Traveling Ramai-Ramai Tanpa Tegang

February 5, 2017 Fani Rachmita

Traveling dengan teman-teman atau keluarga memang mengasyikkan. Asyik tapi bukan berarti tidak ada tantangannya. Tantangan terbesar pergi ramai-ramai adalah masalah kompromi dan segudang tantangan lainnya.

Jangan berkecil hati dulu, coba cek apa-apa saja yang harus dipersiapkan oleh Anda dan teman-teman agar survive traveling ramai-ramai.

 

Samakan Persepsi

Anda mungkin berpikir, ide tentang pergi ke pantai bersama teman sudah menjadi fondasi yang kuat. Namun ekspektasi liburan Anda dan teman bisa berbeda lho. Misal, Anda ingin ke pantai untuk rileks sementara teman ingin pergi ke nightclub. Pastikan dulu tujuan dan persepsi Anda akan liburan ini sama ya sebelum memulai perencanaan.

 

Buat Itinerary

Saat pergi dengan teman, buat agenda dari jauh-jauh hari untuk menghindari negosiasi yang alot. Menyewa konsultan atau menugaskan satu orang untuk mengurus itinerary bisa jadi solusi. Itinerary tidak harus detail, cukup berisi kapan aktifitas mulai dan berapa lama aktifitas akan berlangsung. Selebihnya adalah pilihan, siapapun yang tidak tertarik dengan kegiatan yang ada dalam list tidak harus bergabung.

 

Jaga Jarak

Anda tidak diwajibkan untuk ikut semua aktifitas. Sah-sah saja bila Anda ingin membuat kegiatan sendiri di sela-sela aktifitas grup agar suasana dan mood tetap terjaga. Misal memesan makan lewat room service atau booking tur untuk Anda dan keluarga Anda saja. Jangan lupa untuk memberitahu grup di awal tentang rencana Anda.

 

Money First

Memutuskan siapa yang membayar dan apa saja yang harus dibayar dalam grup harus dibicarakan dari awal. Apakah Anda mau setiap pengeluaran dibagi rata atau membayar pengeluaran bergantian. 

Previous Article
Wajib! Traveling Sambil Menikmati Kuliner Lokal
Wajib! Traveling Sambil Menikmati Kuliner Lokal

Cara untuk menikmati kuliner di tempat liburan adalah dengan melewatkan makanan fancy di restoran dan menco...

Next Article
Hati-hati Dompet Anda Saat Liburan!
Hati-hati Dompet Anda Saat Liburan!

Kehilangan dompet memang bisa terjadi di mana saja, tapi akan lebih merepotkan kalau terjadi saat sedang li...

Want more?

Visit our site

Discover