengan Pulau Harapan.

 

 

Foto: lihat.co.id

9. MALUKU

Keindahan pantai-pantai di wilayah timur Indonesia memang tak akan pernah selesai untuk dibahas. Tahun ini, akan semakin banyak orang berbondong-bondong ke Maluku memburu keindahan pantainya. Sebut saja Pantai Ora di Pulau Seram yang sudah sangat terkenal itu. Ada juga Pantai Ngurbloat atau Pantai Pasir Panjang yang dinobatkan sebagai pantai terluas di Asia oleh National Geographic. Sementara Pantai Ngurtafur memiliki fenomena gosong pasir istimewa, di mana kamu pun bisa berjumpa dengan hewan langka Penyu Belimbing serta jika beruntung, burung pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku. Pantai lain di Maluku yang tak kalah cantik, misalnya Pantai Natsepa, Jikumerasa, Liang, dan Sopapei.

 

 

Foto: adventurousbali.com

10. BALI

Selain Lombok, Bali pun tak mungkin berhenti menjadi pusat pariwisata tanah air. Untuk tahun ini, orang-orang akan tersedot ke Danau Buyan dan Tamblingan di Wanagiri, Buleleng. Danau Buyan dan Tamblingan sering disebut danau kembar karena berdekatan. Berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut membuat suasana semakin sejuk dan menenangkan. Serunya, ada lokasi khusus untuk camping di sana. Tak hanya itu, di atas bukit Wanagiri ada ayunan dengan view Danau Buyan. 

 

 

Foto: breaktime.co.id

11. SUMBA

Sumba bakal menjadi daftar teratas traveler di tahun ini. Keasrian dan keeksotisan alamnya yang masih perawan membuat Sumba cocok sebagai pelipur lara tahun lalu. Beberapa tujuan paling menarik yang bisa kamu datangi di Sumba, antara lain Pantai Tarimbang, Walakiri, Mandorak, Bukit Warinding, Mauhau, dan yang bakal banyak diserbu adalah Danau Weekuri. Airnya sebening kaca dengan pemandangan yang aduhai. Uniknya, airnya asin seperti air laut. 

 

Previous Article
Tujuan Traveling Anti-Mainstrem Tahun Ini
Tujuan Traveling Anti-Mainstrem Tahun Ini

Tempat-tempat ini selain unik, eksotik dan tidak mainstream, juga sangat fashionable!

Next Article
Tren Traveling 2017!
Tren Traveling 2017!

Grivy memprediksikannya untuk kamu.

Want more?

Visit our site

Discover