7 Kuil dengan Bangunan Memesona di Asia

February 19, 2017 Fani Rachmita

Anda yang pernah nonton film “Dr. Strange” yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch? Untuk mendapatkan kekuatannya, Dr. Strange harus berguru di salah satu kuil di Tibet. Tempat yang magical dan spiritual menjadi tempat Dr. Strange menimba ilmu. Kuil-kuil magis dengan bangunan memesona dengan mudah Anda temui tersebar di berbagai tempat di Asia. Berikut, 7 di antaranya. (sumber: places to see)

Gawdawpalin Temple, Bagan, Myanmar

(Photo by Martien Jansse)

Pagoda ini dibangun pada abad 12 dan 13. Hingga saat ini, Gawdawpalin digunakan sebagai tempat meditasi dan untuk melakukan beragam ritual umat Buddha. Kuil ini berada di ketinggian 180 kaki sekitar 3 mil di selatan Bu Pagoda. 

 

The Temple of Heaven, Beijing, China

(Photo by Brian Furbush)

Kuil kepercayaan Tao ini dibangun di abad ke-13 dan pernah dikunjungi oleh kaisar China pada masanya. Komplek kuil dan lapangan yang terdapat di dalam kuil  menjadi tempat favorit untuk melakukan meditasi dan berolahraga. 


Wat Rong Khun, Chiang Rai, Thailand

(Photo by Dr. Green)

Kuil Buddha dengan gaya kontemporer ini memang mencengangkan. Kuil ini direncanakan akan rampung sepenuhnya pada tahun 2070. Meski begitu, bangunan yang dibangun oleh seniman Chalermchai Kositpipat ini sudah sangat memesona. 


Shwedagon Pagoda, Yangon, Myanmar

(Photo: Dok. Istimewa)

Pagoda emas yang dibangun untuk menghormati Buddha ini dibangun di ketinggian 98 meter. Dari sekian banyak benda pusaka yang disimpan di candi ini salah satunya adalah rambut dari kepala sang Buddha.

 

Sri Ranganathaswamy, Srirangam, India

(Photo by Prabhu b doss)

Kuil Hindu ini merupakan kuil paling penting bagi Wisnu. Dengan arsitektural penuh warna yang menarik mata, kuil ini merupakan salah satu contoh paling bagus dari gaya Dravidian.

 

Prambanan, Jawa Tengah, Indonesia

(Photo by Feriansyah Pz)

Salah satu candi Hindu yang ada di dunia ada di Indonesia. Prambanan dibangun pada abad ke-9 dan didedikasikan kepada Trimurti; Brahma, Wisnu dan Siva. Dinding candi dipenuhi pahatan yang mengagumkan yang menceritakan tentang cerita-cerita religius. 

 

The Harmandir Sahib, Punjab, India

(Photo by Unknown)

Kuil Sikh ini dibangun pada abad ke-16 dan juga dikenal sebagai candi emas atau “Golden Temple”. Dengan material marmel, emas dan batu berharga, kuil ini dibangun di pinggir danau dimana Buddha dan Guru Nanak, founder ajaran Sikh biasa bermeditasi. 

Previous Article
5 Penginapan Murah dengan Konsep Unik di Jepang
5 Penginapan Murah dengan Konsep Unik di Jepang

Jepang dan penginapan murah sudah menjadi satu kalimat menarik mata, tambahkan lagi dengan konsep unik, dip...

Next Article
Desa yang Dipenuhi Lukisan Bunga Sejak Abad ke-19
Desa yang Dipenuhi Lukisan Bunga Sejak Abad ke-19

Zalipie, sebuah kota kecil di timur laut Krakow, mempunyai tradisi sejak abad ke -19 dimana semua area mula...

Want more?

Visit our site

Discover