Desa yang Dipenuhi Lukisan Bunga Sejak Abad ke-19

February 12, 2017 Fani Rachmita

Sebuah desa kuno di Polandia dipenuhi dengan lukisan bunga yang cantik sejak abad ke-19. (travelandleisure)

(foto: Bruno de Hogues/Getty Images)  

Zalipie, sebuah kota kecil di timur laut Krakow, mempunyai tradisi sejak abad ke -19 dimana semua area mulai dari koridor, rumah-rumah, gereja hingga sekolah dilapisi dengan lukisan bunga.
Lukisan pertama dimulai setelah perapian dengan cerobong asap selesai dibangun tahun 1800-an. Para wanita di desa mulai melukis dinding-dinding yang hitam karena cerobong asap dengan gambar bunga. Tradisi ini berlanjut hingga sekarang yang membuat seni lukis ini bisa dilihat di seluruh penjuru kota, dari dinding rumah, kandang ayam hingga rumah anjing.

 

(foto: Witold Skrypczak/Getty Images)

Setiap musim semi, lukisan bunga ini dijadikan kompetisi setelah Feast of the Corpus Christi. Tahun ini, kompetisi akan diselenggarakan pada 17 dan 18 Juni. Bila Anda mengeksplor Zalipie pada masa ini, Anda akan menemukan banyak lukisan rumit di berbagai bangunan. Beberapa diantaranya ada di museum-museum, seperti di peternakan Felicja Curylowa yang dihiasi dengan motif warna-warni.
Di dalam rumah pun tak luput dari motif bunga, dari lukisan hingga bordiran di linen.

 

(foto:Gerard SIOEN/Gamma-Rapho via Getty Images)

Desain bunga ini berawal dari titik-titik cerah berwarna yang terbuat dari lemon hingga akhirnya terbentuk menjadi motif bunga sederhana dan kemudian menjadi disain bunga yang rumit saat ini.
Di tahun 1985, seperti foto di atas, adalah asal muasal disain bunga yang paling awal dan paling simple. Juga di tahun 1986, di foto juga diperlihatkan interior rumah dimana banyak lukisan bunga dengan beragam warna yang terdapat di kompor, keramik hingga seprai. Meski begitu, proses mengaplikasikan disain ini tidaklah sederhana. Dulu, para wanita menggunakan kuas dari bulu sapid an menggunakan lemak sisa masak dan pewarna untuk melukis.

(foto: imageBROKER/Alamy)

Dimulai dari area rumah, kini Anda bisa melihat lukisan ini di jalan-jalan di desa. Bahkan gereja  di desa ini juga dipenuhi lukisan bunga di interiornya. Bila berkesempatan berkunjung, Anda bisa juga membeli keramik dan linen yang sesuai dengan lukisan-lukisan bunga di desa ini. 

Previous Article
7 Kuil dengan Bangunan Memesona di Asia
7 Kuil dengan Bangunan Memesona di Asia

Kuil-kuil magis dengan bangunan memesona dengan mudah Anda temui tersebar di berbagai tempat di Asia. Berik...

Next Article
Catat! Festival Musik di Asia Wajib Didatangi di 2017
Catat! Festival Musik di Asia Wajib Didatangi di 2017

Mana-mana saja negara yang bisa Anda datangi untuk menikmati musik sekaligus berlibur? Catat!

Want more?

Visit our site

Discover