Jelajahi Dunia Islam Lewat 5 Kota di Negara Ini

February 21, 2017 Fani Rachmita

Dari keindahan arsitektural hingga oasis alami yang mengagumkan, peninggalan kebudayaan Islam sangatlah unik dan khas. Jelajahi dunia Islam lewat daftar-daftar tempat di bawah ini. 

 

Pulau Socotra, Yaman 

(foto: Dok. Istimewa)

Konon, Socotra dulunya merupakan taman Eden. Tempat ini benar-benar memukau, rumah bagi beragam spesies unik. Pohon Dragon's Blood menjadi ikon di tempat ini, yang tak bisa Anda temui di belahan dunia manapun. Sayangnya, Socotra ditempati bajak laut Somalia yang kerap menculik turis-turis. 

 

Laut Merah, Mesir 

Kini, Laut Merah merupakan tempat diving paling populer di Mesir. Dengan terumbu karang raksasa, lumba-lumba yang bebas berenang, kapal karam dan berbagai kekayaan laut yang menarik perhatian para penyelam. Anda harus ekstra waspada dengan hiu di sini karena sering menyerang turis. 

 

Burj Khalifa, Dubai, UAE

(foto: Dok. Istimewa)

Bangunan tertinggi di dunia ini mencapai ketinggian 830 m Atau 2,722 kaki. Di gedung pencakar langit yang berisi perkantoran ini juga terdapat 900 apartemen. Desain Burj Khalifa menggabungkan berbagai elemen dari arsitektural Islam.

 

Blue Mosque, Istanbul, Turki 

(foto: Dok. Istimewa)

Tempat ibadah lain yang penting dan signifikan di kota ini adalah Blue Mosque. Lokasinya berhadap-hadapan dengan Hagia Sophia dan terlihat serupa. Kecuali menara tingginya yang berjumlah 6 menara yang sangat jarang ditemui di belahan dunia manapun. Masjid ini didirikan pada abad ke-17 dan terlihat sangat indah bila dinikmati pemandangannya dari tur kapal. 

 

Petra, Yordania

(foto: Dok. Istimewa)

Kota ini dipahat dari batu dan menjadi salah satu situs yang dijaga UNESCO. Selain itu, arsitekturnya merupakan yang terbaik di dunia. Kota ini dibangun pada 200 Sebelum Masehi dan membutuhkan ratusan tahun untuk memahat batu setinggi 50 meter hingga menjadi berbentuk seperti yang kita lihat saat ini.  Warga lokal menyebut situs ini sebagai "mawar padang pasir". 

 

 

 

Previous Article
Laguna Biru yang Memesona di Islandia
Laguna Biru yang Memesona di Islandia

Sebuah spa geothermal raksasa dengan air biru terang dan pemandangan pegunungan berapi yang mengelilingi te...

Next Article
5 Kota Kuno di China Wajib Dijelajahi
5 Kota Kuno di China Wajib Dijelajahi

China adalah tempat di mana salah satu peradaban paling tua di dunia berevolusi yang menghasilkan budaya ya...

Want more?

Visit our site

Discover