8 Surga Dunia di Asia

February 19, 2017 Fani Rachmita

Keindahan alam dunia memang tidak ada habisnya, di belahan bumi manapun. Namun, sudah bukan rahasia kalau negara-negara Asia mempunyai area yag indah dan eksotis. Berikut ini list surga dunia di beberapa negara Asia yang bisa Anda kunjungi, termasuk Indonesia! 

Jembatan Hidup di Cherrapunji, India

(Photo by Rex Features)

Di bagian timur India, terdapat hutan hujan yang magis yang kaya akan beragam makhluk hidup di Asia. Bermacam-macam tanaman unik tumbuh di sini seperti Ficus Elastica yang memungkinkan penduduk lokal menggunakan akarnya untuk membuat jembatan! Meski jembatan ini tak bisa bertahan lama karena iklim yang basah dapat membuat akar cepat membusuk, membangun jembatan ini bisa memakan waktu 10-15 tahun, tradisi ini sudah berlangsung selama 500 tahun. 

 

Lembah Bunga, Uttarakhand, India

(Photo by the Unknown)

Lagi-lagi di dunia, bunga-bunga di situs yang termasuk dalam “World Heritage” ini mekar penuh pada bulan Agustus dan September. Berdekatan dengan kawasan Himalaya, lembah ini juga menjadi rumah bagi spesies langka.Kawasan ini dekat dengan sebuah kota bernama Joshimath yang mempunyai jalan langsung menuju lembah. 


Danau Gokyo Cho, Nepal

(Photo by Maciej Bledowski)

Danau utamanya merupakan bagian dari sistem danau-danau Gokyo. Terbentang luas di taman nasional Sagarmatha, danau ini dikelilingi pegunungan dan menjadi tempat yang spiritual baik bagi kaum Hindu dan juga Buddha. Bulan Agustus adalah bulan yang tepat untuk Anda berkunjung, karena bertepatan dengan festival Janai Purnima. 


Kelimutu, Moni, Pulau Flores, Indonesia

(Photo by the Unknown)

Gunung berapi ini mempunyai 3 puncak gunung yang memukau dan di masing-masing gunung terdapat danau dengan 3 warna berbeda; merah, hijau dan biru. Warna ini berubah bergantung pada gas yang dihasilkan gunung dan juga reaksi kimia. 

 

Ban Gioc, China, Vietnam

(Photo by the Unknown)

Air terjun di Ban Gioc ini terlihat sangat indah dan memukau, benar layaknya surga di dunia. Ban Gioc sekaligus menjadi tanda perbatasan antara dua negara, China dan Vietnam. Aslinya, ini merupakan satu kesatuan air terjun, namun terpisah karena terdapat  bebatuan. Ban Gioc merupakan air terjun terbesar ke-4 setelah Iguazu, Victoria dan Niagara.  


Huanglong, China

(Photo by Dominik Orth)

Tempat ini disebut dengan nama “Yellow Dragon” dalam bahasa China. Ditemukan di area pegunungan Minshan, Huanglong resmi menjadi World Heritage Site oleh UNESCO. Kolam bertingkat penuh warna adalah salah satu area yang sangat indah untuk ditangkap kamera. Reservasi alam ini juga mempunyai kuil dan patung Buddha yang bertebaran di taman. Huanglong juga menjadi rumah bagi Giant Panda dan Monyet Sichuan. 

 

Gua Son Doong, Phong Nha Ke Bang National Park, Vietnam

(Photo by Carsten Peter)

Gua terbesar di dunia inin sangat dalam, tingginya bisa mencapai gedung 40 lantai! Dengan panjang 9km, gua ini mempunyai hutan dan sungai di dalamnya. Gua Son Doong ditemukan dan dijelajahi baru tahun 2010 ini. Hutannya sendiri disebut Garden of Edam oleh para penjelahjah yang menjadi tempat tinggal monyet-monyet dan rubah terbang. Gua ini kaya akan calcite crystal yang terbentuk selama berabad-abad. Fosil berusia 300 juta tahun juga ditemukan di sini pun spesies tanaman baru yang berada di sekitar sungai dan air terjun. 


Gunung Berapi Mayon, Albay, Philippines

(Photo by the Unknown)

Mayon adalah gunung berapi yang masih aktif dan masih erupsi secara berkala. Di 2013, gunung ini mengeluarkan abu dan bebatuan menyebabkan terbentuknya awan 500 meter di puncak gunung. Kejadian ini menyebabkan 5 pendaki gunung meninggal dunia saat sedang mendaki menuju puncak Mayon. Mayon dengan bentuk gunung yang sempurna memberikan estetika yang sempurna di dunia.

Previous Article
7 Taman Bunga Cantik di Seluruh Dunia
7 Taman Bunga Cantik di Seluruh Dunia

Daftar taman bunga di bawah ini bisa jadi panduan Anda untuk trip Anda selanjutnya.

Next Article
5 Penginapan Murah dengan Konsep Unik di Jepang
5 Penginapan Murah dengan Konsep Unik di Jepang

Jepang dan penginapan murah sudah menjadi satu kalimat menarik mata, tambahkan lagi dengan konsep unik, dip...

Want more?

Visit our site

Discover