5 Museum Baru yang Akan Buka di 2017 Termasuk di Indonesia

February 11, 2017 Fani Rachmita

Museum menjadi penting, sebagai tempat untuk memperlihatkan bagaimana sejarah dunia ini berkembang melalu beragam karya dan peninggalan yang ditunjukkan agar manusia senantiasa menghargai sejarah dan peradaban. Di Indonesia, geliat museum sudah mulai terasa. Dan di 2017 ini ada museum yang akan dibuka di Jakarta dan juga di belahan dunia lainnya. (sumber/foto: the guardian)

 

MACAN

Indonesia akan mendapatkan museum pertama yang diperuntukkan untuk modern art tahun ini. Diberi nama MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara), museum ini didisain oleh MET Studio Design London. MACAN akan menampilkan beberapa karya koleksi filantropis Indonesia, Haryanto Adikoesoemo yang sudah mempunyai mimpi lebih dari satu dekade untuk membangun museum bagi orang Indonesia.

 

Victoria & Albert Museum, London

Di bulan Juli 2017 ini, Anda akan melihat V&A museum di-upgrade dengan rampungnya Exhibiton Road project, sebuah skema arsitektural terbesar yang dibangun museum ini 100 tahun ke belakang. Area ini akan mempunyai ruang pameran baru, Sainsbury’s Gallery, Sackler Courtyard dan pintu masuk baru yang megah, Blavatnik Hall. Halaman terbukanya bisa digunakan untuk berbagai event seperti instalasi seni dan café. Membuka fasad bersejarah di barat museum yang dibuka untuk publik pertama kalinya.

 

Design Society, Shēnzhèn, China

Victoria & Albert Museum juga akan melebarkan sayap di luar London di 2017 ini. Berkolaborasi dengan partner di China, V&A akan membangun hub budaya baru di Shēnzhèn. Museum yang diberi nama Design Society ini akan menampilkan semua disiplin ilmu kreatif termasuk teater, pertokoan juga roof garden. V&A museum juga akan mempunyai galeri sendiri di dalam museum ini yang akan menampilkan desain dari abad ke-20 dan ke-21 serta akan menjadi penyelenggara 2 tur pameran besar untuk 2 tahun mendatang.

 

Museum of the American Revolution, Philadelphia

Dengan kondisi politik Amerika sekarang, mungkin sudah saatnya warga Amerika diajak untuk merefleksikan sejarah negaranya. Museum ini menampilkan karya-karya dari sudut pandang non-partisan di era revolusi mulai dari artworks, manuskrip hingga artefak. Pameran ini akan mengajak pengunjung melihat perjalanan sejarah Amerika secara kronologis.

 

Musées Yves Saint Laurent, Paris and Marrakech

Salah satu desainer yang berpengaruh di dunia, Yves Saint Laurent yang juga merupakan satu-satunya desainer di generasinya yang menyimpan hasil karyanya secara sistematis semenjak menciptakan couture house di tahun 1960. Tahun ini, ada 2 museum yang akan dibuka, di Paris dan Maroko. Museum ini merupakan rumah bagi ribuan bahan-bahan berkualitas tinggi, aksesoris, sketsa, fotografi dan benda=benda lain yang merepresentasikan karya-karya YSL. Di Paris, museum ini akan menempati rumah bersejarah di 5 avenue Marceau, sementara di Maroko akan menempati gedung baru dengan Jardin Majorelle, sebuah taman favorit sang desainer. 

 

 

Previous Article
5 Lokasi Romantis Film “La La Land” yang Bisa Anda Masukkan Ke Dalam Bucket List
5 Lokasi Romantis Film “La La Land” yang Bisa Anda Masukkan Ke Dalam Bucket List

Lokasi-lokasi yang Anda lihat di film-nya, bisa lho dimasukkan ke dalam bucket list bila nanti Anda berenca...

Next Article
8 Lokasi Ini Naik Daun Karena Film
8 Lokasi Ini Naik Daun Karena Film

Kamu pernah jadi korban kebaperan film dengan mendatangi lokasi-lokasi syutingnya di bawah ini?

Want more?

Visit our site

Discover