Pesona Sulawesi Selatan (Part 1)

January 17, 2017 Elfida Lubis

Makassar adalah kota terbesar kedua di luar Pulau Jawa setelah Medan. Kota ini terkenal akan kekayaan bahari, mulai dari pemandangan pantai, kekayaan bawah laut, sampai kuliner laut yang segar. Selain itu, kuliner khas Makassar juga sudah banyak yang terkenal sampai ke seluruh Indonesia, seperti Coto Makassar, Sop Konro, Es Palubutung, Pisang Ijo, dan lain sebagainya. Buat yang belum pernah ke Makassar, yuk mulai perhitungkan ibukota Sulawesi Selatan ini sebagai tujuan jalan-jalan keren di Indonesia.

 

1. Benteng Fort Rotterdam (Ujung Pandang) 

Foto: blog.hulaa.com

Benteng yang menyimpan banyak filosofi ini berlokasi di dekat Pantai Losari, tepatnya di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading. Dibangun pada masa raja ke-9 Kerajaan Gowa-Tallo tahun 1545, awalnya tak semegah saat ini karena dibangun hanya dengan tanah liat dan putih telur. Kemudian, disempurnakan oleh raja ke-14.

 

2. Benteng Somba Opu

Foto: hasanuddin-airport.co.id

Dibangun pada masa Sultan Gowa ke-9 atau berkisar tahun 1925, awalnya benteng yang terletak di Barombong, Gowa ini menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah, baik dari Asia maupun Eropa. Namun dikuasai dan dihancurkan oleh VOC dan baru direkontruksi pada tahun 1990. Di dalamnya, terdapat rumah adat khas suku Bugis, Mandar, Makassar, dan Toraja.

 

3. Museum Balla Lompoa

Foto: tothegathot.blogspot.com

Hasil rekontruksi Istana Kerajaan Gowa yang didirikan pada tahun 1936 oleh Raha Gowa ke-31 ini merupakan rumah panggung dengan struktur kayu terbesar di dunia, lho! Jadi, rugi rasanya kalau ke Makassar tidak mampir ke museum yang ada di Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 39, Gowa ini.

 

4. Ke’te Kesu

Yang berarti pusat kegiatan, Ke’te Kesu menjadi objek wisata menarik karena berisi koloni perkampungan, kuburan, dan tempat kerajinan ukir di Tana Toraja. Pusat kegiatannya disebut Tongkonan yang berupa deretan rumah adat. Selain itu, terdapat bangunan megalith dan lumbung padi di sekitarnya. Yang tak kalah seru, adanya situs pekuburan tebing dengan model menggantung! Lokasinya lumayan jauh, sekitar 9 jam perjalanan darat dari Makassar! 

 

5. Pusat Kerajinan Perahu Pinisi

Berada di Tana Beru, sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Makassar, tempat ini memang sudah terkenal sebagai tempat pembuatan perahu tradisional tersebut, bersiap dibuat terkagum-kagum begitu menginjakkan kaki ke sini. Lihatlah craftmanship hebat yang dapat menghasilkan kapal megah hanya dengan peralatan sederhana dan ilmu warisan nenek moyang. Sejarah mencatat bahwa pinisi mampu berlayar hingga Vancouver, Kanada pada tahun 1986.

 

6. Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung

Berada sekitar 45 kilometer dari pusat kota Makassar, tepatnya di Kabupaten Maros, Taman Nasional Bantimurung ditemukan seorang ahli botani dari Inggris. Karena wilayahnya yang luas, yaitu 43.750 hektar, taman ini mencakup beberapa objek wisata Makassar sekaligus, seperti bukit kapur alias Rammang-Rammang yang populer, gua, dan air terjun. Kalau ke sini, kamu bisa menyaksikan 250 jenis kupu-kupu, lho. Sampai-sampai, taman ini dijuluki kerajaan kupu-kupu!

 

7. Pantai Losari

Pantai ini pasti tak asing lagi di telinga karena sudah menjadi icon Kota Makassar. Banyak fasilitas permainan di sini, seperti banana boat, berlayar, memancing, dan lainnya. Setelahnya, nikmati kuliner enak pisang epe dan es palubutung di tepi pantai.

 

 

8. Tanjung Bira

Meski letaknya lumayan jauh dari pusat Kota Makassar, Tanjung Bira menarik perhatian para beach lover karena keindahannya yang tak terbantahkan. Hamparan pasir putih selembut dan seputih bedak bayi, air laut nan biru, dunia bawah air yang tak kalah menakjubkan, ditunjang dengan fasilitas yang cukup lengkap membuat kunjungan di sini tak pernah sia-sia.

 

9. Taman Laut Takabonerate

Buat yang hobi snorkeling, mampir ke Taman Laut Takabonerate wajib hukumnya. Karena di sini, kamu dapat menikmati kehidupan hewan dan panorama tumbuhan bawah laut yang cantik. Berada di kota Benteng, Kepulauan Selayar, tempat wisata ini dipastikan adalah surga bagi penyelam. Dari pengalaman beberapa traveler yang sudah ke sana, waktu terbaik untuk menyelam di taman laut ini adalah antara bulan April-Mei. Pada saat itu, arus dan suhu air serta berbagai faktor pendukung lainnya sedang dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat menyelam pun jadi sempurna.

 

10. Pulau Samalona

Kalau yang satu ini, lokasinya cukup dekat dengan Pantai Losari. Pulau Samalona dijuluki sebagai surganya terumbu karang, seperti halnya Gili Trawangan di Lombok. Banyak wisatawan yang memburu pulau ini saat berlibur ke Makassar. 

 

 

Previous Article
Pesona Sulawesi Selatan (Part 2)
Pesona Sulawesi Selatan (Part 2)

Enggak cuma wisata bahari yang memesona, wisata kuliner di Makassar juga tak bisa terlupa.

Next Article
11 Tujuan Menawan Buat Yang Mau Jalan-jalan Sendirian
11 Tujuan Menawan Buat Yang Mau Jalan-jalan Sendirian

Kamu enggak bakal kesepian kalau ke sini meski sendirian.

Want more?

Visit our site

Discover