Terbang Dengan Pesawat Mengacaukan Tubuh KIta

February 22, 2017 Fani Rachmita

Berada di udara dapat menyebabkan beragam reaksi pada tubuh dan terkadang kita tidak menyadarinya. Apa saja sih yang disebabkan tekanan udara pada diri kita? Dan bagaimana hal ini terjadi selama perjalanan? (huffpost)

 

Lidah Mati Rasa 

Ternyata bukan makanan pesawat yang tidak enak, tapi indera pengecap kita yang jadi mati rasa selama penerbangan. Ini berdasarka sebuah studi di tahun 2010 yang diadakan oleh Lufthansa. Penyebabnya adalah udara kering yang dapat mengeringkan lendir pada hidup dan tekanan kabin yang menyebabkan membran membengkak. Dua hal ini dapat membuat kita tidak bisa mendeteksi secara normal bau makanan yang sangat krusial dalam indera pengecap. 

 

Bikin Ngantuk 

Level oksigen yang rendah menyebabkan badan menjadi pegal-pegal, Tekanan pada kabin pesawat dan darah kita menyerap oksigen lebih sedikit saat mencapai ketinggian tertentu, Ini dapat menyebabkan pusing, rasa ngantuk dan insting pun berkurang kekuatannya. 

 

 Bengkak 

Ketika Anda duduk dalam waktu yang lama, darah terkumpul di kaki. Dan saat darah meninggalkan nadi untuk membungkus jaringan kulit, kaki menjadi bengkak. Dalam kasus yang ekstrim, bisa terjadi penggumpalan darah. Kalau sudah begini, rentangkan kaki untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga level oksigen kembali naik. 

Gas Berlebih

Saat pesawat mulai lepas landas, tekanan pada kabin menurun dan gas pada intestine Anda melebar. Perut akan terasa penuh dan kembung. Ini wajar. Jadi, kalau Anda ingin melepas gas, sah-sah saja karena bila tidak akan membuat perut sakit dan membengkak atau bahkan lebih buruk. Fluktuasi gas ini juga dapat mempengaruhi telinga Anda. Kalau pendengaran sudah terasa aneh, mulai dengan menelan, menggerakkan rahang atau menguap untuk membuka aliran udara di telinga. 


Kulit Kehilangan Kelembapan

Tekanan pada kabin dan kekeringan serta udara yang di-resirkulasi dapat mengambil kelembapan dari kulit. Tapi jangan khawatir, banyak produk pelembab yang bisa mengembalikan kelembaban kulit. Banyak-banyak minum air juga bisa membuat kulit tetap terhidrasi. 

 

 

 

Previous Article
Pantai-Pantai Eksotis Yang Akan Membuat Anda Terbang ke Karibia Sekarang Juga
Pantai-Pantai Eksotis Yang Akan Membuat Anda Terbang ke Karibia Sekarang Juga

Karibia ternyata mempunyai beragam pantai yang indah dan penuh keberagaman.

Next Article
5 Trik Mewujudkan Mimpi Traveling Anda di 2017
5 Trik Mewujudkan Mimpi Traveling Anda di 2017

Yuk jadikan tahun ini menjadi tahun dimana kita bisa berkomitmen mengubah mimpi traveling kita menjadi bent...

Want more?

Visit our site

Discover