Traveling Sekaligus Menjaga Lingkungan? Bisa!

February 22, 2017 Fani Rachmita

Liburan memang menyenangkan. Yang tidak menyenangkan adalah kenyataan bahwa Anda meninggalkan jejak karbon sepanjang perjalanan. Mungkinkah membuat perjalanan kita lebih ramah lingkungan? Ternyata, sangat memungkinkan untuk Anda tetap ramah lingkungan selama melakukan perjalanan. Caranya? Cek faktanya berikut ini. (berdasarkan infografis Harrah's Resort Southern California)

 

Pesawat

Setiap tambahan 1 pound atau setengah kilogram bawaan setiap penumpang dalam penerbangan sama dengan menambah ekstra 350 juta gallon bahan bakar pesawat per-tahunnya. Biasakan untuk pack light mulai dari sekarang! 

 

Hotel

Setiap malam Anda menginap di hotel atau penginapan, Anda memakai 22% energy untuk pencahayaan dan air conditioner. Sedangkan 16% untuk laundry. Hemat pemakaian lampu dan AC. Pastikan mematikan semuanya saat meninggalkan ruangan. Jangan gunakan handuk sekali pakai. 

 

Pantai

Kulit kerang di pantai menurun jumlahnya sebanyak 60% dari tahun 1978 hingga 2016 karena banyak turis yang mengambilnya saat bermain di pantai. Sementara itu ada 888,859 bekas bungkus makan yang dikumpulkan dari pantai pada tahun 2016. Kulit kerang biasa dipakai burung untuk membuat sarang dan oleh kepiting sebagai perisai. Usahakan untuk membawa bekal makan sendiri sehingga mengurangi penggunaan bungkus makan. 

 

Kapal Pesiar 

Ada 150,000 galon sampah yang dibuang oleh para turis kapal pesiar ke dalam air. Dan juga, kapal pesiar tidak hanya membuang polusi ke udara namun juga ke laut. Pilihlah perusahaan kapal pesiar yang masuk dalam daftar “Friends of the Earth”, karena kapal-kapal pesiar ini menggunakan sistem pembuangan sampah yang sustainable juga ramah lingkungan.

 

Previous Article
6 Travel Tips Untuk Membuat Liburan Keluarga Lebih Mudah dan Menyenangkan
6 Travel Tips Untuk Membuat Liburan Keluarga Lebih Mudah dan Menyenangkan

Sekedar pergi ke luar kota atau sedang dalam trip untuk bermain ski, pulau yang hangat atau liburan ke ruma...

Next Article
Laguna Biru yang Memesona di Islandia
Laguna Biru yang Memesona di Islandia

Sebuah spa geothermal raksasa dengan air biru terang dan pemandangan pegunungan berapi yang mengelilingi te...

Want more?

Visit our site

Discover