Road Trip Keren Yang Harus Kamu Lakukan Bareng Bae Tahun Ini

February 1, 2017 Elfida Lubis

Kalau seorang chef seperti Nusret Gökçe bisa menggemparkan dunia berkat aksi #SaltBae , kenapa tidak kamu yang katanya hobi jalan-jalan, membuat video #RoadTripBae jadi viral juga? Rekam pemandangan menakjubkan yang kamu temukan saat troad trip, tunjukkan bahwa Indonesia keren enggak abis-abis!

 

Foto: sudutpayakumbuh.tumblr.com

1. Kelok 9 & Kelok 44, Sumatera Barat

Kalau kamu mengunjungi pulau Sumatera, tak ada salahnya kamu menjajal road trip, khususnya dari dan ke Padang, Sumatera Barat. Kamu bakal menemukan sebuah pemandangan sekaligus pengalaman mendebarkan di area bernama Kelok 9 dan Kelok 44. Dinamakan seperti itu karena memang jalanan yang dilalui berkelok alias berbelok alias berliku-liku sebanyak 9 dan 44 kali (iseng ya yang ngitungin). Kelok 9 terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur Kota Payakumbuh. Membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatera dan Pantai Timur Sumatera. Tikungan yang lumayan sempit dan tajam, berbatasan dengan jurang, akan membuatmu cukup berdebar kala melewatinya. Di sekitarnya saat ini telah dibangun jembatan layang sepanjang 2,5 kilometer yang juga meliuk-liuk menyusuri dua dinding bukit terjal dengan tinggi tiang-tiang beton bervariasi mencapai 58 meter.

Sementara Kelok 44 terdapat di Kabupaten Agam, adalah daerah perbukitan di atas Danau Maninjau yang dilingkari jalan berkelok di lerengnya. Kamu akan disuguhi pemandangan sawah terasering serta hijaunya deretan Bukit Barisan. Kelok 44 adalah ikon balap sepeda Tour de Singkarak yang tersohor itu.

 

Foto: beritadaerah.co.id

2. Jembatan Suramadu

Jalan-jalan ke Madura untuk menonton karapan sapi tidak perlu menyeberang lewat jalur perairan lagi karena jembatan Suramadu. Jembatan yang diklaim terpanjang di Indonesia saat ini, bahkan se-Asia Tenggara, menghubungkan Pulau Jawa di Surabaya dengan Pulau Madura di Bangkalan. Terdiri dari tiga bagian, yakni causeway atau jalan layang, approach bridge atau jembatan penghubung, dan jembatan utama. Melintasi Selat Madura, tentu saja pemandangan sepanjang jembatan ini adalah samudera membentang. Konstruksi jembatannya sendiri pun apik dipandang. Jembatan Suramadu memiliki jalur untuk kendaraan bermotor roda dua.

 

Foto: Kaskus

3. Jalan Tol Bali Mandara

Inilah jalan tol terapung pertama di Indonesia. Selesai pada pertengahan tahun 2013, jalan tol ini menghubungkan Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Seperti halnya Jembatan Suramadu, jalan tol ini pun memiliki jalur khusus untuk sepeda motor di sisi kanan dan kiri ruas jalan. Dan masih seperti halnya Jembatan Suramadu, karena berada di atas laut membuatnya riskan terhadap angin. Untuk itulah, diletakkan CCTV dan alat pemantau angin 24 jam.

 

Foto: indonesiakaya.com

4. Maumere

Menuju Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka dan merupakan kota terbesar di Pulau Flores, lebih seru kalau ditempuh lewat darat, lho. Pemandangan eksotis di bawah cuaca yang tak kalah eksotis (baca: panas, red.) akan memberimu sensasi seperti berada di negara asing. Selain menggunakan mobil pribadi, ada juga alternatif transportasi umum yang disewa dari Denpasar, lalu menyeberangi pelabuhan langsung menuju Pulau Flores. Lamanya perjalanan terobati dengan pemandangan menawan berupa lautan biru membentang di satu sisi.

 

5. Jalur Lingkar Nagreg

Lingkar Nagreg adalah jalur alternatif yang digunakan pengendara saat mudik lebaran. Jalan yang baru dibuka beberapa tahun lalu ini juga menjadi salah satu jalanan dengan pemandangan kiri-kanan yang indah, khususnya di terowongan Lingkar Nagreg. 

 

 

Foto: simomot.com

(Jalur selatan Trenggalek-Panggul-Pacitan, Jawa Timur)

6. Jalur Selatan

Meski bukan jalur favorit bagi pemudik karena sempit dan masih rawan bencana, jalur selatan memberi pemandangan yang dapat memanjakan mata. Sebut saja lewat Purwokerto, Jawa Tengah, kamu bakal disuguhi lukisan alam Gunung Slamet, hamparan padi di sepanjang jalan, sampai aliran Sungai Serayu yang menenangkan.

 

Foto: tjuputography.com

 

7. Dari Bandung ke Ranca Buaya, Garut 

Melewati Leuwipanjang, Soreang, Ciwidey, Ranca Bali, lalu akhirnya tiba di Pantai Ranca Buaya di Garut adalah sebuah anugerah kalau kamu senang menikmati pemandangan berupa perkebunan teh, air terjun, persawahan, sampai hutan selama perjalanan darat. So excited!

Previous Article
Traveling Dengan Keterbatasan Fisik? Ya, Kenapa Tidak?
Traveling Dengan Keterbatasan Fisik? Ya, Kenapa Tidak?

Keterbatasan fisik tidak menjadi penghalang untuk menjelajahi dunia! Ini dibuktikan Terry Scott Cohen yang ...

Next Article
Temukan Perayaan Imlek Paling Meriah di Sini
Temukan Perayaan Imlek Paling Meriah di Sini

Yuk, merasakan serunya Imlek dan Cap Go Meh di kota-kota ini.

Want more?

Visit our site

Discover